Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Selasa, 13 Juni 2023 - 12:32 WIB

Kaper Ombudsman RI Provinsi Jambi: Kehumasan Kemenkumham Harus Perfect Branding

JAMBI – Kepala Perwakilan (Kaper) Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Jambi menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Unit Pemberantasan Pungli dan Gratifikasi Tahun 2023 di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jambi. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 13 Juni 2023 di Aula Kanwil Kemenkumham Jambi.

 

Kegiatan diikuti oleh perwakilan dari seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenkumham yang ada di Provinsi Jambi, baik itu yang hadir langsung maupun melalui Zoom meeting.

 

Kaper Ombudsman Jambi, Saiful Roswandi, memberikan materi tentang penguatan fungsi pelayanan publik zero gratifikasi melalui kehumasan di hadapan peserta. Saiful yang juga pernah 15 tahun menggeluti dunia jurnalistik memberikan banyak arahan dan pengalamannya.

BACA LAINNYA  Terima Pemberian Ayam Jago Dari Warga, Brigjen TNI Supriono : Ini Bukti Kehadiran TNI AD Semakin Dicintai Masyarakat

 

Saiful mengatakan bahwa fungsi kehumasan dalam instansi pemerintah sangat penting. Karena melalui layanan kehumasan, masyarakat mendapatkan informasi yang valid terhadap kinerja instansinya. Untuk itu, tambahnya, layanan kehumasan mesti dikelola dengan serius.

 

“Dalam memberikan informasi, ada banyak yang mesti diperhatikan. Tidak hanya isi dari pesan, namun juga cara menyampaikannya. Jika tidak perfect dalam penyampaian bisa saja nanti dipelintir,” kata Saiful.

 

Selain itu, layanan kehumasan juga mesti konsisten dalam memberikan informasi. Pasalnya jika informasi yang diberikan tidak konsisten, maka akan sulit bersaing dengan informasi-informasi yang bersifat negatif.

BACA LAINNYA  Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang Ramadhan, Kapolres Kerinci Cek Gudang Bulog 

 

“Humas itu ujung tombak. Benar informasi namun salah dalam penyampaian bisa blunder. Dan harus bisa kreatif juga dalam menentukan materi apa yang mesti disampaikan. Agar pesan-pesan yang sampaikan ke masyarakat dapat dipahami dengan baik,” terang Saiful.

 

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jambi, Thalib, menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan bentuk upaya instansinya dalam melakukan reformasi birokrasi.

 

“Kita ingin membangun komitmen bersama seluruh jajaran hingga ke UPT untuk tidak mentolerir gratifikasi dan pungli,” ujar Thalib.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Collabonation Tour Hadir Menyapa Jambi , Rasakan Langsung Jaringan Baru Indosat Ooredoo Hutchison.

Berita

Gunakan Helikopter, Kapolda Jambi Bersama KASAD, Gubernur dan Danrem 042 Gapu Pantau Titik Hotspot 

Berita

Buntut Kejadian di Bandara, Kuasa Hukum Minta Polresta Jambi Tindaklanjuti Laporan Kliennya

Berita

Kapolda Jambi Sampaikan Beberapa Himbauan Kamtibmas kepada Masyarakat saat Bulan Suci Ramadhan 

Berita

Terkait Situasi Kamtibmas, Kapolsek Jambi Selatan Dengarkan Masukan Masyarakat

Berita

Subdit V Siber Polda Sumsel Bekuk Pelaku Kuras Rekening Dengan Menyamar Sebagai Pihak Aplikasi GoBiz

Berita

Meriahkan HUT Golkar ke 58, Ribuan Masyarakat Jambi Ikuti Jalan Sehat 

Berita

Jadi Perhatian Dunia, Geopark Merangin Raih Peringkat 1 Dunia Best Practice Award 2023