Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Senin, 12 Februari 2024 - 15:31 WIB

Ikuti Rakor Forkopimda, Kapolda Jambi Sampaikan Saran dan Pandangan Terkait Situasi Kamtibmas Pemilu 

JAMBI – Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono mengikuti Rapat Forkopimda Se-Provinsi Jambi dalam rangka persiapan Pemilu Tahun 2024 pada Senin, (12/02/2024).

 

Hadir pada kegiatan tersebut Gubernur Jambi H. Al-Haris, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, Danrem 042/Gapu Jambi Brigjen TNI Rachmad, Plt. Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, Enen Saribanon, Sekda Prov. Jambi, H. Sudirman, dan Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto.

 

Kegiatan yang dipimpin Gubernur Jambi tersebut dilaksanakan guna membahas peran aktif Forkompimda dalam mendeteksi secara cepat potensi gangguan keamanan dan ketertiban Jelang Pemungutan suara Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak serta Isu-isu Aktual di Provinsi Jambi Tahun 2024.

BACA LAINNYA  Kapolda Jambi Buka Kegiatan Pembinaan Personel Dalam Penanggulangan Pencegahan Radikalisme dan Toleransi 

 

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Jambi turut memberikan saran dan pandangannya terkait situasi keamanan yang bisa terjadi saat pemilihan umum 2024 berlangsung.

 

Dikatakannya bahwa kerawanan akan terjadi apabila ada pemilihan ulang (PSU), perlu antisipasi agar hal tersebut tidak terjadi. Selain itu tahap penghitungan suara di TPS perlu diantisipasi. Pemda telah menyiapkan linmas untuk pengamanan, harap di ploting dan diberdayakan potensinya.

 

Jenderal Bintang Dua tersebut juga menyampaikan bahwa Demonstrasi massa, dan Intimidasi dalam hal pemilihan menjadi kerawanan lain menjelang pemilihan. Eskalasi Polarisasi bisa terjadi yang dimulai dari tahap perbedaan pandangan ditengah Masyarakat, kemudian yang kedua sumbatan komunikasi yang terjadi karena berita hoax, tahap ketiga adalah diskriminasi.

BACA LAINNYA  Hadirkan Sesepuh Brimob, Sat Brimob Polda Jambi Gelar Pemuliaan Nilai-nilai Luhur Duaja Satya Singa Kartipala

 

“Apabila 3 tahap tersebut telah terjadi, kemungkinan akan muncul tahap ke empat yaitu Konflik yang perlu kita hindari bersama,” jelas Kapolda Jambi.

 

Selanjutnya, Polda Jambi tidak akan ragu untuk menindak tegas hal-hal yang sifatnya memecah belah, mengganggu keberagaman, persatuan, Kebhinekaan Negara Kita. Kebersamaan, sinergitas, dan solidaritas seluruh elemen bangsa harus terus bersama demi Pemilu 2024 yang aman, damai, jujur, dan adil.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Pimpinan Ombudsman, Dadan Suharmawijaya Hadiri Festival Pelayanan Publik di Kualatungkal

Berita

Polda Jambi Kaji Daya Tampung Pelabuhan Talang Duku.

Berita

Cek Kesiapan Personil Pengamanan TPS, Wakapolda Jambi Turut Berikan Arahan ke Personil Polres Muaro Jambi 

Berita

Jumlah Korban Pelaku Pedofilia Di Jambi Bertambah Jadi 30 Orang

Berita

13 Pasangan Muda-Mudi Terjaringan Ops Pekat Polres Merangin

Berita

Periksa Kendaraan Dinas, Kapolres Tanjab Timur: Harus Dirwat Dalam Penggunaannya 

Berita

Pemkab Muaro Jambi Terima Penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI

Berita

Bersama Pengurus SMSI Provinsi Jambi, Dit Intelkam Polda Jambi Gelar Diskusi Publik Antisipasi Berita Hoaks