Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Kamis, 26 Oktober 2023 - 18:44 WIB

Raih Penghargaan Kategori Inovasi Layanan Kekayaan Intelektual, Kanwil Kemenkumham Jambi Siap Sukseskan Tahun Indikasi Geografis Tahun 2024

Jakarta – Kepala Kantor Wilayah, Kementerian Hukum dan HAM Jambi, M. Adnan didampingi Plt.Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Arif Sumarsono, Kepala Sub Bidang Kekayaan Intelektual, Haranova, hadiri kegiatan Penutupan Tahun 2023 sebagai tahun Merek, dan Penetapan Tahun 2024 sebagai Tahun Indikasi Geografis (IG), di Lapangan Merah Kemenkumham, Jakarta, Rabu (25/10).

 

Penutupan Tahun Merek digelar dengan kegiatan Merek Festival 2023 yang berlangsung pada tanggal 23 s.d 25 Oktober 2023. Kegiatan yang bertema “Cinta Lokal Sentuhan Global: Merek Kita, Cerita Kita Bangga di Panggung Dunia”. Pada kegiatan ini DJKI telah melibatkan banyak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah yang telah memiliki merek, produk merek kolektif, dan produk indikasi geografis dari beberapa wilayah di Indonesia.

 

Setibanya di Lapangan Merah Kementerian Hukum dan HAM RI, KaKanwil beserta jajaran langsung mengunjungi stand pameran produk lokal setiap Provinsi. Kakanwil Kemenkumham Jambi juga mengunjungi stand dari Kanwil Kemenkumham Jambi yang menyediakan produk produk unggulan yang sudah memilik IG dari Provinsi Jambi.

BACA LAINNYA  Kapolri Naik Heli Pantau Langsung Arus Mudik di Jalan Tol dan Arteri

 

Sejauh ini, produk indikasi geografis yang sudah terdaftar di DJKI berjumlah 138 produk, di antaranya terdiri dari 15 produk dari luar negeri dan sisanya dari produk lokal. Produk indikasi geografis Indonesia didominasi kopi-kopian.

 

Dalam kesempatan ini, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna juga memberikan Anugerah Menteri Hukum dan HAM untuk IP Award for Local Brand dan IP Award for Rakor. Kanwil Kemenkumham Jambi meraih penghargaan dalam kategori Penghargaan Inovasi Layanan Kekayaan Intelektual di Daerah Tahun 2023 berupa Aplikasi Layanan Konsultasi Kekayaan Intelektual berbasis Android (LAKUIN). Penghargaan diberikan secara langsung oleh Menkumham Yasonna kepada Kakanwil Kemenkumham Jambi, M.Adnan.

 

Menkumham mengucapkan selamat kepada seluruh Kantor Wilayah yang telah mendapatkan penghargaan, Menkumham juga berpesan agar selalu meningkatkan kinerja terbaik dalam bidang Kekayaan Intelektual.

 

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, resmi mencanangkan 2024 sebagai Tahun Indikasi Geografis. Pencanangan ini merupakan upaya Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mempromosikan produk unggulan daerah.

BACA LAINNYA  Service Motor Di Yamaha Flagshipshop Jambi Selama Ramadhan Berhadiah Sembako

 

“Pencanangan ini juga sebagai upaya melindungi produk-produk unggulan tersebut dari penyalahgunaan atau pemalsuan, serta mempromosikan produk-produk unggulan daerah yang merupakan bagian dari identitas budaya dan alam. Pencanangan ini juga merupakan penghargaan terhadap keragaman kreativitas masyarakat untuk mengolah, mengembangkan keunikan dan ciri khas yang dimiliki wilayah yang layak untuk dihargai dan dipromosikan” ujar Yasonna pada Penutupan Tahun Tematik Merek 2023 dan Pencanangan Tahun Tematik Indikasi Geografis 2024 pada Rabu, 25 Oktober 2023 di Lapangan Kemenkumham, Kuningan, Jakarta Selatan.

 

Tahun depan, sebagai program unggulan, DJKI akan menyelenggarakan program Geographical Indication Goes to Marketplace, di mana program tersebut bertujuan untuk memberikan peningkatan kapasitas dan peran pemilik indikasi geografis dalam melakukan promosi dan komersialisasi produk indikasi geografis yang memiliki target akhir berupa pemasaran pada marketplace. (Humas)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Pemberhentian Aktivitas Angkutan Batubara di Perpanjangan Hingga 15 Oktober 2022 , Dirlantas Polda Jambi Kembali Surati Kementerian ESDM

Berita

Jelang Idul Fitri 1444 H Kadivas Kemenkumham Jambi Sebut Pegawai Lapas Tidak Ada Cuti, Ini Penyebabnya

Berita

Bukannya Disayangi, Ayah Sambung Aniaya Anak Berkebutuhan Khusus di Kota Jambi

Berita

Jum’at Curhat Polda Jambi Dengarkan Keluhan dan Masukan Para Youtuber dan Konten Kreator

Berita

Tinjau Lokasi Kebakaran, Ketua DPC Partai Demokrat Berikan Bantuan

Berita

Korem 042/Gapu Kerahkan 2 SST Bantu Evakuasi Rombongan Helikopter yang Membawa Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Hutan Desa Tamiai

Berita

Gubernur Jambi Disurati Kementerian ESDM Minta Buka Kembali Aktivitas Angkutan Batubara di Jalan Nasional, Ini Alasannya

Berita

Dokkes Polres Kerinci Cek Kesehatan Personel Yang Terlibat Siaga Bencana Banjir