Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Rabu, 19 Juli 2023 - 09:11 WIB

Kapolda Jambi dan Danrem 042 Gapu Hadiri Rakor Penanggulangan Karhutla Bersama Kepala BNPB RI

JAMBI – Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono ikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi tahun 2023 bersama Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto.

 

Rapat yang dilaksanakan di Auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Selasa malam (18/7/23) tersebut diikuti oleh Gubernur Jambi H. Al-Haris, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, Para Bupati se Provinsi Jambi serta Para Kapolres jajaran Polda Jambi, dan para Dandim jajaran Korem 042/ Gapu.

 

Pada kesempatan tersebut, Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto menyampaikan arahannya, terkait perubahan iklim yang merupakan fenomena yang mengerikan yang bisa menyebabkan karhutla.

 

“ Perubahan iklim itu paling ditakuti oleh semua negara, dan perubahan iklim merupakan penyebab peningkatan frekuensi bencana secara drastis, dalam satu bulan terakhir terpantau Provinsi Jambi memiliki total 490 hotspot dan titik panas terbanyak berada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. ” Ujar Kepala BNPB RI.

BACA LAINNYA  Gelar Musrenbangdes, Pemdes Lambur 1 Saring 5 Usulan Skala Prioritas

 

Lebih lanjut Letjen TNI Suharyanto berpesan kepada seluruh Kepala BPBD Kabupaten/Kota se- Provinsi Jambi, untuk terus bergerak secara masif.

 

“ Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) harus dilakukan secara masif, ini bertujuan guna mempersiapkan cadangan persediaan air,” pesan Suharyanto.

 

Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono pada kesempatan tersebut juga turut menyampaikan langkah-langkah dan pencegahan yang telah dilaksanakan Polda Jambi, bersama pemerintah dan stakeholder terkait dalam penanganan Karhutla, dan sejauh ini semua bisa teratasi dengan baik.

BACA LAINNYA  Manfaat Kan Lahan Hutan Kota Pj Bupati Tebo Bangun Sejumlah GAZEBO

 

” Polda Jambi tentunya akan mengikuti petunjuk dan arahan yang telah disampaikan oleh Kepala BNPB RI, dan mendukung pemerintah Provinsi Jambi agar bisa terus mengantisipasi pemicu terjadinya Karhutla, kedepannya harapan kita bersama tidak akan pernah terjadi lagi karhutla yang besar seperti sebelumnya. ” Ucap Kapolda Jambi.

 

 

Diakhir kegiatan, Kepala BNPB juga menyerahkan bantuan alat berupa mesin pompa, nozzle, selang, flexible tank dengan kapasitas 5.000 L serta perlengkapan APD guna mendukung operasi melalui jalur darat.

 

Kepala BNPB juga mengungkapkan, saat ini BNPB telah menyediakan pesawat helikopter sebanyak 6 unit guna membantu penanganan karhutla melalui jalur udara.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Siswa SDN 1 Kota Jambi Binaan Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jambi Juara 1 Lomba Pocil Hari Bhayangkara ke 77

Berita

Usai Jalani Perawatan dan Sembuh, Irjen Pol Rusdi Hartono Pimpin Apel Perdana

Berita

BKTM Bersedekah, Bhabinkamtibmas Labuhan Pering Bantu Warga Disabilitas Tongkat Kruk

Berita

Bocah 15 Tahun Tenggelam saat Mandi Berenang di Sungai Batang Tebo

Berita

Wakapolres Batanghari : Kejar 70% Target Vaksinasi, Kita Lakukan Terobosan Baru

Berita

Breaking News, Ditsamapta Polda Jambi Gerebek Basecamp di Garuda 1 Yang di Duga Tempat Pesta Narkoba.

Berita

Polres Tanjab Barat Mensosialisasikan Sanksi Hukum dan Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba

Berita

Ketua DPRD Sarolangun Setuju dan Dukung Program Bank Jambi