Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Senin, 16 Januari 2023 - 14:57 WIB

Tak Hanya Panorama Alam, Wisata Wahana Kampung Datuk Hadirkan Tiga Kuliner AD, AL dan AU

Bidik Indonesia News, PARIWISATA – Desa Pematang Buluh adalah salah satu desa di Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi yang memiliki kekayaan alam, budaya dan sejarah yang elok untuk dikembangan sebagai objek wisata kekinian.

Kebaikan sumber daya alam yang berlimpah disandingkan masyarakat Desa Pematang Buluh yang terbuka terhadap pendatang (wisatawan) adalah suatu poin tambahan bagi desa tersebut bisa lebih maju dan mampu menjadi Desa Wisata yang terbaik Tanjab Barat, Jambi.

Kombinasi keduanya melahirkan suasana nyaman bagi siapa saja yang datang berkunjung untuk menghabiskan masa liburan atau akhir pecan di desa ini. Selain ada objek wisata pemandian air panas.

Kini tengah dirintis dan dibangun Wisata Baru bernama “Wahana Kampung DatuK”. Wisata ini manyajikan alam yang hijau dengan puluhan pohon Cempedak.

Sehingga membuat suasana sejuk, nyaman dan tidak membosankan mata.

Menurut pengelola sekaligus pemilik lahan Bapak Kamarudin menuturkan Wisata ini dibangun pada 1 Januari 2023 ditargetkan akan selesai 2025 lebih kurang 3 tahun.

Perencanaan tahun pertama penataan tempat santai/nongkrong, spot nongkrong “KOPUJA” kopi and Jamu dan sudah ada beberapah buah.

BACA LAINNYA  Kota Jambi Menjadi Penutup Rangkaian Bakti Sosial DPW GARDA BERNAS JAMBI

“Tahun kedua penataan permainan anak-anak dan tahun ke tiga 2025 kulier masakan” Nasi Pecel Lele 3 Angkatan AD, AL dan AU (asal dari ikan darat, gabus/toman, asal dari laut, ikat, kerang dan siput, asl dari udara, burung punai dan buburak),” tuturnya kepada media ini saat, Minggu (15/1/23)

Lokasi Wahana Kampung Datuk di atas hamparan 1 hektar tanah milik pribadi pak Kamarudin.

Lahan ini ditanami ada sekitar 60 pohon cempedak yang berbuah pada setiap tahunya.

Beliau berpikir bahwa hasil tahunan hanya bisa didapat 5-10 juta permusim.

Tentu bisa dimaksimalkan jika di areal tersebut dijdikan tempat bermain dan edukasi bagi anak-anak, serta tempat nongkrong bagi para pencari wisata alam yang atraksi utamanya keindahan dan kesejukan.

Lokasi ini juga tidak jauh dari kolam pemandian air panas. Jika dari jalan Nasional hanya sekirar 5,5 KM.

“Dapat kita bayangkan jika tempat santai, mainan dan kuliner 3 ankatan bisa kita kolaborasi, sungguh sangat luar biasa, karna disamping ingin mengembangkan potensi pariwisata skala desa, kita jga ingin kolaborasi wisata sekala Kecamatan Betara,” ujarnya.

BACA LAINNYA  Hari Pertama Kerja, Kapolres Kerinci AKBP Mujib Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak Banjir

Kenapa demikan, dimana desa tetangga punya potensi yang saling melengkapi, seprti desa Muntialo punya Embung Wisata, Kelurahan Mekar Jaya punya Grai Kopi, wisata Jembtan Bungkuk Mancing Mania Desa Lubuk Terntang dan lainnya.

“Maka tidak mustahil Betara akan menjadi pusat wisata di Kab. Tanjung Jabung Barat jika desa-desa mengelola secara maksimal,” kata Kamarudin mantan Datk Periode 2013-2019 itu.

Beliau mengatakn pihaknya terbuka jika pihak swasta ingin bergabung investasi dalam penyediaan permainannya dengan bagi hasil 50%.

“4incian 20% sewa lokasi, 30% untuk petugas yang jaga,” ujarnya.

Demikian juga bagi pedagang makanan diperbolehkan berjualan.

“Seperti abag-abag kita yang pakai motor keliling, sate, bakso, dll. Tetapi bangunan hanya boleh punya kita,” sambungnya.

Pak Kamaruddin megatakan ‘Wisata Kampung Datuk’ ini akan di Launching pada Lebaran Idul Fitri 1443 mendatang.

“Tiga bulan ini kita persiapan dan penataan untuk tongkrogan spot ngopi aja dulu, dan mainan jemputan dari luar,” jelasnya.(Red)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Ketua BK DPRD Muaro Jambi Adakan Reses di RT 20 Kelurahan Sengeti

Berita

BNNK Tanjab Timur Apresiasi Pemkab Tanjab Barat Tes Urine Pejabat dan ASN

Berita

Hari Sumpah Pemuda Ke 94, Bnn Provinsi Jambi Ingatkan Generasi Muda Bahaya Narkoba

Berita

Lawan Narkoba, Dirresnarkoba Polda Jambi Ajak Jadilah Polisi Bagi Diri Sendiri 

Berita

Satu Unit Rumah Permanen di Villa Kenali Mayang Kota Jambi Terbakar

Berita

Wakapolres Batanghari : Kejar 70% Target Vaksinasi, Kita Lakukan Terobosan Baru

Berita

Dikunjungi KSAD, Kapolri Pastikan Sinergitas TNI-Polri Dioptimalkan Hadapi Segala Bentuk Ancaman

Berita

“Stop Wariskan Sampah” Danrem 042/Gapu lepas Tim The Rising Tide A Resonance 2023