Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi” Gubernur Al Haris: Gelar Adat Bentuk Apresiasi Terhadap Kontribusi Anak Negeri Jambi Polres Tanjab Timur Musnahkan Barang Bukti Narkotika jenis Sabu Seberat 3,310 Gram Tiba di Mapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono Gelar Adat Dubalang Sakti Utamo Disambut Wakapolda dan Tarian Persembahan 

Home / Advetorial

Rabu, 11 Oktober 2023 - 20:52 WIB

Ketua PWI Kota Jambi Turut Jadi Peserta Media dalam KTT AIS Forum 2023 di Bali

BALI – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023, pada Rabu (11/10/2023). Dalam acara yang diselenggarakan di BNDCC, Badung, Bali tersebut akan dibahas dokumen deklarasi para pemimpin.

 

Disampaikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), dirinya menggarisbawahi tiga hal untuk didorong pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023. Ketiganya bisa menjadi panduan arah kerja sama dan kolaborasi negara Pulau dan kepulauan.

Ketua PWI kota Jambi Irwansyah ( baju batik hijau sebelah kanan) bersama Presiden RI Joko Widodo saat selfie setelah konferensi pers

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat membuka KTT AIS Forum yang pertama, di kawasan BNDCC, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada Rabu (11/10/2023).

 

Hal pertama adalah solidaritas, kesetaraan, dan inklusifitas yang harus menjadi prinsip dan pegangan bersama. “Yang Kedua adalah prioritas pada kerja sama konkret yang disesuaikan dengan kebutuhan penerima,” kata Presiden.

 

Sementara yang ketiga adalah kerangka kerja sama yang tangguh dan dinamis untuk menghadapi tantangan-tantangan ke depan.

BACA LAINNYA  Al Haris Berharap Sosialisasi Uji Kompetisi Kepala Sekolah SMK Tingkatkan Pendidikan Kejuruan

 

“Ketiganya merupakan medium penghubung antarnegara pulau dan kepulauan yang perlu dijaga. Dengan komitmen saling menjaga laut, tentunya akan membuat lautan menjadi lebih lestari,” ujar Presiden.

 

Indonesia, lanjut Kepala Negara, merasa terhormat dapat menjadi tuan rumah momentum bersejarah yaitu KTT AIS Forum pertama. Indonesia pun dikatakan Presiden akan menjadikan forum tersebut sebagai momentum untuk terus menguatkan kolaborasi antara negara pulau dan kepulauan.

 

“Laut bukanlah pemisah antara daratan tapi laut justru pemersatu antar daratan. Laut justru perekat dan penghubung antar daratan,” ujar Presiden Jokowi.

 

Oleh karena itu, solidaritas negara sangat penting untuk menghasilkan langkah-langkah strategis, konkret dan taktis dalam penyelesaian masalah bersama.

 

Pada kesempatan tersebut, Presiden turut menegaskan jika Indonesia di berbagai forum internasional terus menyuarakan kepentingan negara pulau dan kepulauan agar terus berkembang. Misalnya, saat KTT G20 pada 2022 maupun di KTT ASEAN 2023.

 

Sementara itu, Ketua PWI Kota Jambi Irwansyah yang turut hadir langsung menjadi peserta Media dalam KTT AIS Forum 2023 tersebut menyampaikan bahwa, tadi sudah kita dengarkan secara bersama-sama yang disampaikan Pak Presiden bahwa Laut harus menjadi sumber kehidupan yang berkelanjutan, yang mana potensi ekonomi biru sangat besar di negara kita.

BACA LAINNYA  Kepala BNNP Jambi Brigjen Pol Wisnu Handoko Siap Wujudkan Jambi Bersinar

 

” Alhamdulillah, walaupun kita media lokal dari Jambi, kita diundang langsung oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk menghadiri pertemuan Tingkat Menteri ke-5 dan Pertemuan Tingkat Tinggi Forum Negara Kepulauan dan Kepulauan ke-1 di Bali, ujarnya.

 

Dilanjutkan Irwansyah, selain menghadiri sebagai peserta media KTT AIS Forum 2023, yang menambah wawasan dan edukasi, kita juga dapat bertemu langsung dengan rekan-rekan Wartawan dari Indonesia maupun negara luar.

 

” Tentunya banyak pengalaman yang didapat, baik dari narasumber ataupun rekan-rekan media yang hadir, ” lanjutnya.

 

Ini juga merupakan suatu pengalaman yang baru khususnya bagi saya karena dalam satu ruangan kita peserta Media dari negara luar maupun Indonesia baik itu cetak, radio, televisi dan online berkumpul dalam ajang KTT AIS Forum 2023 yang turut diikuti berbagai Negara Kepulauan.

 

” Dan hari ini KTT AIS Forum 2023 dipimpin langsung Presiden RI Ir H Joko Widodo dan Indonesia merupakan tuan rumah dalan kegiatan tersebut yang digelar di Nusa Dua Convention Centre Bali,” pungkasnya. (Syah)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Advetorial

Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah SH, MH Kunjungi Pondok Pesantren AL-Amin

Advetorial

Wagub Sani : Safari Ramadhan Kokohkan Hubungan Masyarakat dengan Pemerintah

Advetorial

Pj Bupati Bachyuni Deliansyah, SH,.MH Lantik Direktur Utama PDAM Tirta Muaro Jambi Periode 2023-2028

Advetorial

Ivan Wirata Berikan Bantuan Modal Usaha ke Keluarga Penjual Tapai Yang Penglihatannya Terganggu

Advetorial

Maraknya Prostitusi Online, LPAI Jambi Harap Para Orang Tua Selalu Mengawasi Pergaulan Anak

Advetorial

Gubernur Al Haris : Pendamping Haji Tugas Mulia

Advetorial

Jaga Kesehatan Dimasa Pandemi Covid-19, Personel Humas Polda Jambi Laksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani

Advetorial

Pipa Pertamina Bocor, Rumah Warga Digenangi Minyak Hingga Ke Belakang Rumah