Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Senin, 22 Agustus 2022 - 08:05 WIB

Ada Apa… Upacara HUT RI Ke-77 di Nipah Panjang Tanpa UUD 45 dan Pancasila, Ini Klarifikasi Camat

Bidik Indonesia News, Tanjung Jabung Timur – Jambi, usai tidak digelarnya pawai pembangunan dalam memperingati HUT RI Ke-77, pemerintah Kecamatan Nipah Panjang kembali mendapat komentar kritikan di sosial media terkait tidak di bacakannya UUD 1945 dan Pancasila pada hari puncak upacara peringatan Kemerdekaan RI yang digelar dihalaman kantor camat Nipah Panjang beberapa hari yang lalu.

Kritikan yang dilontarkan oleh akun Facebook Ana’dara Ogie menuliskan, “Oke lah kalau tidak ada pawai.
Tapi yang lebih memprihatinkan pada saat pelaksanaan upacara, banyak yang dihilangkan, seperti tidak ada pembacaan UUD 1945, pembacaan Pancasila.
Apakah tidak penting lagi, dan kenapa para awak media tidak jeli akan hal itu, atau apa memang tidak perlu lagi, nilai-nilai kemerdekaan didepan anak sekolah jadi hilang, menerapkan nilai moral Pancasila agar mereka menghargai jasa para pahlawan tapi kenapa pada saat pelaksanaan upacara kemerdekaan malah nilai kemerdekaan jadi hilang, “tulisnya.

BACA LAINNYA  Dari RRT, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Riyadh

Komentar yang dilontarkan Ana’dara Ogie mendapat beragam tanggapan komentar pula dari berbagai akun Facebook lainnya, salah satunya dari akun Daeng Langi yang menuliskan, “upacara kenegaraan itu sudah aturan baku tidak dibuat-buat sesuai dengan alamat upacara, “tulisnya sambil mencantumkan emoji tertawa.

Melihat bermacam komentar di sosmed, dan agar asumsi tidak semakin meluas, awak Media coba mengkonfirmasi Camat Nipah Panjang Helmi Agustinus untuk mencari tahu kebenarannya.

Dalam sambungan handphone (21/8), Camat juga mempertanyakan akun Facebook atas nama Ana’dara Ogie dan berniat mencari tahu akun Facebook tersebut agar bisa diklarifikasi atas tulisan komentarnya.
Selain itu, Camat mengklarifikasi kepada awak Media bahwa tidak ada pelarangan melakukan peliputan pada upacara hari peringatan HUT RI, sedangkan untuk pembacaan Proklamasi Kemerdekaan tetap dilakukan. Akan tetapi, untuk pembacaan UUD 1945 dan Pancasila memang tidak dibacakan sesuai dengan juknis yang disampaikan dari pihak Kabupaten.
“Iya, Proklamasi tetap dibacakan, kalau UUD 1945 dan Pancasila didalam juknisnya memang tidak ada, “ujar Camat.

BACA LAINNYA  Kurun Waktu Januari - Oktober 2023 Unit Tipiter Sat Reskrim Polres Bungo Ungkap Sembilan Kasus Peti dan Menetapkan 19 Orang Tersangka 

Ren Up dari Kabupaten itu ada dikirimkan, kalau Proklamasi memang harus dibacakan karena hari proklamasi, kalau untuk UUD 1945 dan Pancasila dalam Ren Up tidak ada dibunyikan, itu dari Kabupaten dan tidak mungkin kami berani mengambil keputusan sendiri karena pada hari itu ada Forkpimcam, itu sudah dirapatkan dan itu aturan dari Kabupaten.
“Iya, di tatibnya memang tidak ada, itu perlu diklarifikasi, “jelas Camat.

Penulis : Doni Riyadi

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Kompak, Muhammadiyah Se-Jambi Akan Dukung Kadernya Yang Maju di Pemilu 2024, Termasuk Rocky Candra

Berita

Ditpolairud Polda Jambi Siagakan Personel S.A.R Dan Gelar Peralatan Siaga Bencana

Berita

BNNP Jambi Musnahkan Barang Bukti Sabu dan Ganja, Segini Jumlahnya

Berita

Pelaku Penusukan Nesraliani Akhirnya Menyerah Diri

Berita

Sembelih 10 Hewan Qurban, Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jambi Turut Berbagi ke Masyarakat Idul Adha 1444 H 

Berita

Peduli dalam Kebersamaan, Kodim 0416 Bute Santuni Anak Yatim Wujud Pererat Silaturahmi TNI dan Masyarakat

Berita

BREAKING NEWS : Tongkang Bermuatan Alat Berat Terbakar di Muara Kampung Laut Tanjab 

Berita

Gubernur Al Haris: Tingkatkan Iman dan Taqwa Selama Ramadhan Dengan Sholat Malam, Baca Al-Qur’an dan Perbanyak Sedekah