Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Senin, 14 Agustus 2023 - 17:58 WIB

Dandim 0415/Jambi dampingi Dansatgas Karhutla Patroli Daerah Rawan

Kodim Jambi- Komandan Kodim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono, SH. M.I.Pol mendampingi Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.I.P., M.M selaku Dansatgas Karhutla meninjau lokasi titik rawan bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Suak Kandis Kab. Ma Jambi, Berbak hingga ke Nipah Kab. Tanjab Timur, Senin (14/08/2023).

 

Patroli dan peninjauan lokasi titik rawan kebakaran hutan dan lahan tersebut dilakukan sebagai bentuk sosialisasi dan himbauan kepada warga masyarakat untuk tidak membakar hutan, lahan/ilalang/semak belukar karena dapat dikenakan sanksi pidana pasal 187 KUHP dengan hukuman selama 10 tahun penjara.

 

Dansatgas dan rombongan yang terdiri dari PJU Korem 042/Gapu, Dandim 0415/Jambi, BNPB, BPBD dan Manggala Agni ini sengaja melakukan patroli dengan menggunakan kendaraan roda dua jenis trail agar dapat menjangkau dan menyusuri lokasi yang memang tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda 4 atau mobil.

BACA LAINNYA  13 Tahun Dibawah Kepemimpinan Ivan Wirata KPN Tirta Marga Cipta Dinas PU Jambi Naik 12 Kali Lipat dari Modal 811 Juta Hingga Capai 10 M

 

Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam beberapa bulan terakhir Provinsi Jambi dilanda panas yang cukup menyengat. Hal ini berpotensi pada luasnya lahan yang mengalami kekeringan akibat kurangnya persediaan/pasokan air yang ada di embung, danau ataupun tempat penampungan buatan lainnya, sehingga kondisi seperti ini dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang relatif lebih cepat.

 

Kebakaran hutan dan lahan disinyalir sebagian besar terjadi akibat ulah/kelalaian manusia. Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan pembakaran hutan dan lahan demi tujuan dan kepentingan pribadi tanpa memikirkan dampaknya bagi sekitar.

BACA LAINNYA  Turun ke Pasar Angso Duo, Satgas Pangan Polda Jambi Cek Ketersediaan dan Kestabilan Harga Bahan Pokok 

 

Sering diulas secara luas di media bahwa kebakaran hutan dan lahan berdampak buruk bagi lingkungan dan makhluk hidup disekitarnya serta aktivitas yang terhambat dan berdampak pada perekonomian.

 

Oleh karena itu upaya pencegahan melalui sosialisasi dan patroli terus dilakukan agar timbul kesadaran masyarakat tentang karhutla dan dampaknya terhadap perekonomian dan sendi-sendi kehidupan masyarakat. Ketidaksadaran masyarakat bisa menjadi kecerobohan yang menyebabkan hal fatal seperti Karhutla, terang Dandim.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Kapolda Jambi Pimpin Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas Seleksi PAG

Berita

Audiensi BNNP IWO Jambi Sepakati Kolaborasi 

Berita

Polri Peduli, Kapolsek Pantee Bidari Serahkan Bantuan Kemanusiaan

Berita

Kapolda Jambi Hadiri MUKERWIL NU Provinsi Jambi Tahun 2022

Berita

BREAKING NEWS : Kebakaran Terjadi Lagi di Kuala Tungkal

Berita

9 PJU Polres Batanghari Lakukan Serah Terima Jabatan

Berita

Sambut Hari Bhayangkara, Polres Sarolangun Gelar Olahraga Bersama TNI dan Forkompimda 

Berita

Tampil Lebih Futuristik, Yamaha Luncurkan Oli Yamalube dengan Desain Botol Baru