Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Kamis, 22 Juni 2023 - 10:38 WIB

Anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng, Buka Workshop Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik

JAMBI – Dalam kunjungannya ke Provinsi Jambi, Anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng, hadir dan membuka langsung kegiatan Workshop Pendampingan Daerah Program Penilaian Penyelenggaraan Pengawasan Publik di Provinsi Jambi. Di kegiatan ini, ia juga memberikan arahan kepada peserta workshop yang terdiri dari perwakilan Pemerintah Daerah se-Provinsi Jambi.

 

Dalam kesempatan itu Robert mengapresiasi pencapaian yang dilakukan oleh Pemda pada Penilaian Pelayanan Publik 2022 lalu yang rata-rata meraih Zona Hijau. “Hasil penilaian itu sangat fantastis karena mayoritas hijau. Saya yakin ini berangkat dari kesedaran bersama akan pentingnya pelayanan publik,” ujarnya pada 22 Juni 2023 di Aston Hotel, Jambi.

BACA LAINNYA  Kapolresta Jambi Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kasat Narkoba dan Kasat Binmas 

 

Robert menjelaskan bahwa pelayanan publik merupakan bukti kehadiran pemerintah di tengah masyarakat. Karena yang diperlukan masyarakat dari pemerintah adalah ketika masyarakat membutuhkan layanan kesehatan, pendidikan, dan layanan dasar lainnya.

 

“Seluruh pekerjaan birokratis yang kita lakukan itu hanya untuk keperluan kita saja. Sedangkan yang utama dan dirasakan masyarakat adalah pelayanan publik,” jelas Robert.

 

Selain itu, Robert juga menyampaikan bahwa pelayanan publik juga sangat politis karena hal tersebut merupakan mandat dari rakyat. Posisi sebagai aparatur negara adalah membayar mandat tersebut dengan pelayanan publik yang baik.

BACA LAINNYA  Jelajahi Negara Asia Tenggara Bersama Cakra Bramastra Tour and Travel, Rasakan Kenyamanan Luar Biasa

 

Lewat Penilaian pelayanan publik ini lah, imbuhnya, Ombudsman memberikan rapor penilaian kepada Presiden maupun masyarakat, hasil dari reformasi birokrasi di bidang pelayanan publik.

 

“Yang kita nilai tidak hanya hasil pelayanan saja, tapi juga bagaimana perencanaan pelayanan publik dibuat, seperti apa pelayanan disampaikan, hingga apa tanggapan masyarakat terhadap layanan tersebut,” terang Robert.

 

Untuk itu lewat workshop ini Robert berpesan kepada peserta agar apa yang didapat bisa dibagikan ke masing-masing penyelenggara layanan di daerah dan diterapkan.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Operasi Lilin Siginjai 2021, Polda Jambi Terjunkan 2849 Personel Gabungan   

Berita

Terbesar, Polresta Jambi Ungkap 52,4 Kilogram Sabu Jaringan International dari Malaysia

Berita

Peringati HUT IKWI ke 62 Ini Harapan Ketua IKWI Provinsi Jambi

Berita

Masuk Daftar Lima Polda Terbaik se Indonesia, Polda Jambi Akan Terima Kunjungan Kompolnas

Berita

Presiden Ingatkan BPKH Profesional, Akuntabel, dan Hati-Hati Kelola Dana Umat

Berita

Kodim 0415/Bute Lakukan Penanaman Pohon Serentak di Wilayah Kodam II/Sriwijaya

Berita

Peringati Hut Bhayangkara ke 76, Kapolda Jambi Pimpin Tabur Bunga Dimakam Pahlawan Satria Bhakti

Berita

Korem 042/Gapu Gelar Upacara Bendera 17-An, Irup Sampaikan Amanat Kasad