Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Kamis, 18 Mei 2023 - 10:52 WIB

Cegah Terjadinya Karhutla, Kapolda Sumsel: Bersama Kita Bisa Mencegahnya

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru memimpin langsung Apel Kesiapan Personil dan Peralatan dalam rangka penguatan kapasitas kawasan untuk Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bertempat di Griya Agung Jalan Demang Lebar Daun Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang, Rabu (17/5/23).

 

Apel Kesiapan Personil dan Peralatan turut dihadiri Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo, Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ir. H. Mawardi Yahya, Kapol Irdam II/Swj Brigjen TNI Heru Setio Paripurnawan, M.D.A. M.S.S., Kajati Sumsel Sarjono Turin SH., MH, Ketua DPRD Provinsi Sumsel Ibu Anita.

 

Disampaikan Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam amanatnya menyebutkan keberhasilan penurunan titik hotspot pada tahun 2020, 2021 dan 2022 merupakan prestasi terbaik yang telah dilaksanakan oleh tim pengendalian kebakaran hutan dan lahan dengan Komandan Operasi Danrem 044/Garuda Dempo, dan tentunya juga dukungan dari semua pihak baik Provinsi terkait, TNI semua Matra dan Polisi Republik Indonesia.

BACA LAINNYA  Satresnarkoba Polresta Jambi Amankan Satu Pelaku Diduga Kurir Edarkan Narkoba di Penyengat Rendah 

 

Patut kita sadari dan syukuri keberhasilan itu juga tentunya karena didukung oleh kondisi kemarau kita yang normal dan cenderung basah sehingga walaupun kemarau masih terdapat hujan dan atau istilah BMKG hari tanpa hujannya pendek sehingga lahan kita tidak sampai kering dan mudah terbakar.

 

“Tahun 2023 Ini musim kemarau akan ekstrem atau cenderung El Nino sehingga akan lebih kering, tentu ini harus menjadi perhatian serius agar kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan tidak sampai seperti kejadian pada tahun 2015.” ujarnya.

 

Peningkatan titik hotspot saat ini sudah kita rasakan berdasarkan laporan Dinas kehutanan, di Sumatera Selatan sampai dengan saat ini tidak tercatat pernah terjadi 355 titik hotspot, peningkatan ini sudah terjadi mulai bulan April sebanyak 227. Hotspot ini lebih tinggi dari rata-rata bulan April pada tahun-tahun sebelumnya walau kita tahu titik hotspot belum tentu juga terjadi kebakaran tetapi ini sudah menunjukkan indikasi adanya potensi terjadinya kebakaran hutan.

BACA LAINNYA  Warga desa Muaro ketalo kecamatan Tebo Ilir, Blokir Jalan Bagi Kendaraan PT Makin

 

Sementara itu Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo menyebutkan bahwa dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan perlu persiapan yang matang seperti Peralatan, kemampuan personel, metode cara bertindak dan dukungan anggaran masing-masing instansi perlu disinergikan agar dapat dicapai suatu tindakan yang efektif.

 

” Sinergitas antara Polri, TNI, Pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam mencegah terjadinya Karhutla, ” ungkapnya.

 

Jenderal Bintang Dua tersebut juga menambahkan semua peralatan yang didukung kemampuan taktis teknis personel yang tinggi, tidak berarti bilamana api sudah membesar.

 

” Sosialisasikan pencegahan terjadinya Karhutla, tingkatkan deteksi adanya api, dan padamkan sejak api masih kecil,” lanjutnya.

 

Dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan tidak bisa bekerja sendiri namun perlu adanya dukungan dari semua pihak, intinya bersama kita bisa mencegah Karhutla, tutup Kapolda Sumsel. (VRz)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Tokoh Muda Kota Tanjungpinang Bersyukur Atas Putusan MK Tolak Perkawinan Beda Agama

Berita

Satu DPO Tahanan Yang Kabur, Tertembak Mati Oleh BNNP Saat Hendak Melakukan Perlawanan

Berita

TNI Gadungan Diamankan Polres Kerinci Punya Kaos Korem 042 Gapu

Berita

Dengarkan Keluh Kesah Sopir Batubara, Ini Harapan Ivan Wirata

Berita

Kemenkumham Riau Rayakan HDKH 2022 Dengan Gowes dan Jalan Santai

Berita

Dipimpin Presiden RI, Upacara Trandisi Hari Bhayangkara ke 77 Diikuti Kapolda Jambi dan Jajaran

Berita

Ketua Panwaslu Bahar Selatan Lantik PPKD Kecamatan 

Berita

Edi Purwanto Terima Audiensi Masyarakat Pematang Bedaro Soal Konflik Lahan