Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Sabtu, 4 November 2023 - 12:37 WIB

Anjungan Aceh Timur Siap Pamer Ragam Cagar Budaya Di PKA Ke – 8

 

Bidik Indonesia News, Banda Aceh – Dalam rangka menyukseskan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 Pemerintah Kabupaten Aceh Timur bakal mempromosi sebanyak 100 item cagar budaya.

 

“Promosi 100 item cagar budaya bagian penting untuk merawat budaya agar tidak

tidak terkikis ditelan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Suriadi, Sabtu 4 November 2023.

 

Suriadi mengatakan diantara mempromosikan ratusan ragam budaya itu Kabupaten Aceh kali ini juga memamerkan sebuah Kitab Suci Alqur’an tinta emas.

 

“Kitab suci Alquran ini dari daerah Lokop Kecamatan Serbajadi dengan lukisan ditengahnya sangat indah yang dikenal dengan puncok rumbong,” sebut Suriadi

BACA LAINNYA  Irjen Pol (Purn) Drs Muchlis, AS Mantan Kapolda Jambi Tutup Usia

 

Suriadi merincikan 100 item cagar budaya diantaranya bate ranup perak, cape kepala tali pigang, cerana buah, pistol marsose portigus abad 18, cerapam merantek bulat, cerapam merantek biasa, cirik panjang.

 

Selain mempromosi sebanyak 100 item dalam ajungan cagar budaya, Dekranasda juga menampilkan berbagai kerajinan tangan masyarakat seperti kain tenun, anyaman pandan, wadah batok, dan tikar. Selain itu, sesuai dengan tema rempahkan bumi pulihkan dunia juga memaerkan kulit maneh, kunyit dan lain-lain.

 

Dia berharap, seluruh masyarakat Aceh Timur khususnya mendukung dan menyukseskan PKA kali ini yang menjadi agenda 4 tahunan ini.

 

“Mari kita dukung PKA dan kita meriahkan dengan menghidupkan kembali adat budaya Aceh yang telah tertimbun lama, sehingga generasi Aceh ke depan mengetahui berbagai peninggalan keturunan Aceh masa lalu,” demikian tutup Suriadi.

BACA LAINNYA  Jaga Stabilitas Harga Dampak Kenaikan BBM, Ditreskrimsus Polda Jambi Kawal Operasi Pasar 

 

Sementara itu PJ. Bupati Aceh Timur Ir. Mahyuddin, M.Si ikut memantau langsung kesiapan anjungan Kabupaten Aceh Timur dalam mempersiapkan pameran di PKA tahun ini. Saat ke Anjungan ia juga turut ditemani PJ. Walikota Langsa Syaridin.

 

PJ Bupati Aceh Timur melihat stand ajungan Aceh Timur di Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 yang di gelar di Banda Aceh, Kamis (2/11/2023) Foto -Dinas Pendidikan Aceh Timur

 

Zainal Abidin pjt

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Danrem 042/Gapu Hadiri Acara Penganugerahan Gelar Adat Melayu Jambi

Berita

Irwasda Kunjungi Ombudsman Jambi; Berkomitmen Selesaikan Aduan Masyarakat

Berita

Korem 042 Gapu jadi Kodam Sakti Jambi, Ketua PWI Provinsi Jambi: Ini Langkah Strategis, dan Kita Siap Dukung 

Berita

Habib Luthfi Hadiri Maulid Akbar Harlah 1 Abad NU di Ponpes Sholeh Al-Mubarok Gemuruh

Berita

Kepala BNNP Jambi Apresiasi Masyarakat Atas Pengungkapan Kasus Sabu di Eks Lokalisasi Pucuk

Berita

RSUD Raden Mattaher Jambi Komitmen Samakan Pelayanan Pasien JKN dan Umum

Berita

OJK Luncurkan Roadmap Pengembangan dan Penguatan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) 2023-2028, Perkuat Pelindungan Konsumen dan Pembiayaan Produktif

Berita

Dihadapan Siswa Diktukba SPN Jambi, Kapolda Jambi Sampaikan Pesan Moral Ketika Bertugas