Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Sabtu, 2 Juli 2022 - 10:45 WIB

Kasrem 042/Gapu Pimpin Apel Pemberangkatan Personel Satgas Karhutla Jambi

Bidik Indonesia News, JAMBI – Bertempat di Lapangan Hujau Makorem 042/Gapu diadakan apel pemberangkatan personil Satgas Karhutla Provinsi Jambi, ke tempat yang dinilai rawan akan kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

 

Apel sendiri dilaksanakan pukul 08.30 WIB dan yang memimpin Apel yakni Kepala Staf Korem 042/Gapu Kol Inf M. Yamin Dano, Sabtu (2/7/2022).

 

Dalam sambutannya Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono dan juga sebagai Dansatgas Pengendalian Karhutla melalui Kepala Staf Korem 042/Gapu Kol Inf M. Yamin Dano mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi Jambi telah menetapkam status Siaga Darurat Bencana Karhutla.

 

“Kita berangkatkan Personel ke lokasi-lokasi yang rawan terhadap Karhutla. Ini sebagai upaya pencegahan dalam pengendalian masalah Karhutla di Provinsi Jambi,” katanya, Sabtu (2/7/2022).

 

Satgas Karhutla ini akan berlangsung hari ini, 2 Juli sampai dengan 26 Agustus 2022 mendatang. Dan menjadi target rawan Karhutla yaitu di Wilayah Kabupaten Muaro Jambi yaitu Desa Betung dan Desa Londrang yang berada di Kecamatan Kumpe, selanjutnya Desa Petaling berada di Kecamatan Sungai Gelam.

BACA LAINNYA  Ketua DPD Partai Golkar Muaro Jambi Buka Musda III HWK 

 

Sedangkan di wilayah Kabupaten Tanjab Barat didesa Penoban Kecamatan Batang Asam dan Wilayah Kabupaten Tanjab Timur di Desa Berbak Kecamatan Berbak dan didesa Air Hitam Laut berada di Kecamatan Sadu.

 

“Upaya pencegahan lebih diprioritaskan dalam mengantisipasi bencana Karhutla ini, jangan sampai terlambat dilakukan, karena jika terlambat, pemadaman akan jauh lebih sulit untuk dilakukan,” tegasnya.

 

Danrem menegaskan agar para personil yang bertugas dapat melaksanakan sosialisasi tentang bahayanya Karhutla kepada semua pihak dan laksakan patroli di lapangan secara dalam mengantisipasi terus – menerus terjadinya Karhutla.

BACA LAINNYA  Kapolres Muaro Jambi Beri Penjelasan Terkait Penangkapan Oknum Pelangsir BBM

 

“Ajak dan berikan edukasi kepada masyarakat serta pihak-pihak lain, tentang bahaya bencana Karhutla. Saya berharap kepada seluruh stakeholder yang terlibat dapat berkoordinasi dan berkolaborasi , bahu membahu dan bekerja sama di lapangan dalam mencegah terjadi bencana Karhutla di Jambi,” tegasnya.

 

Untuk mencegah Karhutla, Personel yang nantinya ditugaskan atau ditempatkan sedekat mungkin dengan lokasi – lokasi yang rawan Karhutla. Danrem juga berpesan kepada seluruh petugas di lapangan, perhatihan selalu faktor keamanan baik personel maupun materiil yang digunakan. segera laporkan setiap ada perkembangan situasi yang menonjol di lapangan.

 

“Apabila selama melaksanakan tugas terjadi kebakaran, “jangan pulang sebelum Api padam” yakinkan bahwa apinya benar – benar padam, terutama pada tanah gambut yang butuh waktu cukup lama untuk memadamkannya,” tutupnya. (Dhea)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Menkumham Yasonna Berikan Apresiasi pada Putri Ariani

Berita

Hadiri Pisah Sambut Tiga Pejabat Utama dan Dua Kapolres, Ini Pesan Kapolda Jambi

Berita

Dengarkan Keluh Kesah Sopir Batubara, Ini Harapan Ivan Wirata

Berita

22 Pati Polri Disematkan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Oleh Kapolri, Salah Satunya Adalah Kapolda Jambi 

Berita

Fun Run Polda Jambi Hari Bhayangkara ke 77 Sukses Digelar, Ini Kata Kapolda Jambi

Berita

Pastikan Kesiapan Pengamanan Perayaan Natal, Kapolres Sarolangun Turun Langsung Cek ke Gereja HKBP

Berita

Akibat Minyak Mentah, 2 Mobil dan 5 Rumah Warga Terbakar, Irjen Pol Rachmad Wibowo: Masih Proses Penyelidikan

Berita

Pemprov Jambi Sampaikan 7 Usulan Langkah Strategis Atasi Kemacetan Batu Bara