Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Rabu, 17 November 2021 - 16:46 WIB

Cegah Tahanan Kabur, Kapolres Pekalongan Minta Lakukan Razia Ruang Tahanan Secara Berkala

Bidik Indonesia News, Polres Pekalongan – Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., terus mengingatkan kepada jajarannya untuk memperketat pengamanan ruang tahanan (rutan) baik yang berada di Mapolres Pekalongan maupun yang berada di Polsek jajaran sebagai langkah antisipasi kasus kaburnya tahanan.

 

“Pihaknya minta jajaran untuk lebih meningkatkan pengamanan terhadap ruang tahanan yang ada, guna meminimalisir tahanan untuk kabur,” kata Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., saat melakukan pengecekan ruang tahanan, Rabu (17/11/2021)

 

Diakuinya bahwa, pihaknya telah melakukan prosedur tetap pengamanan tahanan, yakni setiap hari dilakukan pengecekan terhadap kondisi tahanan, mulai dari segi keamanan, pengamanan, kebersihan dan kondisi tahanan.

 

“Untuk keamanan setiap hari ada dua hingga empat penjaga yang memantau tahanan, termasuk juga Perwira Pengawas dan personil Propam yang selalu melakukan kontrol pengawasan terhadap penjaga yang bertugas di ruang tahanan,” katanya

BACA LAINNYA  Rakernis Fungsi Reskrim dan Tahti serta Penandatanganan PKS bersama BNNP, Dipimpin Langsung Kapolda Jambi

 

Ia juga mengingatkan kepada petugas untuk selalu waspada, sehingga selalu ada pengamanan berlapis dan begitu juga saat serah terima piket petugas lama dan baru harus benar-benar diperhatikan, sehingga diharapkan tidak ada yang luput dari perhatian dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

“Lakukan kontrol secara rutin, jangan sampai ada barang-barang yang bisa membahayakan jiwa para tahanan atau barang-barang yang bisa dipergunakan oleh tahanan sebagai sarana untuk kabur atau melarikan diri dari ruang tahanan, dan buku mutasi di tulis sesuai dengan situasinya,” perintahnya.

BACA LAINNYA  Relawan Anti Narkoba, Rita Anggraini Ciptakan Lagu G.A.N 

 

Lebih lanjut, pihaknyapun juga sudah memerintahkan kepada fungsi terkait dalam hal ini Satuan Tahti untuk melakukan razia rutin dengan menggeledah seluruh ruang tahanan termasuk pemeriksaan badan agar jangan sampai barang seperti narkoba, senjata tajam dan jenis barang lainnya masuk kedalam ruang tahanan.

 

“Sejauh ini terkait kondisi ruang tahanan (rutan) baik yang berada di Mapolres maupun di Polsek jajaran, masih sangat baik karena secara berkala dilakukan kontrol ruang tahanan. Dan jika ada yang kurang baik, maka akan diperbaiki mulai jeruji, plafon dan fasilitas lainnya termasuk CCTV yang terpasang diruang tahanan,” ucap AKBP Arief. (Dhea)

 

Editor : *Humas Polres Pekalongan*

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Masyarakat Sambut Antusias Hewan Qurban Kompi 3 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jambi 

Berita

13.687 KPM di Tanjabbar Menerima Kompensasi BBM, Bupati Himbau Gunakan Dengan Bijak

Berita

Tokoh Masyarakat Pijoan Protes Atas Penetapan Pengawas Desa/Kelurahan Yaang Bukan Berdomisili Di Pijoan

Berita

Dugaan Politik Uang Dalam Penggelembungan Suara DPR RI di Aceh Timur Diendus Aparat Penegak Hukum.

Berita

Pria di Teluk Nilau Meninggal Gantung Diri di Kamar Mandi

Berita

Layani Keluarga dan WBP Untuk Vaksin Booster, Lapas Klas IIB Tungkal Gandeng Kodim 0419/Tanjab

Berita

Terbukti Unggul, MX King 150 dan WR 155 R Jadi Pilihan Pembalap di Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024

Berita

Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah : DPC APDESI Harus Kerja Ikhlas dan Cerdas