Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Senin, 19 Juni 2023 - 21:38 WIB

Dialog Publik Jurnalistik, Petisi Wartawan Kepri Ditanda Tangani

Tanjungpinang – Kegiatan Himpunan Wartawan Daerah (HiWaDa) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), yang diberi nama “Rembuk Wartawan Kepri Dalam Dialog Publik Jurnalistik Tahun 2023” di hotel Pelangi Tanjungpinang (19/06/2023), usai sudah.

 

 

Acara tersebut terbilang sukses. Meskipun hanya puluhan orang pekerja Pers yang hadir, tapi suasananya tampak serius. Apalagi yang disoroti justru tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang terjadi di lingkungan pemerintahan yang ada di Provinsi Kepri ini. Sesuai rencana, acara tersebut akan dihadiri H. Ansar Ahmad SE, MM, Gubernur Provinsi Kepri.

 

Namun lantaran padatnya jadwal kerja, membuat orang nomor satu di Provinsi Kepri ini tak bisa menghadirinya. Tapi, pemerintah Provinsi Kepri tetap mengirim Trio Handana, Kabid Informasi di dinas Kominfo Kepri sebagai utusan.

 

Acara yang dimotori organisasi HiWADa Kepri ini, dipimpin Erfan Indriayawan, Sp, ketua umum HiWaDa Kepri. Disampaikannya, “kami sangat berterimakasih kepada rekan-rekan maupun kepada utusan dari Kominfo Kepri yang telah bersedia menghadiri acara ini. Kami dari HiWaDa Kepri mengajak rekan-rekan wartawan untuk membahas tentang keterbukaan informasi di semua pemerintahan di Provinsi Kepri ini, “kata Erfan.

 

Pantauan kami, lanjutnya. Memang ketebukaan informasi di daerah ini cenderung tak difungsikan. Padahal, informasi sangat diperlukan di tengah-tengah masyarakat. Jika suasana seperti ini masih berkelanjutan, ada baiknya dilaporkan saja ke Komisi Informasi (KI). Agar para pejabat yang tak peduli dengan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), bisa memahaminya. Karena, bagi siapa saja yang mengabaikan undang-undang nomor 8 tahun 2014 tentang KIP, bisa berujung ke hukum Pidana, “katanya tegas.

BACA LAINNYA  Dandim : Semua Prajurit Wajib Ikut Garjas Termasuk yang akan Naik Pangkat

 

Usai Erfan menyampaikan uraiannya, dilanjut dengan salah seorang rekan wartawan lainnya bernama Anton. Mengingat bobroknya kondisi Keterbukaan Informasi Publik di lingkungan pemerintah daerah ini, mengundang sejuta tanya di benaknya. Anton menyampaikan, “terus terang saya sangat mengapresiasi acara ini. Dan jujur saya sampaikan, baru tadi pagi saya tau ada acara ini. Jadi, saya rasa acara seperti ini memang sangat diperlukan. Terlebih buat acara hari ini yang dihadiri pejabat dari Diskominfo Kepri, “ujarnya.

 

Masih menurut Anton. “Menanggapi apa yang disampaikan Erfan dengan lugas, gamblang dan blak-blakan, saya menilai, sama dengan apa yang pernah dialami oleh salah seorang rekan kita beberapa waktu lalu. Rekan kita itu justru menang melawan Pemerintah Kota Tanjungpinang terkait Keterbukaan Informasi Publik. Jadi saya menilai, jika semakin banyak sorotan ataupun tuduhan, terkait Keterbukaan informasi, tentu saja memperbesar peluang untuk menggiring persoalan ini ke Komisi Informasi, “tutur Anton.

 

Masih menurut Anton. Soalnya, masih ada pejabat yang enggan merespon konfirmasi yang disampaikan oleh rekan-rekan media. Bukan hanya itu. Saya juga pernah ditanya oleh pejabat Inspektorat Kepri, terkait besaran anggaran kerjasama Diskominfo Kepri dengan sejumlah media. Herannya, mengapa pejabat tersebut menanyakan hal itu kepada saya. Padahal, mereka bisa langsung menanyakannya ke Diskominfo. “beber Anton dari media jurnalterkini.id dengan lantang.

 

Sementara dalam paparannya, Trio Handana menyampaikan, “pertama-tama saya mengucapkan terimakasih, karena diberi kesempatan untuk menanggapi apa yang disampaikan terkait kerjasama di Dinas Kominfo. Sebenarnya, saya kaget mendengar pertanyaan-pertanyaan seperti ini. Karena, saya datang diamanahkan oleh pak Kadis, “ujarnya.

BACA LAINNYA  Penutupan Open Turnamen Voli dan Pemberian Hadiah: Dalam Rangka HUT ke-3 Media deteksijambi.com Berjalan Sukses 

 

Tadi, lanjutnya. Saya sudah mendengar apa yang disampaikan bang Anton, begitu juga dengan apa yang disampaikan bang Erfan. Nantinya, akan saya sampaikan kepada pak Kadis. Dan kami akui, bahwa masukan-masukan seperti ini memang sangat kami butuhkan. Dan apa yang disampaikan tadi, merupakan suatu pembelajaran. Dan juga saya punya keyakinan, bahwa tidak ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan, “tambahnya.

 

Masih menurut Trio. Yang penting, kita lakukan komunikasi. Dan ke depannya, kami akan memberi informasi-informasi. Tentunya yang bisa saling membantu diantara kita. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan. Dan apa yang disampaikan tadi, merupakan PR (pekerjaan rumah-red) bagi kami. Terkait sejumlah pertanyaan yang disampaikan Inspektorat itu kepada media, merupakan pertanyaan yang pertama dan yang terakhir, “beber Trio di hadapan sejumlah wartawan yang hadir.

 

Sementara di luar acara, seorang pekerja Pers lainnya yang tampak sedang beristirahat mengatakan, “acara seperti perlu ditindaklanjuti bang. Artinya, pemerintah daerah harus rutin membuat program seperti ini. Apakah itu sebulan sekali, atau dua bulan sekali. Karena, hal seperti ini bisa menciptakan silaturahmi antara pemerintah dengan perusahaan Pers, “ujarnya di luar acara dengan senyum sumringahnya. (Red).

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Sembari Patroli Dialogis, Personil Ditpolairud Polda Jambi Turut Bagikan Takjil Jelang Buka Puasa ke Nelayan Perairan Nipah Panjang 

Berita

Satresnarkoba Polresta Jambi Kembali Amankan Dua Pelaku dan Barang Bukti Sabu

Berita

Ditreskrimum Polda Jambi Beserta Polres Muaro Bungo Berhasil Membekuk Pelaku Pencurian Uang Nasabah Bank

Berita

Jum’at Curhat Bersama Awak Media, Kapolres Tanjab Timur: Pers dan Polri Terus Bersinergi

Berita

Ini 2 Tampang dari 3 Pelaku Narkoba yang Kabur Saat Digerbek di Gubuk Kosong

Berita

Dibackup Polres Merangin, Satpol PP Tertibkan dan Segel Tempat Hiburan Malam

Berita

Polsek Jambi Selatan Berhasil Meringkus 2 Pelaku Pencurian Baterai Tower Milik PT. Indosat Ooredoo Hutchison

Berita

Ditlantas Polda Jambi Tindak Kendaraan Angkutan Batu bara Yang Melintas di Jalan Umum Tanpa Izin Operasi