Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Sabtu, 4 Februari 2023 - 16:21 WIB

Dimulai Hari ini, Delegasi SMSI Provinsi Jambi Ikuti Ekspedisi Geopark Kaldera Toba

JAMBI-Perjalanan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang dilaksanakan oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat bersama SMSI Sumatera Utara, resmi dimulai hari ini (4/2/2023).

Tiga anggota delegasi SMSI Provinsin Jambi juga ikut bergabung dalam rombongan ekspedisi terkait Hari Pers Nasional (2023) di Medan itu.

Ketiga delegasi dari Jambi yakni Ketua SMSI Provinsi Jambi Muhtadi Putranusa, Anggota Dewan Pembina SMSI Provinsi Jambi Edison Marpaung dan pengurus SMSI Bungo Arief Budiman Sudrajat.

Ketiganya sudah bergabung dengan rombongan delegasi dari 33 provinsi lainnya.

“Ekspedisi sudah dimulai. Sekarang kami bersama rombongan delegasi dari 33 provinsi lainnya dalam perjalanan menuju lokasi geopark kaldera di Toba,” kata Ketua SMSI Provinsi Jambi Muhtadi Putranusa di dampingi Dewan Pembina Edison Marpaung.

Sebelumnyam, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi memastikan akan memberangkatkan sebanyak 35 orang anggota delegasi ke peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Medan, Sumatera Utara yang acara puncaknya akan dilaksanakan 9 Februari.

Ketua Panitia Lokal HPN SMSI Provinsi Jambi, Pirma Satria, mengatakan, rombongan dari SMSI Jambi akan berangkat dalam dua gelombang.

‘’Gelombang pertama akan berangkat pada 3 Februari, sedangkan gelombang kedua berangkat pada 6 Februari,” ujarnya.

Untuk gelombang pertama yang akan berangkat pada 3 Februari, sambungnya, landing di Bandara Silangit, Tapanuli Utara. Bukan di Kualanamu.

Rombongan pertama ini akan mengikuti kegiatan SMSI yakni Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang termasuk dalam salah satu rangkaian acara HPN.

BACA LAINNYA  Berawal dari Ucapan, Pasutri di Tanjab Barat Dibacok Pakai Kapak

Acara ini akan dipusatkan di Tapanuli Utara, Samosir dan Serdang Bedagai mulai dari 4 Februari sampai 6 Februari,” jelas jurnalis yang juga Pimred Jambi Ekspres itu.

Dalam Kegiatan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba ini, katanya, antara lain akan mengunjungi sejumlah tempat, seperti Geosite Hutan Ginjang, meninjau rumah kuno dan kearifan lokal di Pulau Sibandang, ekspose pembangunan Tapanuli Utara oleh Bupati Tapanuli Utara.

Kemudian ke Geosite Sipinsur Humbang Hasundutan dan ekspose Geosite Kaldera Toba di Geosite Pusuk Buhit Samosir.

Ekspose pembangunan Samosir dan Serdang Bedagai juga tak ketinggalan dalam ekspedisi ini, serta berbagai kegiatan lainnya yang dilaksanakan selama 3 hari.

“Baru pada 6 Februari malam, rombongan akan bertolak ke Kota Medan via jalur darat untuk menghadiri Silaturahmi Nasional dan Pelantikan Pengurus SMSI Sumut di aula Raja Inal Siregar kantor Gubernur Sumut pada 7 Februari,” jelasnya.

Sementara itu, untuk rombongan kedua yang akan berangkat pada 6 Februari, akan langsung menuju Kota Medan via Bandara Kualanamu.

Rombongan dijadwalkan akan menghadiri Silaturahmi Nasional dan Pelantikan Pengurus SMSI Sumut.

“Serta berbagai kegiatan HPN lainnya di Kota Medan sampai tanggal 9 Februari,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, ekspedisi Geopark Kaldera Toba dipimpin oleh Ketua SMSI Sumatera Utara Erris Julietta Napitupulu. Ekspedisi yang dikaitkan dengan perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 pada 9 Februari di Sumatera Utara ini mendapat dukungan dari semua pihak.

BACA LAINNYA  Anjangkarya ke Lampung, Presiden akan Tinjau Pasar dan Sejumlah Ruas Jalan

“Kolaborasi mensukseskan ekspedisi Toba dalam rangka HPN 2023 sedang berjalan sampai ekspedisi berakhir 7 Februari,” kata Erris yang tinggal di Jalan Tempuling, Medan itu. Dia memaparkan rute perjalanan ekspedisi Toba dan rangkaian acaranya dengan detil. Para tokoh, sesepuh, ahli bumi dan wisata sudah dipersiapkan di lokasi.

“Mereka adalah narasumber yang baik,” kata Erris dalam rapat yang juga dihadiri Ketua Umum SMSI Firdaus dan Sekretaris Jenderal SMSI Mohammad Nasir. Ekspedisi Toba yang diselenggarakan SMSI ini diapresiasi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Zumri Sulthony, General Manager Badan Pelaksana Geopark Kaldera Toba (BP-GKT).

“Ini memang yang menjadi tujuan kita yang utama, mendukung keberadaan Geopark Kaldera Toba, sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG), atau penghargaan dan predikat sebagai taman warisan bumi yang diberikan UNESCO-PBB ke Sumut,” ujar Zumri. Sekarang, kata Zumri, fokusnya adalah melaksanakan 6 rekomendasi UNESCO untuk pengembangan GKT. Keenam rekomendasi tersebut, juga untuk kesiapan kita mengikuti revalidasi GKT. Sebab setiap 4 tahun sekali, predikat kita sebagai UGG dievaluasi UNESCO. “Tentu dengan dukungan sahabat-sahabat SMSI, pengerjaan enam rekomendasi ini semakin mudah ,” ujar Zumri. “Kami melihat GKT ini sangat potensial dikembangkan untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat Sumut, khususnya di daerah-daerah yang berada di kawasan Danau Toba,” kata Erris. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Kapolres Kerinci Patroli Jalan Kaki Sembari Sambang Pedagang dan Tukang Parkir

Berita

Terbukti Unggul, MX King 150 dan WR 155 R Jadi Pilihan Pembalap di Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024

Berita

Kapolres Tanjab Barat Bersama Bupati dan Forkopimda Tinjau Lokasi Kebakaran Kampung Nelayan

Berita

396 CJH Tanjab Barat Akan Menunaikan Ibadah Haji, Satu Mengundurkan Diri 

Berita

Pererat Sinergisitas, Kapolda Jambi Sambangi Kantor BPK RI

Berita

Pencarian Hari Kedua, Lokasi Diduga Jatuhnya Pesawat Ditemukan

Berita

Courtesy Call Kodiklatad ke Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani)

Berita

Presiden Ingatkan BPKH Profesional, Akuntabel, dan Hati-Hati Kelola Dana Umat