Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Advetorial

Kamis, 13 Januari 2022 - 11:52 WIB

Penanganan Banjir Di Sejumlah Titik, Kepala BPJN : Sudah Kita Koordinasikan Dengan Stakeholder Terkait

Bidik Indonesia News, Jambi – Sejumlah titik jalan lintas timur Sumatera yang berada di kawasan Tempino, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi mengalami banjir usai adanya hujan lebat beberapa hari belakangan.

Terdapat empat titik banjir yang menggenangi jalan nasional tersebut yakni pada KM 11, KM 12, KM 14 dan KM 17.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) IV Jambi, Bosar Pasaribu mengatakan penyebab terjadinya banjir di sejumlah ruas jalan lintas timur Sumatera dikarenakan saluran air yang tidak memadai. Kemudian, sejumlah tempat resapan air juga sudah ditimbun oleh pembangunan.

“Saluran air pada titik banjir karena dimensi drainase lebih kecil sehingga tidak dapat menampung debit air yang tinggi, sehingga saat hujan deras air meluap ke jalan,” ujarnya, saat dikonfirmasi wartawan. Kamis (13/1/2022).

BACA LAINNYA  DPRD Muaro Jambi Kunker ke Musi Rawas, Ini yang Mereka Bahas

Ia menjelaskan Jalan lintas timur ini merupakan  urat nadi perekonomian jalur sumatera, maka dari itu BPJN IV Jambi bergerak cepat berkoordinasi dengan pihak stakeholder terkait seperti Dinas PUPR Provinsi Jambi, Dinas PUPR Kabupaten Muaro Jambi, BWSS VI dan DPRD Provinsi Jambi.

“Kita sudah melakukan rapat koordinasi dengan stakeholder terkait menangani banjir ini, karena penanganan ini tidak bisa hanya dilakukan oleh BPJN,” jelasnya.

Untuk penanganan darurat, Bosar menyebutkan pihaknya telah membangun drainase pada Oktober 2021 lalu, untuk mengurangi banjir di sejumlah titik jalan di lintas timur Sumatera tersebut. Tidak hanya itu, seluruh saluran air juga dilakukan pembersihan mulai dari batas Kota Jambi.

“Kita sudah melakukan penggalian drainase baru untuk mengurangi dampak lamanya terjadi banjir. Dimana sebelumnya bisa 4 jam sekarang menjadi 2 jam,” jelasnya.

BACA LAINNYA  Gubernur Jambi Klarifikasi Viralnya Pemberitaan Pembongkaran Proyek Senilai 2 M

Ia optimis penanganan banjir ini bisa diatasi dengan cepat setelah berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Mulai dari penanganan darurat hingga penanganan yang permanen dan komprehensif.

Dalam hal ini, Ia juga menepis adanya isu BPJN IV Jambi buang badan terkait permasalahan banjir di jalan Nasional ini. Namun, pihaknya sudah bekerja keras sejak tahun lalu untuk mengatasi banjir ini bersama-sama stakeholder terkait.

“Kita tidak buang badan dalam penanganan banjir ini, karena jalan lintas timur Sumatera merupakan urat nadi jadi kita berusaha agar tidak terjadi banjir lagi dan selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait,” tandasnya (*)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Advetorial

Robinson Sirait,Dampingi Kadis Pendidikan Buka,KOSN, FL2SN,KSN dan PKSN Tingkat (SDN) Se- Kecamatan Sungai Bahar

Advetorial

Hadiri Syukuran Hari Bhayangkara ke 77 di Polresta Jambi, Ketua PWI Kota Jambi: Semoga Terus Memberikan Pelayanan Terbaik 

Advetorial

Robinson Sirait Fraksi PAN Dorong Pemekaran Kabupaten Baru.

Advetorial

Jelang Kunjungan Kasad, Korem 042/Gapu Bersama Pemprov Jambi Gelar Rapat Koordinasi

Advetorial

Al Haris Harap PASI Jambi Lebih Berprestasi

Advetorial

Gubernur Al Haris: Program Ramadhan Ceria Bentuk Karakter Generasi Muda Jujur, Berani, Amanah dan Berintegritas

Advetorial

Al Haris Tanggapi Positif Masukan Dewan sebagai Evaluasi Kinerja Pemerintah

Advetorial

Wagub Sani : Keberadaan Pemerintah Harus Dirasakan Masyarakat