Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Jumat, 21 Oktober 2022 - 16:10 WIB

Diskusi Penataan Angkutan Batubara, Dirlantas Polda Jambi Ingatkan Terkait Kuota Tambang Sesuai Kelas Jalan dan Daya Tampung 

Bidik Indonesia News, JAMBI – Pemerintah Provinsi Jambi menggelar diskusi penataan terkait angkutan batubara yang dihadiri langsung Gubernur Jambi DR H Al Haris, Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi dan para pengusaha tambang Batubara, Jum’at (21/10/22) bertempat di Hotel BW Luxury.

 

Dalam sambutannya Gubernur Jambi Al Haris mengatakan saat ini dari data yang disampaikan BPS bahwa ada perlambatan pertumbuhan ekonomi di Jambi.

 

“Dan sektor yang masih bagus di sektor Pertambangan dan CPO,” katanya.

 

Adanya batubara di Jambi merupakan anugerah, karena tidak semuanya Provinsi di Indonesia mempunyai batubara diwilayahnya.

 

“Alhamdulillah Jambi masuk 5 besar yang ada batubara, tetapi anugrah yang diberikan untuk warga Jambi dan Indonesia. Tentunya ini harus dikelola dengan baik,” kata Gubernur.

 

Orang nomor satu di Provinsi Jambi itu juga meminta Kadishub minta no lambung dan non BH agar diterapkan.

BACA LAINNYA  Ratusan Warga Terdampak Banjir, Babinsa Koramil Telanaipura Gerak Cepat Evakuasi Warga

 

Sementara itu, Dir Lantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi menyebutkan terkait kuota tambang harus sesuaikan kelas jalan dan daya tampung atau kemapuan pelabuhan dalam bongkar muat di pelabuhan.

 

” Harus disesuaikan karena jika tidak sesuai maka akan terjadi kemacetan,” ujarnya.

 

Tidak hanya itu, Faktor penyebab semua masalah di jalan, ya jalan rusak, kemacetan ya kecelakaan.

 

Dir Lantas menambahkan, solusi yang kita berikan diantaranya adalah :

 

1. Kita pasang cctv ,

2. Penempatan personel

3. Tanggung jawab stakeholder sesuai tupoksinya masing masing.

4. STOP & GO TIME 2. MANAGEMENT..( Pengaturan jam operasional buka dan tutup mobilisasi angk tambang )

5. Aplikasi Simpang Bara sebagai sarana kontrol jumlah angkutan batu bara dan akan di kembangkan dengan data valid kendaraan angkutan batu bara kedepan ( data plat bh dan non bh dalam waktu 1 bulan kedepan apabila aplikasi betul betul di fungsikan atau di terapkan baik di pintu tambang dan di pintu pelabuhan ).

BACA LAINNYA  Wakili Kapolda, Kabid Humas Hadiri Malam Apresiasi Seni Melayu Jambi

 

Selain itu, kita juga meminta kepada Dishub agar laksanakan penindakan tegas terkait parkir liar dan pengelolaan parkir karena kendali arus angkutan batu bara kepolisian sudah dan terus berbuat.

 

” Kalau semua pilar yang wenang tersebut saling support maka kemacetan angkutan batubara tidak akan terjadi lagi,” lanjut Kombes Pol Dhafi.

 

Intinya tujuan aplikasi Simpang Bara untuk mengumput data angkutan batubara yang keluar dari mulut tambang dan masuk ke pelabuhan bongkar muat ,sehingga sesuai dengan data keluar masuknya.

 

” Jika sesuai antara keluar dan masuk angkutan batubara maka tidak akan terjadi kemacetan dijalan, ” pungkas Kombes Pol Dhafi. (Dhea)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Bentuk Kepedulian, Kapolda Jambi Jenguk Korban Alami Luka Tembak saat Polisi Hendak Tangkap Pelaku Penyelundupan 3 Kilogram Sabu di Tanjab Barat 

Berita

Sekda Pimpin Rapat Pengamanan Malam Pergantian Tahun 2021 ke 2022

Berita

Maraknya Aksi Kejahatan Geng Motor, Tim Gabungan TNI & Polri Lakukan Sosialisasi Di RT 17 Kel. Thehok

Berita

Lapas Kuala Tungkal Usulkan 282 WBP Menerima Remisi Khusus Idul Fitri 2023

Berita

Sukses Dengan Single Pertama I Wanna Be Loved, Kini Safira Luncurkan Karya Terbaru Berjudul “YOURS”

Berita

Polsek Bathin VIII Peduli, Beri Santunan untuk Anggota KPPS yang Sakit Pasca Pemilu 2024

Berita

Jelang Kunker KASAD ke Korem 042 Gapu , Kedatangan Pangdam II Sriwijaya Disambut Brigjen TNI Supriono

Berita

Bersama Ormas dan LSM, Polda Jambi Kembali Gelar Jum’at Curhat