2 Pelaku Penipuan Dengan Modus Jual Kendaraan di FB Berhasil Dibekuk Polisi Perkuat Humas, Dirjenpas Luncurkan Grand Strategy Komunikasi Humas Pemasyarakatan dan 50 UPT Percontohan Pimpin Upacara Hari Pahlawan, Danrem 042/Gapu : Jadikan Momentum Hari Pahlawan Untuk Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Kapolsek Bahar Selatan dan Sungai Gelam Polres Muaro Jambi Dimutasi Jalan Poros Sungai Bahar Rusak Parah, Masyarakat Minta Pemerintah Segera Perbaiki

Home / Berita

Rabu, 17 November 2021 - 16:46 WIB

Cegah Tahanan Kabur, Kapolres Pekalongan Minta Lakukan Razia Ruang Tahanan Secara Berkala

Bidik Indonesia News, Polres Pekalongan – Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., terus mengingatkan kepada jajarannya untuk memperketat pengamanan ruang tahanan (rutan) baik yang berada di Mapolres Pekalongan maupun yang berada di Polsek jajaran sebagai langkah antisipasi kasus kaburnya tahanan.

 

“Pihaknya minta jajaran untuk lebih meningkatkan pengamanan terhadap ruang tahanan yang ada, guna meminimalisir tahanan untuk kabur,” kata Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., saat melakukan pengecekan ruang tahanan, Rabu (17/11/2021)

 

Diakuinya bahwa, pihaknya telah melakukan prosedur tetap pengamanan tahanan, yakni setiap hari dilakukan pengecekan terhadap kondisi tahanan, mulai dari segi keamanan, pengamanan, kebersihan dan kondisi tahanan.

 

BACA LAINNYA  Kapolda Sambut Kunjungan Kerja Tim Kompolnas RI di Mapolda Jambi  

“Untuk keamanan setiap hari ada dua hingga empat penjaga yang memantau tahanan, termasuk juga Perwira Pengawas dan personil Propam yang selalu melakukan kontrol pengawasan terhadap penjaga yang bertugas di ruang tahanan,” katanya

 

Ia juga mengingatkan kepada petugas untuk selalu waspada, sehingga selalu ada pengamanan berlapis dan begitu juga saat serah terima piket petugas lama dan baru harus benar-benar diperhatikan, sehingga diharapkan tidak ada yang luput dari perhatian dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

“Lakukan kontrol secara rutin, jangan sampai ada barang-barang yang bisa membahayakan jiwa para tahanan atau barang-barang yang bisa dipergunakan oleh tahanan sebagai sarana untuk kabur atau melarikan diri dari ruang tahanan, dan buku mutasi di tulis sesuai dengan situasinya,” perintahnya.

BACA LAINNYA  Kapolda Jambi Kembali Cek Jalur Lintas Truk Batubara dan CPO 

 

Lebih lanjut, pihaknyapun juga sudah memerintahkan kepada fungsi terkait dalam hal ini Satuan Tahti untuk melakukan razia rutin dengan menggeledah seluruh ruang tahanan termasuk pemeriksaan badan agar jangan sampai barang seperti narkoba, senjata tajam dan jenis barang lainnya masuk kedalam ruang tahanan.

 

“Sejauh ini terkait kondisi ruang tahanan (rutan) baik yang berada di Mapolres maupun di Polsek jajaran, masih sangat baik karena secara berkala dilakukan kontrol ruang tahanan. Dan jika ada yang kurang baik, maka akan diperbaiki mulai jeruji, plafon dan fasilitas lainnya termasuk CCTV yang terpasang diruang tahanan,” ucap AKBP Arief. (Dhea)

 

Editor : *Humas Polres Pekalongan*

Share :

Baca Juga

Berita

Datangkan Tim Ahli Teknis, Cabjari Nipah Panjang Lanjutkan Pemeriksaan Program KOTAKU

Berita

Kapolda Jambi Pimpin Penandatanganan Pakta Integritas dan Penyerahan DIPA Petikan Satker Tahun Anggaran 2022

Berita

Gerak Cepat Polsek Danau Teluk Bagikan Sembako Ditengah Kenaikan Harga BBM

Berita

Kapolresta Jambi Pimpin Sertijab Kapolsek Telanaipura dan Kapolsek Jambi Timur

Berita

Hallo Warga Jambi Ayok Nyobain Paket 2X Lipat Paket Internet SP 8GB dan 16GB

Berita

Danrem 042/Gapu Resmi Tutup TMMD Ke-115 Kodim 0415/Jambi

Berita

Danrem 042/Gapu Tutup Apel Babinsa Tahun 2022

Berita

Keren, Karya Desain ‘Batik Corona’ WBP Lapuanja Terima Sertifikat Hak Cipta dari Dirjen HAKI