Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Infrastruktur

Minggu, 28 November 2021 - 14:41 WIB

Tinjau Jalur Batubara Bajubang – Tempino, Kapolda Jambi Berikan Apresiasi Dinas PUPR dan Dorong Pemprov Jambi Lebih Proaktif 

Bidik Indonesia News, JAMBI – Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo bersama Dirlantas dan Dirreskrimsus meninjau jalur angkutan batu bara ruas Tempino – Bajubang.

 

Dalam peninjauan Kapolda menilai banyak kemajuan dari kondisi awal dimana banyak jalan berlubang dan bergelombang yang rawan menyebabkan kendaraan angkutan barang patah as, terguling, maupun potensi terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

 

Kapolda mengapresiasi Dinas PUPR Prov Jambi yang konsisten bekerja bahkan pada hari Minggu.

 

Memang masih terlihat adanya kendaraan angkutan barang dengan bobot lebih dari 11,5 Ton yang diperbolehkan melewati jalan dengan kelas III ini.

BACA LAINNYA  Pantauan Angkutan Batu bara Lancar, Dirlantas Polda Jambi: Kita Berlakukan Buka Tutup di Mulut Tambang

 

Akibatnya, pada jalur ini masih ditemukan beberapa titik jalan berlubang, bergelombang dan bersebu padahal sudah dilakukan penutupan.

 

Meskipun demikian, beliau menekankan kepada Dinas PUPR yang sedang melaksanakan perbaikan untuk lebih fokus dan kreatif sehingga perbaikan dapat lebih cepat.

 

Selain itu, percepatan perbaikan diharapkan dapat memitigasi dampak yang dirasakn oleh masyarakat sepanjang jalur Bajubang – Tempino seperti kemacetan, debu dan potensi kecelakaan.

 

Disisi lain, Kapolda menilai perlunya penambahan fasilitas tempat istirahat bagi para awak angkutan barang yang dapat berfungsi sebagai tempat parkir sehingga tidak mengganggu kapasitas dan kelancaran lalu lintas, selain juga mendorong pergerakan ekonomi masyarakat lokal dengan munculnya warung makan.

BACA LAINNYA  Automated Containers Make Organic Urban Farming Feasible

 

Dengan telah berfungsinya jalur ini dengan lebih baik dalam mendukung alur distribusi batu bara dan komoditas alam lain di Provinsi Jambi, diharapkan kesadaran dan dukungan pihak pengusaha pertambangan dan perkebunan serta transportir untuk disiplin menerapkan bobot muatan 8Ton sesuai aturan.

 

Dengan demikian, jalur Bajubang Tempino dapat terjaga kondisinya sambil menunggu kesiapan jalan khusus batu bara di Provinsi Jambi yang diharapkan dapat dimulai tahun 2022 dan operasional tahun 2023. (Dhea)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Infrastruktur

Automated Containers Make Organic Urban Farming Feasible

Infrastruktur

Akibat Kemacetan di Batanghari, Aktivitas Angkutan Batu Bara Dihentikan Sementara

Infrastruktur

Permudah Pelayanan SIM, Kapolda Jambi : Berikan Pelayanan Prima

Infrastruktur

Dekati Hari Raya, Arus Mudik Di Provinsi Jambi Meningkat

Infrastruktur

SilverSneakers Fitness Program Improves Older Adult’s Physical and Mental Health

Infrastruktur

Pantauan Angkutan Batu bara Lancar, Dirlantas Polda Jambi: Kita Berlakukan Buka Tutup di Mulut Tambang

Advetorial

Kapolda Jambi Pantau Kesiapan Mudik Lebaran 2022

Daerah

Tekan Terjadi Nya Lakalantas, Polres Jajaran Polda Jambi Lakukan Upaya dan Inovasi Pada Ops Ketupat 2022