Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Selasa, 16 Mei 2023 - 06:11 WIB

Pangdam II/Sriwijaya Tanam Pohon Mangrove Di Pesisir Pantai Tanjab Timur

JAMBI – Pangdam II/Swj Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han., melaksanakan penanaman pohon mangrove bertempat di Pesisir Pantai Dusun Sukanegara Desa Lambur Luar Kec. Muara Sabak Timur Kab. Tanjab Timur. Senin sore (15/05/2023).

 

Acara ini turut dihadiri juga oleh Gubernur Provinsi Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, M.H, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M., Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono, M.S.I, dan para Danrem jajaran Kodam II/Swj.

 

Pangdam II/Swj pada sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Tanjung Jabung Timur Beserta Forkopimda, sehingga pada hari ini kita dapat mengikuti kegiatan Puncak Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Oleh Jajaran TNI Di Seluruh Wilayah Indonesia Tahun 2023.

 

Kegiatan penanaman mangrove yang kita laksanakan hari ini, merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara TNI dengan kementerian kelautan dan perikanan, tentang penguatan ketahanan pangan dan pengamanan sektor kelautan dan perikanan, serta Nota Kesepahaman antara TNI dengan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan tentang pelaksanaan Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak oleh jajaran TNI diseluruh Indonesia.

BACA LAINNYA  Polwan Berprestasi, Bripda Angelin Natasya Personil Satbrimob Polda Jambi Juara 1 Kapolri CUP Olahraga Judo

 

Untuk wilayah Kodam II/Swj Penanaman Manggrove dilaksanakan di 16 Kodim dengan jumlah bibit sebanyak 38.440 pohon. Hal ini didasari atas semakin berkurangnya ekosistem mangrove, sehingga menjadi perhatian serius berbagai pihak, termasuk TNI.

 

Kita semua menyadari bahwa, keberadaan mangrove memainkan peranan penting dalam mengatasi dampak negatif yang diakibatkan oleh Rob. Selain itu pohon mangrove juga berfungsi sebagai pelindung wilayah pesisir.

 

Kerusakan mangrove di wilayah pesisir diakibatkan oleh tingginya pencemaran yang disebabkan oleh limbah rumah tangga, limbah cair dan limbah industri. Limbah cair seperti detergent dan tumpahan minyak di perairan dapat menyebabkan berkurangnya difusi oksigen dan udara, sehingga mengganggu respirasi akar mangrove.

BACA LAINNYA  Ketua DPRD Jambi, Edi Purwanto Sampaikan Soal Pidato Presiden Singgung Etika Bangsa

 

Saya harapkan, rehabilitasi melalui penanaman pohon mangrove ini dapat memberikan kontribusi signifikan, dalam melestarikan keaneka-ragaman hayati, sehingga selain berpotensi menjadi daerah resapan air juga menjadi objek wisata lingkungan yang menarik.

 

TNI mendukung dan menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang selama ini telah aktif melakukan rehabilitasi mangrove, baik dari unsur Pemerintah, Perguruan Tinggi, Swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat maupun Elemen Masyarakat.

 

Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini dalam upaya pemulihan kawasan mangrove, berdampak positif terhadap peningkatan kualitas lingkungan dan perekonomian di wilayah ini, serta mampu memberikan kontribusi positif guna mewujudkan lingkungan yang asri, nyaman dan lestari, termasuk mengantisipasi Dampak Negatif Perubahan Iklim (Climate Change).

 

Sumber : Penrem 042/Gapu

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Kapolresta Jambi Pimpin Langsung Upacara dan Syukuran Peringatan Hari Bhayangkara ke 77

Berita

Gagal ke Jambi Beberapa Waktu Lalu, Berikut Jadwal Terbaru Kunjungan Presiden RI 1 di Jambi

Berita

Pastikan Aman Dan Lancar Pj Bupati Muaro Jambi Tinjau Kondisi TPS yang Berbatasan Langsung dengan Provinsi SumSel

Berita

Penyisiran 5 Kilometer, Korban Tenggelam di Sungai Tabir Merangin Ditemukan

Berita

Ketua AWNI Jambi, Berbagi Minuman Kepada Sebagian Masyarakat Purnama Mayang

Berita

“Stop Wariskan Sampah” Danrem 042/Gapu lepas Tim The Rising Tide A Resonance 2023

Berita

Pemkab Tanjab Barat Terima Penghargaan Peringkat 1 Pengelolaan DAK Fisik dan Desa Tahun 2021 

Berita

Tanggapan Masyarakat Terhadap Aipda Sunaryo Yang Rela Hibahkan Tanah Pribadinya Untuk Kantor Desa