Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Advetorial

Jumat, 1 April 2022 - 16:32 WIB

Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi Hadiri Musrenbang RKPD Tahun 2023

Bidik Indonesia News, MUARO JAMBI – Ketua DPRD kabupaten Muaro Jambi Yuli Setya Bhakti hadiri musrenbang RKPD Tahun 2023 .

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busro Kamis (31/3/22).

Musrembang kali ini mengangkat tema pasca ekonomi berbasis potensi unggulan serta pembangunan infrastruktur wilayah dan tata kelola pemerintahan Muaro Jambi.

Bupati Masnah dalam sambutannya menyebut jika musrembang RKPD tahun 2023 ini merupakan rangkaian tahapan perencanaan pembangunan sebagaimana yang diamanatkan dalam undang undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan amanat Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi Pembangunan daerah, tata cara evaluasi evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah.

Katanya, tujuan dari pelaksanaan musrenbang RKPD tahun 2023 ini dalam rangka membahas dan pemantapan rkpd tahun 2023 dengan mensinkronkan hasil pelaksanaan musrenbang kecamatan dan rencana perangkat daerah yang telah disepakati untuk menghasilkan program dan kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2023.

BACA LAINNYA  Wagub Jambi, Wakapolda dan Danrem Sampaikan Arahan ke Jajaran Terkait Capaian Vaksinasi

Kegiatan ini juga dengan prinsip menampung aspirasi masyarakat mengakomodir hasil evaluasi kerja pemerintah terkait target target pembangunan yang belum tercapai dalam periode 2017-2022.

Di 2023 nanti ada empat prioritas utama, Pertama, Pembangunan daerah diantaranya, satu peningkatan kualitas SDM melalui peningkatan akses dan mutu pelayanan pendidikan dan kesehatan serta melatih keterampilan pada usia angkatan kerja.

Kedua, peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan dan peningkatan produksi potensi unggulan daerah.

Ketiga, peningkatan aksesbilitas dan konektivitas pembangunan wilayah kawasan pertumbuhan ekonomi baru serta peningkatan tata kelola pemerintah yang bersih transparan, akuntabel, berorientasi pada pelayanan publik melalui peningkatan kapasitas ASN dan pembangunan sarana prasarana pelayanan publik.

“Ada ribuan usulan dari masyarakat untuk 2023 nanti. Mulai dari pembangunan, ekonomi, kesehatan pendidikan dan sebagainya,” kata Masnah.

BACA LAINNYA  Hadir Di Jambi, Ketua Umum KSBSI Perkuat Anggota Hingga Ke Kabupaten

Untuk mewujudkan target-target pembangunan tersebut tidak terlepas dari kemampuan dan ketersediaan anggaran daerah.

Pada tahun 2023 mendatang target realisasi pendapatan daerah Kabupaten Muaro Jambi sebesar Rp 1,32 triliun. Anggaran ini ini dirasa kurang dan perlu diupayakan peningkatan sumber pendanaan melalui melalui pemerintah pusat Provinsi dan lainnya.

Melalui pemerintah provinsi Jambi, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi berharap bisa menyelesaikan akses antar wilayah yang terhubung oleh Jalan provinsi agar dapat menjadi perhatian terutama pada wilayah yang memiliki potensi penyumbang pad Provinsi Jambi pada sektor perkebunan dan industri.

Sementara untuk pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi berharap mendapatkan alokasi penerimaan dana khusus berupa fisik pada sektor pendidikan kesehatan Jalan dan irigasi.

“Sekali lagi kami mohon maaf jika seandainya banyak usulan dari masyarakat yang belum terpenuhi. Kita bangun yang menjadi prioritas utama terlebih dahulu,” ujar Masnah.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Advetorial

Kasrem 042/Gapu Ikuti Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Hidrometeorologi

Advetorial

Unsur Pimpinan DPRD Muaro Jambi Menghadiri Forum Konsultasi Publik RKPD 2025

Advetorial

Ketersediaan Minyak Goreng Lokal Cukup, Dirreskrimsus Polda Jambi Himbau Masyarakat Gunakan Produk Lokal

Advetorial

DPRD Kabupaten Muaro Jambi Menggelar Rapat Paripurna Dengan Mendengarkan Laporan Pansus

Advetorial

Mantan Istri Mengaku Tidak Mengetahui Sertifikat Menjadi Jaminan, Ivan Wirata Angkat Bicara

Advetorial

Dukung Minat Baca WBP, Warga Menyerahkan 60 Buku

Advetorial

Anggota DPRD Usman Halik Mendukung Penuh Kegiatan Senandung Jolo Khas Muaro Jambi.

Advetorial

H Sudirman Sekda Pemprov Jambi Terpilih Sebagai IKA Unja