Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Peristiwa

Sabtu, 11 Maret 2023 - 23:56 WIB

Mobilisasi Angkutan Batubara Telah Dibuka Kembali, Dirlantas Polda jambi : Kita Evaluasi 1 Minggu Jika Masih ada Yang Melanggar Kita Hentikan Kembali

Jambi – Mobilisasi angkutan Batubara yang sempat terhenti beberapa waktu yang lalu dikarenakan perbaikan jalan di sepanjang lintasan yang dilewati oleh angkutan truk batubara kini sudah bisa dilewati kembali pada Sabtu (11/3/23).

Berdasarkan Surat edaran Dari Kementerian ESDM Nomor : 3.E/MB.05/DJB.B/2023 Mobilisasi Batubara dapat beroperasi dengan mengikuti peraturan lalu lintas yang telah ditetapkan.

Adapun peraturan tersebut ialah Pemegang PKP2B, IUP OP, IPP untuk komoditas batubara dan IUJP dalam mengoperasikan kendaraan angkutan batubara wajib menggunakan kendaraan 2 (dua) sumbu seperti Truk PS dan Colt Diesel dengan muatan batubara maksimal 8 (delapan) ton belum termasuk berat kendaraan yang diizinkan sesuai Surat Tanda Uji Kendaraan dan wajib memiliki nomor lambung (sticker) yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang.

Kemudian Pemegang PKP2B dan IUP OP diminta untuk menempatkan 4 (empat) orang petugas keamanan di mulut tambang untuk melaksanakan tugas mengatur, mengawasi dan memastikan jumlah kendaraan angkutan batubara yang keluar dari masing-masing lokasi IUP harus sesuai jumlah yang ditetapkan pada aturan yang berlaku bagi setiap IUP.

BACA LAINNYA  Nahkoda Kapal Tug Boat Makmur Selatan di Tetapkan Sebagai Tersangka

Hal tersebut dibenarkan oleh Dirlantas Polda jambi Kombes Pol Dhafi. Saat dimintai keterangan sabtu (11/3/23) Kombes Pol Dhafi mengatakan mobilisasi angkutan Batubara telah diperbolehkan untuk beroperasi sesuai dengan keputusan gubernur namun Kombes Pol Dhafi menegaskan kan agar pemilik tambang maupun para supir angkutan Batubara dapat mentaati peraturan yang telah dibuat.

Dirlantas Polda jambi Kombes Pol Dhafi menjelaskan pihaknya akan mengevaluasi dalam satu minggu sejak dipasangnya rambu – rambu sementara dan juga pos pantau batubara, serta pihaknya akan mengkaji lagi apabila masih terjadi kemacetan dan juga masih ada angkutan yang parkir dibahu jalan.

“ Kita Hargai pemerintah dan Dishub yang telah memasang Rambu sementara di sepanjang jalan kotoboyo dan tembesi namun akan kita evaluasi selama 1 minggu,” ujarnya.

BACA LAINNYA  Mobil Tangki Milik PT. PAN Diamankan Pihak Kepolisian Buntut Dari Terbakarnya Kapal TB Bojoma 2906

Lanjut Kombes Pol Dhafi “Kita akan kasih waktu agar Rambu – rambu sementara bisa segera di permanen kan serta pos pantau Batubara akan terus kita pantau apakah ada Petugasnya baik itu dari pemprov maupun kabupaten yang berjaga atau tidak. Apabila ini dilanggar Maka Mobilisasi angkutan Batubara akan kita Hentikan kembali,” Ungkapnya.

Sambung Dirlantas Polda jambi Mobilisasi angkutan Batubara ini sudah bisa beroperasi tetapi masih dalam proses evaluasi.

“ Perlu diingat bahwa pihak-pihak terkait baik itu Pemilik tambang maupun supir angkutan agar bisa bekerja sama dengan tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan seperti tidak melebihi batas Tonase yang telah ditentukan dan Parkir dibahu jalan ” tutup nya. (BIN)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Sidak Pasar Atas, Ketua DPRD Sarolangun Temukan Sejumlah Harga BAPOK Naik

Peristiwa

Nahkoda Kapal Tug Boat Makmur Selatan di Tetapkan Sebagai Tersangka

Peristiwa

Terancam Puso, Hama Wereng Serang Tanaman Padi Desa Simpang Datuk

Peristiwa

Berenang Didermaga Batanghari, Anak 15 Tahun Tenggelam Dibawa Arus

Peristiwa

Bengkel Tambal Ban di Dekat Hutan Kota Jambi Hangus Dilahap Si Jago Merah

Peristiwa

Breaking News, Diduga Rem Blong Mobil Tangki Tabrak Toko Fotokopi

Peristiwa

Seorang Pria Nipah Panjang diTemukan Tewas Gantung Diri, Pihak Keluarga Tidak Yakin

Peristiwa

Tabrakan Avanza vs Truk di Lintas Timur, Begini Kondisi Penumpangnya