Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 16:59 WIB

Pantau Karhutla, Kodim 0415/Jambi Terjunkan Personilnya Untuk Melakukan Patroli

Kodim Jambi- Provinsi Jambi memiliki hutan yang luas sebagai salah satu sumber kekayaan alamnya, termasuk memiliki lahan gambut terluas ke-3 di Sumatera. Dengan luasnya hamparan lahan tersebut berpotensi pada seringnya terjadi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) jika memasuki musim kemarau.

 

Tidak heran jika kekhawatiran dan kritik selalu dilayangkan kepada pemangku kebijakkan (stakeholder) atas kebijakkan dan strategi penanganan dan antisipasi karhula, sehingga karhutla dapat diminimalisir ataupun diantisipasi agar tidak terjadi.

 

Seperti kita ketahui bahwa kebakaran hutan dan lahan gambut bisa terjadi karena faktor alam seperti sambaran petir. Namun seringkali kebakaran itu juga terjadi akibat ulah manusia.

 

Karhutla berdampak buruk bagi lingkungan dan makhluk hidup disekitarnya. Tidak terbatas berdampak pada kesehatan saja, akan tetapi sektor ekonomi, kerusakan lingkungan dan dapat mengganggu stabilitas negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

BACA LAINNYA  Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Muaro Jambi Di Hadiri Sekda Budhi Hartono.

 

Berbagai ragam upaya penanganan hingga penangkapan dan pemberian sanksi hukuman bagi mereka yang terbukti dengan sengaja melakukan pembakaran untuk membuka lahan, masih belum memberikan efek jera sama sekali. Bahkan masyarakat terkesan mengabaikan himbauan tersebut dengan cara membakar lahan secara sembunyi-sembunyi.

 

Untuk menekan potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Kodim 0415/Jambi bergerak secara aktif melakukan pemantauan dengan menerjunkan personilnya untuk melakukan patroli rutin di titik-titik rawan kebakaran.

 

Seperti patroli yang dilakukan oleh personil dari Koramil 415-04/Ma Bulian dilokasi rawan kebakaran pada areal lahan konsesi PT. Berkat Sawit Utama (PT.BSU) dan PT. Restorasi Ekosistem Indonesia (PT.REKI) di Desa Bungku Kec. Bajubang Kab. Batanghari, Sabtu (12/08/2023).

 

BACA LAINNYA  Terkait Pengamanan Pemilu 2024 Mendatang, Polda Jambi Gelar Tactical Floor Game di Mako Brimob

Memberikan penyuluhan, himbauan dan edukasi kepada masyarakat yang tinggal di dekat hutan menjadi agenda rutin tim patroli ini. Hal ini untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian mereka akan kebakaran hutan dan lahan yang berdampak buruk bagi banyak pihak.

 

Kami ajak dan kami berdayakan aparat Desa serta masyarakat sekitar hutan konsesi untuk sama-sama melakukan patroli. Rasa memiliki kawasan hutan dengan segala dampaknya menjadi topik penyuluhan dan himbauan bagi kami, ujar Peltu Abdullah Khairi personil Koramil 415-04/Ma Bulian.

 

“Ketidaksadaran masyarakat bisa menjadi kecerobohan yang menyebabkan hal fatal seperti karhutla. Untuk itu perlu memberikan peringatan agar tidak sembarangan membakar sampah atau membuang puntung rokok disekitar hutan, apalagi saat angin kencang di musim kemarau seperti saat ini.” tambahnya.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

KPU Tanjab Barat Tetapkan Jumlah Pemilih pada Pemilu Serentak 2024

Berita

Tgk. Yunus Mengucapkan Terimakasih Kepada Pemerintah Aceh Yang Telah Memperhatikan Tenaga Honorer 

Berita

Fun Run Polda Jambi Hari Bhayangkara, Kasrem 042 Gapu Turut Olahraga Bersama dan Serahkan Hadiah ke Pemenang

Berita

Sebanyak 15 Orang dan 229,41 Gram Sabu Diamankan Polres Sarolangun Saat Operasi Antik 

Berita

Dir Pol Airud Polda Jambi Pimpin Tabur Bunga Di Sepanjang Perairan Sungai Batanghari

Berita

Kapolres Merangin Pimpin Sertijab Kapolsek Muara Siau

Berita

Bersama Bupati, Kapolres Muaro Jambi Gelar Rakor Vaksinasi Serbu Desa 

Berita

Penyaluran Air Bersih ke Masyarakat Dipimpin Langsung Irjen Pol Rusdi Hartono, Masyarakat: Terima Kasih Pak Kapolda