Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Peristiwa

Senin, 14 Maret 2022 - 11:15 WIB

Tim SAR Jambi Jemput ABK Yang Selamat Ditemukan Nelayan

Bidik Indonesia News – Tim SAR Gabungan langsung bergerak cepat menjemput seorang Anak Buah Kapal (ABK) KM Sumber Daya yang selamat akibat kapalnya dihantam badai di perairan Berhala dimana ABK itu berhasil ditemukan oleh seorang nelayan di kawasan perairan Sungsang, Sumatera Selatan.

 

Pada Minggu (13/3) sekitar pukul 20.41 WIB, ABK KM Sumber Daya bernama Aloy telah ditemukan oleh seorrang nelayan bernama Nawawi warga Desa Sungsang II di Perairan Sungsang Provinsi Sumatera Selatan dalam keadaan selamat setelah mengapung berjam-jam dilautan menggunakan jaket pelampung, tas dan drigen, demikian keterangan resmi dari Basarnas Jambi, yang diterima Senin.

 

Selanjutnya korban di jemput oleh Tim SAR Gabungan dan dibawa ke puskesmas terdekat untuk menjalani pengobatan. Pada Minggu 13 Maret 2022 di perairan Sungai Sembilang, Desa Sungsang IV, Kecamatan BA II, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, nelayan bernama Nawawi hendak mengangkat jaring ikannya melihat ada orang yang sedang berenang menuju jaring yang telah dipasangnya.

 

Nawawi dengan kapalnya mendekatin orang tersebut yang sedang melambaikan tangan meminta pertolongan kemudian Nawawi langsung mendekatkan kapal miliknya ke arah orang tersebut guna melakukan penyelamatan. Setelah berhasil melakukan penyelamatan selanjutnya Nawawi membawa korban pulang kerumahnya yang berada di Kampung Salak, Sungsang II, Banyuasin.

BACA LAINNYA  Kapolres Muarojambi Himbau Pengguna Jalan Lintas Timur KM 17 Berhati-hati

 

Sementara itu dua orang lainnya yakni Tiar yang merupakan nakhoda kapal dan ABK bernama Pendek, hingga saat ini belum ditemukan. Tim SAR Gabungan hingga saat ini masih melakukan pencarian terhadap keduanya.

 

Kapal yang bermuatan kelapa itu hilang kontak saat dalam perjalanan dari Nipah Panjang, Kabupaten Tanjab Timur menuju Batam, Provinsi Kepulauan Riau dimana krolonogis kejadian, sekira pukul 09.00 WIB, Kamis (10/3), nakhoda menelepon pemilik kapal mengabarkan telah terjadi badai dalam perjalanan mereka. Kemudian pukul 09.15 WIB komunikasi handphone terputus, dan KM Sumber Daya hilang kontak hingga saat ini.

 

Untuk pencarian hari ini, tim SAR Gabungan telah melaksanakan pencarian dan pemantauan masih di sekitar lokasi kejadian dengan hasil nihil. Tim juga sudah melakukan sosialisasi dengan warga di sekitaran Pulau Berhala dan Kepala Kantor Basarnas Jambi juga sudah komunikasi dan koordinasi dengan beberapa Kepala Kantor Basarnas Palembang, Pangkal Pinang dan Tanjung Pinang untuk rencana pencarian hari ini.

BACA LAINNYA  2 Anak Kecil Terbakar Dalam Insiden Kebakaran di Perumahan Permata Regency Mendalo Darat

 

Pencarian yang dilakukan oleh Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas,TNI AL, Polairud Polda Jambi, Persatuan Nelayan, dan masyarakat dimulai Pukul 07.00 WIB sampai Pukul 18.00 WIB.

 

Sampai saat ini belum ada ditemukan tanda tanda keberadaan Kapal KM Sumber Daya walaupun satu ABK nya sudah diitemukan dalam keadaan selamat di perairan Sumsel dan kini pPencarian dibagi menjadi tiga tim yakni Tim 1 menggunakan KN SAR 414 melakukan penyisiran di sekitar perairan Pulau Berhala dan lokasi kejadian dengan luas pencarian 50 NM, kemudian Tim 2 menggunakan perahu nelayan melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian dan Tim 3 gunakan perahu KM Yanti melakukan penyisiran dan mencari Informasi ke masyarakat di Pulau Berhala. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Penggelembungan Suara, Caleg Gerindra Laporkan PPK ke Bawaslu

Peristiwa

Operasi Pekat Polda Jambi, Tiga Pasangan Bukan Suami Istri Diamankan dan Satu Diantaranya Konsumsi Sabu

Peristiwa

Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov 

Peristiwa

Kapolres Muarojambi Himbau Pengguna Jalan Lintas Timur KM 17 Berhati-hati

Peristiwa

2 Orang Tahanan Yang Kabur Dari LPKA Menyerahkan Diri

Peristiwa

Kapolda Jambi Harapkan Masyarakat Dapat Tingkatkan Disiplin dijalan Saat Memasuki Bulan Suci Ramadhan

Peristiwa

Team Hunter Reborn Presisi Polrestabes Palembang Polda Sumsel Selamatkan Warga Yang Coba Bunuh Diri

Berita

Danrem 042/Gapu Pimpin Apel Gabungan TNI-Polri di Lapangan Mapolda Jambi