Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Rabu, 24 Mei 2023 - 08:22 WIB

Kwalitas Komunikasi Masyarakat dan Pemkab Bintan, HiWaDa Kepri : Tolak Ukurnya Pemberitaan

Bintan – Tidak jauh dari persoalan layanan informasi bagi masyarakat yang tak tersedia dengan baik, HiWaDa Kepri kembali sorot sejumlah sejumlah pemberitaan terkait tuntutan untuk mengganti Kepala Dinas Diskominfo Bintan. Hal tersebut tak terlepas dari persoalan ketidakpastian sejumlah perusahaan media untuk bermitra dengan Pemkab Bintan.

 

Buntunya komunikasi kepada sejumlah perusahaan media dengn Dinas Kominfo Bintan menjadi penyebabnya. Pada waktu sebelum HiWaDa Kepri pernah menyampaikan tuntutan terkait keterbukaan infomasi publik pada Pemerintahan Kabupaten Bintan secara menyeluruh, tapi hingga saat ini belum ada tanggapan apapun atas tuntutan tersebut. Ini disampaikan oleh Erfan Indriyawan, SP, Ketua HiWaDa Kepri saat diwawancarai awak media pada Minggu (21/05/2023).

 

“Pembangunan butuh publikasi karena itu berkaitan erat dengan kesejahteraan masyarakat, tersedianya informasi yang cukup adalah kewajiban dari penyelenggara negara, tidak hanya sebatas informasi perjalanan dinas Bupati dan kegiatan Bupati” jelas Erfan.

BACA LAINNYA  Satreskrim Polres Aceh Timur Berhasil Amankan Pelaku Pencurian Sepeda Motor

 

Kwalitas komunikasi daerah dengan masyarakatnya dapat terlihat dari terbitnya pemberitaan terkait produk pembangunan serta informasi layanan publik, bukan hanya sebatas pemberitaan yang dikordinir Diskominfo Bintan. Dinas Kominfo hanya menjembatani komunikasi antar media yang menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Bintan.

 

“Jika komunikasi Diskominfo dan Media itu buruk, maka Bupati Bintan yang paling sangat dirugikan karena dapat menimbulkan stigma negatif dimasyarakat terhadap keberhasilan pembangunan dan juga opini publik yang menyimpang akan sangat sulit untuk dinetralisir” ungkap Erfan.

 

Erfan berharap, ada langkah terbaik yang dapat diambil oleh Pemkab Bintan akan pentingnya arti sarana layanan informasi masyarakat dan kapabilitas pejabat memahami pentingnya arti sebuah informasi.

BACA LAINNYA  Penyerahan SK Remisi Umum bagi Narapidana/Anak Lapuanja Dalam Rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022

 

“Bupati tentu sangat menginginkan bermitra dengan banyak media dan juga sangat ingin banyak berita yang mempublikasikan dirinya dan pembangunannya tapi kondisi saat ini terbalik” jelasnya. Kami berharap Pak Bupati Roby berani mengambil langkah tegas terkait persoalan ini” tambahnya.

 

Dalam kesempatan itu, Erfan pun menjelaskan kalau dia akan melakukan aksi demo tuntut Bupati mencopot Kadis Kominfo Bintan.

 

“Bila tidak ada kejelasan, kita akan lakukan aksi demo di Kantor Bupati Bintan, tuntutannya Copot Kadis Kominfo Bintan,” pungkas Erfan. (Red).

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Ratusan Personil Polres Muaro Jambi Siap Amankan Pilkades Serentak

Berita

Perkuat Sinergitas Dandim 0416/Bute bersama Insan Pers Gelar Coffe Morning dan Latihan Menembak

Berita

Wujud meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemprov Jambi dan Korem 042/Gapu tanda tangani MOU percepatan Pembangunan RTLH

Berita

Babinsa Kemingking Dampingi Petani Tingkatkan Produktivitas Pertanian.

Berita

Gelar Razia Gabungan & Test Urine Bersama Aph, Lapas Perempuan Jambi Zero Halinar

Berita

Pastikan Kesehatan Personel, Polres Muaro Jambi Gelar Pemeriksaan Kesehatan

Berita

Lakukan Komsos, Serka Yusmanto Sambangi Pengolahan Ikan Asin

Berita

Kalapas Kuala Tungkal Ikut Tandatangani Komitmen Bersama dan Pakta Integritas Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2024 di Kanwil Kemenkumham Jambi.