Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Minggu, 19 Maret 2023 - 14:59 WIB

ASDP Akan Alihkan Rute KMP Senangin Lingga ke Bengkalis, Bagaimana Nasib Rute Kuala Tungkal

TANJAB BARAT – Kementerian Perhubungan akan mengalihkan lintasan KMP Senangin yang sebelumnya melayani rute Batam-Jagoh-Kuala Tungkal ke rute Air Pulih-Sei Selari di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

 

Alas an alih lintasan ini dilakukan lantaran ASDP, pengelola kapal Roro, mengalami kerugian hingga Rp 3,5 miliar selama tiga tahun. Hal itu tertuang dalam Surat ASDP Nomor OP.001/19/III/ASDP-BTM/2023 tanggal 13 Maret 2023

 

Dengan pengalihan lintasan diharapkan kerugian yang dialami ASDP dapat diminimalisir.

 

Padahal Lintas Penyeberangan Telaga Punggur (Batam) – Dabok dan Dabok Kuala-Tungkal resmi menjadi lintasan Komersil pada 1 Janauri 2023 yang sebelumnya merupakan Lintasan Perintis.

 

Raja Firdiansyah, Kepala Bidang Perhubungan Darat, Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga mengungkapkan pihaknya mendapatkan surat dari ASDP tanggal 13 Maret 2023.

BACA LAINNYA  Rincian DPT & TPS Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi Untuk Pemilu 2024

 

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa pihak ASDP mengalami kerugian atas rute Batam-Jagoh-Kuala Tungkal.

 

“Untuk menutupi kerugian tersebut, ASDP memberikan dua opsi yakni penyesuaian harga (Tarif) dan subsidi dari pemerintah daerah,” ujar Raja seperti dilangsir goriau.com, Jumat (17/3/23).

 

Namun, kata Raja Firdiansyah Pemkab Lingga tidak dapat memenuhi permintaan subsidi ASDP karena kondisi keuangan yang tidak memungkinkan. Oleh karena itu, Dishub Lingga telah menyurati Dishub Provinsi Kepri untuk berkoordinasi terkait permintaan tersebut.

 

Menurut Raja Firdiansyah, rute Roro Batam-Jagoh-Kuala Tungkal merupakan rute vital yang harus tetap ada, karena pada rute ini distribusi barang kebutuhan pokok masuk ke Lingga.

 

Ia berharap koordinasi bersama Pemprov Kepri akan menemukan solusi agar rute kapal Roro Batam-Jagoh-Kuala Tungkal tetap berjalan.

BACA LAINNYA  Optimis Rebut Delapan Kursi di DPRD Kabupaten Muaro Jambi, Ivan Wirata Hantarkan Langsung Berkas Pencalonan Caleg Partai Golkar 

 

“Tentunya hal ini menjadi prioritas Dishub Lingga untuk segera diselesaikan,” imbuhnya.

 

Jika memang jadi dialihkan, lantas banagimana nasib rute roro Kuala Tungkal?

 

Terkait hal itu, Kadis Perhubungan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Syamsul Juharai, S.Sos mengaku telah menerima tembusan surat dari ASDP tersebut.

 

Syamsul menyebut Kabupaten Tanjab Barat memang tidak langsung terimbas tapi Provinsi Jambi dan beberapa daerah distribusi sayuran dan buah-buahan akan terhambat juga.

 

“Dimana selama ini rute kapal Roro Kuala Tungkal-Lingga-Batam bisa menghidupkan dan meningkatkan perekonomian Jambi dengan Kab. Lingga,” ujarnya. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Rangkaian HUT ke-44, Kapolres dan Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Tanjabbar Bagikan 400 Paket Takjil

Berita

Humas Polda Jambi Gelar Pelatihan Pengelolaan Website dan Media Sosial

Berita

Dandim 0415/Jambi, Anjangsana ke Jajaran Koramil Kab. Batanghari

Berita

Tingkatkan Sinergitas, Korem 042/Gapu dan Polda Jambi Gelar Apel Sinergitas

Berita

Kesepakatan 19 Mei 2021 dibatalkan, Ahmad Jafar Komitmen Bantu Kinerja Bupati Menyelesaikan Soal Tapal Batas

Berita

Percepat Pembangunan Infrastruktur, BPJN Jambi Rigid Beton Jalan Simpang Ahok Hingga Buper Sungai Gelam 

Berita

Kapolres Muaro Jambi Tinjau Vaksinasi Yang Digelar Bhayangkari Cabang Muaro Jambi

Berita

Survei Indikator: Kepercayaan Publik Terhadap Polri Bergerak Positif