Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Selasa, 6 Desember 2022 - 15:04 WIB

Bea Cukai Jambi Dorong Umkm Ekspor Pinang Ke Banglades

Bidik Indonesia News, Bea Cukai Jambi dukung kegiatan UMKM diakomodir melalui PT Batanghari Nusantara Indonesia mengekspor buah pinang perdana melalui pelabuhan Talangduku, Kabupaten Muaro Jambi ke Chitagong – Bangladesh sebanyak empat kontainer atau seberat 72 ton.

 

Pinang-pinang tersebut merupakan hasil produk UMKM masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang di dikumpulkan lalu di ekspor melalui PT Batanghari Nusantara Indonesia, kata

 

Kasubag Umum Kantor Bea Cukai Jambi Esther Ewita Ria Simanjuntak, di Jambi Selasa.

 

Pinang merupakan komoditi Jambi yang menempati urutan kedelapan tertinggi ekspor dengan nilainya sampai dengan Oktober lalu mencapai 67,98 juta dolar AS yang sangat mendukung perekonomian di Provinsi Jambi.

 

Selain itu pihak Bea Cukai juga mempunyai tim yang melakukan asistensi edukasi juga sebagai fasilitator serta asistensi kepada pelaku industri dan UMKM.

BACA LAINNYA  New Research Shows Big Opportunities for Small Businesses

 

“Jadi para pelaku UMKM pinang bekerjasama dan bersinergi dengan instansi terkait yang kemudian mengembangkan serta mengedukasi petani-petani dan peranan perusahaan dalam hal ini PT Batanghari Nusantara Indonesia yang kemudian mengekspor hasil pinang itu,” kata Eshter Ewita Ria Simanjuntak.

 

Sementara itu Badan Karantina Pertanian Provinsi Jambi N Prayatno Ginting juga mengatakan pinang produk umum masyarakat Provinsi Jambi yang banyak ditemui di wilayah pesisir dimana masyarakat kita ini sejak dahulu sudah menanam pinang dan hanya kini bagaimana pasarnya bisa masuk ke luar negeri.

 

“Karena negara luar biasanya meminta dan menerima hasil yang bersih dari Jambi khususnya,” kata Prayatno Ginting.

 

Dari pihak Balai Karantina sendiri akan mengedukasi kepada seluruh pengusaha pinang, khususnya PT Batanghari Nusantara Indonesia pihaknya telah menyampaikan untuk memasukan ke laboratorium karantina sehingga hasilnya bersih dan siap dikirim ke luar.

BACA LAINNYA  Pelaku Perampokan Bersenpi Berhasil Diamankan Tim Resmob Ditreskrimum Polda Jambi

 

Sedangkan Kadis Dinas Perindag Provinsi Jambi Kemas Muhammad Fuad mengatakan, dengan data statistik yang ada pada November 2022 telah mengeskpor sebanyak 66 ribu ton dan hari ini pihak Bea Cukai dan Balai Karantina juga ada penurunan, tetapi penurunan ini karena kita tidak tahuan pasar disana namun tidak mengurangi.

 

Direktur Operasional PT Batanghari Nusantara Indonesia Abdullatif Syukri mengatakan, buah pinang yang mereka diekspor ada sebanyak empat kontainer dimana dua kontainer sudah di jalan dan dua kontainer baru segera kita ekspor lagi dimana satu kontainer seberat 18 ton itu baru perdana ke Chitagong, Bangladesh.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Hari Juang TNI AD Ke-78, Kodim 0416/Bute Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Berita

Tiba di Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono : Terima Kasih Doanya

Berita

Dirawat di RS Zainal Abidin, Tgk M Yunus Jenguk Eks Kombatan GAM Korban Laka Lantas

Berita

Hadiri Pelantikan Panitia Panwaslu, Kapolsek Maro Sebo: Semoga Pilkada Serentak Bisa Berjalan Aman dan Kondusif 

Berita

Cegah Tahanan Kabur, Kapolres Pekalongan Minta Lakukan Razia Ruang Tahanan Secara Berkala

Berita

Piala Bergilir Apdesi Cup 1 Aceh Timur Sukses, H Fachrul Razi Sumbang 15 Juta untuk Juara 1

Berita

Hati-hati Terjebak Macet, Ini Dia Tiga Titik Rawan Kemacetan di Provinsi Jambi

Berita

Pemerintah Luncurkan Perpres Tentang Stranas Bisnis dan HAM