2 Pelaku Penipuan Dengan Modus Jual Kendaraan di FB Berhasil Dibekuk Polisi Perkuat Humas, Dirjenpas Luncurkan Grand Strategy Komunikasi Humas Pemasyarakatan dan 50 UPT Percontohan Pimpin Upacara Hari Pahlawan, Danrem 042/Gapu : Jadikan Momentum Hari Pahlawan Untuk Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Kapolsek Bahar Selatan dan Sungai Gelam Polres Muaro Jambi Dimutasi Jalan Poros Sungai Bahar Rusak Parah, Masyarakat Minta Pemerintah Segera Perbaiki

Home / Berita / Hukrim

Rabu, 25 Mei 2022 - 09:24 WIB

Pengadilan Tipikor Jambi Gelar Sidang Pemasangan Air Bersih Di Tanjabbar

Bidik Indonesia News, Jambi – Pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor) Jambi menggelar sidang perkara tindak pidana korupsi pada proyek pengadaan dan pemasangan air bersih di Kabupaten Tanjungjabung Barat. (Tanjabbar) dengan empat terdakwa yang merugikan negara senilai Rp10 miliar pada tahun anggaran 2014.

Sidang yang dipimpin majelis hakim Pengadilan Tipikor Jambi, yang diketuai Yandri Roni dan anggota Yofostia dan Benard Sihombing dengan Jaksa penuntut umum Feryando dan Aidil Raya, Rabu dengan agenda pemeriksaan saksi sebanyak tujuh orang untuk keempat terdakwa David Sihombing, Adrianus Utama Suwandi, Ir. Fatmayanti (Alm) dan Yalmeswara (Alm).

Proses persidangan digelar dengan pemeriksaan tujuh orang saksi atas nama Colombanus Priardianto, Sebastianus Guhi Huler, Danny Mustari Setia Budhi, Paulus Johansyah Burhan, Muhammad Sachri Wiradinata, Darmadji, Suhartoyo.

BACA LAINNYA  Peringatan Hari Pahlawan 2022, Kabinda Jambi : Pahlawanku Teladanku

Dalam persidangan saksi terungkap bahwa terdakwah David Sihombing sebagai PPK, Adrianus Utama Suwandi, Fatmayanti dan Yalmeswara (rekanan) telah mengetahui, menyadari adanya pengalihan seluruh pekerjaan pengawasan pembangunan sarana air bersih di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tanjungjabung Barat 2014.

Dari saksi Fatmayanti selaku Direktur Utama PT Multi Karya Interplan Konsultan sebagai penyedia pekerjaan pengawasan kepada saksi Yalmeswara selaku Direktur CV Siola Yasatama Consultans sebagai konsultan perencana sekaligus pelaksana sebagian pekerjaan fisik yang bukan rekanan pemenang lelang atas paket pekerjaan pengawasan tersebut.

Atas perbuatan mereka negara dirugikan senilai Rp10,02 miliar dan keempat terdakwa dikenakan dakwaan pasal 3 Jo Pasal 18 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP.

BACA LAINNYA  Satresnarkoba Polresta Jambi Amankan Dua Pelaku Pengedar Pil Ekstasi dan Sabu

Selanjutnya dalam pembayaran prestasi pekerjaan yang dibayarkan kepada PT Maswandi selaku Penyedia terdapat pembayaran melebihi pekerjaan yang terpasang, sehingga bertentangan dengan Perpres No. 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah beserta perubahannya Pasal 87 ayat (3) penyedia barang/jasa dilarang mengalihkan pelaksanaan pekerjaan utama berdasarkan kontrak, dengan melakukan subkon kepada pihak lain, kecuali sebagian pekerjaan utama kepada penyedia barang/jasa spesialis,

Atas pembayaran untuk pekerjaan konstruksi dilakukan senilai pekerjaan yang telah terpasang dan atas perbuatan keempat terdakwa tersebut memperkaya diri terdakwa sendiri atau orang lain dan akhirnya mengakibatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp 10.022.989.390,49. (Tim) 

Share :

Baca Juga

Berita

Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2021, Kapolres Pekalongan Ingatkan Personil Untuk Bersikap Simpatik Dan Humanis

Berita

Vaksinasi Mobile Polres Muaro Jambi, Turut Berikan Doorprize dan Sembako

Berita

Di Kabupaten Kerinci, Kapolda Jambi Sambangi Mako Brimob Kompi 3 Batalyon B Pelopor 

Hukrim

Usai Diperiksa KPK, Komisaris PT Angkasa Indah Bungkam

Berita

Danrem 042/Gapu Resmikan Dua Koramil Di Wilayah Kabupaten Kerinci

Berita

Surat LSM BidiK Indonesia di Palsukan, Ketua Umum LSM Bidik Indonesia Angkat Bicara

Berita

Warga Ramai-ramai Tangkap Ular Piton Yang di Duga Memangsa IRT

Berita

Demi Biaya Persalinan Pasangan Suami Istri Lakukan Aksi Curanmor.