Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Jumat, 17 November 2023 - 16:15 WIB

Kalapas Kuala Tungkal Raih Dua Penghargaan Dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator 2023

TANJABBAR – Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang selanjutnya disingkat PKA adalah pelatihan struktural kepemimpinan administrator sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah yang mengatur mengenai manajemen pegawai negeri sipil, yang bertujuan untuk mengembangkan Kompetensi Peserta dalam rangka memenuhi standar Kompetensi manajerial Jabatan Administrator.

Pelatihan ini digelar oleh Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang berpusat di Makkasar. PKA ini berlangsung kurang lebih selama 4 bulan, dari Juli sampai November.

Pelatihan ini diikuti oleh pegawai negeri sipil dari berbagai instansi, tak terkecuali Kalapas Kuala Tungkal I Gusti Lanang Agus Cahyana Putra.

Dalam pelatihan ini, peserta akan mengusung gagasan kreatif yang menjadi aksi perubahan mereka dalam mengatasi masalah yang ada di instansi masing-masing.

I Gusti Lanang mengangkat aksi perubahan “Gita Gadis Sewarna”. Gita Gadis Sewarna merupakan akronim untuk Digitalisasi Rekam Medis Kesehatan Warga Binaan.

I Gusti menyadari bahwa rekam medis kesehatan warga binaan di Klinik Pratama Lapas Kuala Tungkal masih memakai kertas atau ditulis tangan langsung oleh dokter.

Hal ini menyebabkan lambatnya proses layanan kesehatan yang diberikan sebab harus mencari satu-satu catatan rekam medis secara manual dan juga membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk menulis.

BACA LAINNYA  Awal Tahun 2023, Kapolda Jambi Pimpin Apel Perdana dan Berikan Arahan ke Personil

Oleh karena itu, I Gusti Lanang mengusung gagasan kreatifnya yaitu dengan mendigitalisasi rekam medis tersebut. Hal inilah yang yang disempurnakan menjadi sebuah aplikasi yang diberi nama Gita Gadis Sewarna. Aplikasi ini sangat simple dan mobile, karena tidak hanya bisa diakses lewat web namun juga bisa diunduh di android melalui google play store.

Dimana sebelumnya catatan rekam medis dilakukan secara manual di kertas, sekarang sudah berubah menjadi digital dalam aplikasi Gita Gadis Sewarna. Yang sebelumnya harus mencari kertas rekam medis warga binaan satu persatu, sekarang tinggal men-tap barcode yang ada pada kartu berobat. Dengan demikian petugas kesehatan dapat memberikan layanan yang optimal kepada warga binaan.

Seminar aksi perubahan dan pameran inovasi terhadap masing-masing aksi perubahan. digelar di Auditorium Hasanuddin Lt. 1 Puslatbang KMP LAN Makassar, Kamis, 16 November 2023. Dalam pameran ini, setiap peserta mendesain sendiri booth yang mereka punya, begitu juga dengan I Gusti Lanang. Beliau mendesain boothnya dengan poster, X-Banner, majalah, infografis, serta menampilkan video mengenai Gita Gadis Sewarna sebagai aksi perubahannya. Tak lupa ditunjukkan pula bagaimana aplikasi ini beroperasi dan beliau juga mengenalkan makanan khas daerah ataupun produk UMKM lokal di boothnya.

BACA LAINNYA  Polres Kerinci Kembali Lakukan Aksi Perduli Di Bulan Ramadhan 

Dalam pameran ini setiap peserta memakai pakaian adat daerah/nasional. I Gusti Lanang sendiri memakai pakaian adat daerah Bali. Beliau mengenakan baju safari putih, lengkap dengan kain kamen dan udeng kepala. Dengan selesainya seminar dan pameran inovasi ini yang merupakan puncak kegiatan dalam pelatihan ini, maka Pelatihan Kepemimpinan Administrator ini selesai sudah dan penutupan digelar pada Jumat, 17 November. Dalam acara penutupan ini diberikan penghargaan kepada peserta dengan kategori yang ditentukan.

I Gusti Lanang berhasil meraih dua penghargaan sekaligus. Penghargaan yang diterima ialah “The Best Content Creator” dan “The Collaborative Reformer”. Beliau berterimakasih kepada Puslatbang KMP LAN yang telah memberikan penghargaan ini dan dengan penghargaan ini semoga semakin memotivasi untuk selalu menciptakan gagasan kreatif lainnya demi pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Pendemi Covid -19, Pelayanan Hingga Penerbitan Paspor di Imigrasi Kelas II TPI Berubah Drastis

Berita

KPK Periksa Komisaris Independent Adhi Persada Properti

Berita

Berikan Bantuan Kemanusiaan, Kapolres Tanjab Timur Bagikan Langsung ke Masyarakat

Berita

Berkali-kali Setubuhi Anak Tiri dan Kerap Diancam Dibunuh, MN Akhirnya Ditangkap Polres Sarolangun 

Berita

Bersama Masyarakat, Kapolres Kerinci Dengarkan Langsung Keluhan Masyarakat Desa Pasar Baru 

Berita

Kapolda Jambi Sambut Kedatangan Tim Kemenkopolhukam RI 

Berita

Korem 042/Gapu Menggelar Sholat Idul Fitri 1444 H

Berita

Polri Jangkau Tempat Terisolir Untuk Berikan Pasokan Kebutuhan Pokok