Pria di Teluk Nilau Meninggal Gantung Diri di Kamar Mandi Tragis, Kecelakaan Tunggal di Kota Jambi 4 Orang Tewas Proses Autopsi Selesai, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia : Hasil Autopsi Dapat Diketahui 4-8 Minggu Kedepan Jelang Autopsi Ulang, Malam Ini Makam Brigadir Yosua Dijaga Ketat Polda Jambi Turunkan 330 Personel, Amankan Jalannya Autopsi Ulang Brigadir J




Home / Berita / Tanjab Timur

Kamis, 23 Juni 2022 - 17:42 WIB

Tindak Lanjut Laporan Bimtek Kades, Pihak Kejari Tanjab Timur Panggil Pengurus Apdesi

Bidik Indonesia News – Tanjung Jabung Timur, Terkait Laporan Bimtek ke Kejati Jambi oleh ketua Himpunan Wartawan Daerah (Hiwada) Erfan, pada tgl 15 maret 2022 dengan nomor B – 1199/ L.5.5/ Fd.1/ 03/ 2022 dan telah diteruskan oleh Kejaksaan Tinggi Jambi ke Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Timur untuk ditindak lanjuti dengan nomor B – 1090/ L.5.5/ Fd.1/ 03/ 2022 Tanggal 09 Maret 2022.

 

Selanjutnya, limpahan tersebut telah ditindaklanjuti oleh pihak Kejari Tanjab Timur dengan mengeluarkan Sprintug pada tanggal 18/05/2022. Tentunya berdasarkan SOP sprintug tersebut harus segera diproses 7 hari kedepan dari tanggal terbitnya.

 

Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, hal ini dibenarkan oleh Kastel Kejari Tanjab Timur, Bambang Harmoko, S.H.

“Kami akan mengumpulkan data terlebih dahulu dengan memanggil pihak – pihak terlapor dan pihak terkait lainnya untuk dimintai keterangan, “jelas Bambang beberapa hari yang lalu.

 

Persoalan ini pun mencuat pada sidang paripurna DPRD Tanjab Timur, Selasa 21 Juni 2022 kemarin, bahkan Yudi Hariyanto Anggota DPRD dari Partai Nasdem meminta pihak Kejari agar serius menangani perihal laporan masyarakat tersebut (Ketua Hiwada-red).

 

Dan bukan hanya isapan jempol belaka, ternyata pihak Kejari terus bekerja dan mendalami terkait laporan Bimtek tersebut.

 

Kajari Tanjung Jabung Timur Yenita Sari, SH melalui Kasi Pidsus M. Ali Nurhidayatullah saat dikonfirmasi Awak Media diruang kerjanya (22/6) menjelaskan, bahwa pihak Kejari Tanjab Timur telah memanggil ketua Apdesi dan Bendahara Apdesi Tanjung Jabung Timur selaku terlapor untuk di mintai keterangan.

BACA LAINNYA  Hadir Pertama di Jambi! HokBen buka serentak 24 April 2022 di Jambi Town Square dan Jambi Prima Mall

 

M. Ali juga mengatakan, yang bisa menjawab ini adalah Kasi Intel, kebetulan dibidang intelijen yang bisa menjelaskan, “ujarnya.

 

 

” Ya…saya jelaskan dulu, untuk penjawaban-penjawaban pelaporan seperti ini sebenarnya ke Intel, cuma karena kita dibidang Pidsus ini kebetulan yang melakukan pemeriksaan laporan pengaduan dari Hiwada, jadi yang bisa kita sampaikan disini bahwa terkait dengan laporan tersebut, saat ini sudah kita tindak lanjuti dan kita buatkan surat perintah tugas (Sprintug) untuk memanggil dan meminta keterangan pihak-pihak terkait, dalam hal ini sudah kita panggil, yaitu terkait dengan Bimtek yang dilaksanakan oleh kepala Desa se-Kabupaten Tanjab Timur.

ini telah kita panggil Ketua Apdesi nya, terus bendahara nya sudah kita panggil, kemudian rencana kita juga akan memanggil sekretaris dan pengurus Apdesi, kemaren juga kita memanggil terkait dengan pelapor, saudara Erfan.

Melalui via telpon menghubungi saudara Erfan, namun saudara Erfan keberadaan nya diluar Kota, jadi bisa untuk memenuhi panggilan, kemaren juga sudah kirimkan juga surat panggilan untuk hadir dalam memberi keterangan, karena ini kan data dari pelapor, data ini kan cuma kita terima baru berbentuk satu surat, bukan bundelan, maka nya kita kesulitan disini, data itu cuma dikasih ada kerugian itu, ada penggunaan ini, ada ini, ada ini, cuman ini nya tu apa.., yang di serahkan ke kita tu apa.., mekanisme nya tu dimana?Kalau seperti itu pelaporannya otomatis kita mencari dari bawah gitukan.., bukan nya tidak berjalan, cuma kita kesulitan untuk mendapatkan data, dan juga laporan ini berbentuk surat biasa maka nya kita memanggil pihak itu satu-satu,” Terangnya.

BACA LAINNYA  Bupati Anwar Sadat Panen Nanas Queen di Desa Muntialo

 

Saat disinggung terkait pelaporan ketua Ketua Hiwada seperti apa, M. Ali menerangkan, bahwa pada inti nya Ketua hiwada tidak menjelaskan rincian nya.

 

” Makanya kita ini kan banyak Kepala Desa, kita coba satu-satu kita tanyakan, siapa saja yang berangkat, siapa yang tidak berangkat, “Paparnya.

 

Disinggung terkait waktu pelaporan sudah beberapa bulan yang lalu, M. Ali menerangkan, bahwa baru diterima laporan tersebut.

 

” Laporan ini juga baru kita terima, jadi kita juga belum dapat gambaran secara jelas, apakah ada PMH nya, apakah ada kerugian Negara nya, kita kan belum tergambar disini, jadi di setiap Kecamatan kan ada satu perwakilan Apdesinya, untuk mengkafer Kepala Desa, maka nya satu-satu kita panggil untuk mengumpulkan keterangan, mungkin kedepannya akan memanggil sekitar kepengurusan Apdesi, tetap akan kita lanjuti.” Pungkas M. Ali Nurhidayatullah.

( Tim )

Share :

Baca Juga

Berita

Polsek Tungkal Ulu Tangkap 5 Pelaku Penipuan Kupon Berhadiah Mobil Toyota Raize di Kota Jambi

Berita

Kasrem 042/Gapu Pimpin Apel Pemberangkatan Personel Satgas Karhutla Jambi

Tanjab Timur

Kapal KM Sumber Daya Rute Nipah-Batam Muatan Kelapa Lost Contact di Perairan Berhala, Basarnas Jambi Lakukan Pencarian

Berita

Kapolres Muaro Jambi Antisipasi dan Cegah Radikalisme .

Berita

Polsek Tebing Tinggi Tangkap Dua Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di Rumah Kosong

Tanjab Timur

Salurkan BLT-DD, Kades Sungai Dusun Berharap Gunakan Sebaik Mungkin

Berita

KAMPUS POLRI PEDULI BENCANA SEMERU

Berita

Ditlantas Polda Jambi Lakukan Rekayasa Pengalihan Arus Lalu Lintas Kurangi Kemacetan