Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Kamis, 4 Januari 2024 - 21:48 WIB

Gubernur Al Haris: Gelar Adat Bentuk Apresiasi Terhadap Kontribusi Anak Negeri Jambi

Jambi – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos.,MH mengatakan bahwa gelar adat adalah sebuah apresiai terhadap kontribusi anak negeri dalam membangun Provinsi Jambi. Hal ini disampaikan Gubernur pada acara Pemberian Gelar Adat Melayu Jambi Kepada Tokoh Nasional RI, bertempat di Balairung Sari LAM Jambi Provinsi Jambi, Kamis (04/01/2024).

“Pada hari ini Lembaga Adat Melayu resmi memberikan gelar adat kepada datuk-datuk dan datin-datin yang dianggap telah memberikan kontribusi mengharumkan nama Provinsi Jambi di tingkat nasional.

Kemudian ada juga tokoh-tokoh Jambi yang sudah bekerja di Jambi dengan luar biasa memberikan tenaga dan pikiran untuk Jambi. Untuk itu ini sudah dikaji oleh Lembaga adat Melayu (LAM), saya hanya menyetujui tetapi ini sudah dikaji LAM Jambi,” ujar Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris mengatakan, Gelar adat ini adalah pendidikan bagi generasi mendatang supaya generasi yang akan datang tau akan adat dan budaya Jambi.

“Gelar adat ini merupakan sarana pendidikan untuk anak cucu kita. Ketika foto kita dipasang didinding suatu hari nanti, mereka akan bertanya hal tersebut dan mereka bisa mengetahui akan hal tersebut pak,” kata Gubernur Al Haris.

Lebih Lanjut Gubernur Al Haris menyampaikan ucapan selamat atas amanah yang diberikan kepada para Tokoh Nasional RI yang dianugerahi gelar adat Melayu ini, hal ini merupakan bentuk penghargaan lembaga adat kepada para tokoh nasional dan seseorang sebagai tanda pengakuan sebagai anggota masyarakat adat yang disesuaikan dengan karakter/kebiasaan/keahliannya dengan harapan dan doa sesuai dengan Gelar Adat yang diberikan.

BACA LAINNYA  Hari Pramuka ke 62, Kepala Basarnas Jambi Terima Tanda Penyematan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka Pancawarsa I

“Kita semua berharap kepada para Tokoh Nasional yang dianugerahkan gelar adat ini dapat lebih memperkuat hubungan emosional dan silaturahmi antara Para Tokoh Nasional, para pemangku adat Jambi dan Pemerintah Provinsi Jambi untuk selalu berkontribusi dalam memberikan sumbangan pemikiran, saran pendapat serta dedikasinya untuk membina dan mengembangkan nilai-nilai adat istiadat di Provinsi Jambi dalam upaya memperkaya, melestarikan, dan mengembangkan kebudayaan nasional dan daerah serta selalu mendoakan Provinsi Jambi agar menjadi provinsi yang aman, nyaman dan sejahtera baldatun thoyyibatun warobbun ghofur,” tutup Gubernur Al Haris.

Sebelumya, Ketua Umum LAM Jambi Provinsi Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA) dengan gelar Datuk Temenggung Jayo Diningrat mengatakan bahwa penganugerahan gelar adat ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Provinsi Jambi yang ke-67.

“Dan malam besok kami juga akan melaksanakan Do’a Tasyakuran yang menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT atas keberkahan yang diberikan selama ini, namun sekaligus mohon pengampunan kepada Allah SWT atas kesalahan dan kekhilafan baik yang disengaja maupun yang tidak sengaja. Semua itu dikemas dalam acara Sedekah Cuci Negeri,” kata HBA.

Sementara itu, Wakil Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Ir. H. Afriansyah Noor, M.Si., IPU dengan gelar Bandar Mudo Pengimbang Rajo menyampaikan ucapan terimakasih kepada LAM Jambi yang telah memberikan kepercayaan kepada tokoh-tokoh nasional Jambi untuk diberi gelar adat.

BACA LAINNYA  Tingkatkan Sinergisitas dan Jalin Silaturahmi, Kapolres Kerinci Silaturahmi ke Kejaksaan Negeri Sungai Penuh 

“Ini merupakan kehormatan bagi keluarga dan semua memaknai sama atas anugerah yang diberikan gelar hari ini sehingga ada tanggung jawab yang besar terhadap anak negeri untuk menyelesaikan semua permasalahan di Provinsi Jambi,” ujar Wamen.

Adapun nama-nama tokoh nasional yang diberikan gelar oleh LAM Jambi yaitu
1. Ir. H. Afriansyah Noor, M.Si., IPU dengan gelar BANDAR MUDO PENGIMBANG RAJO
2. Dr. Ir. H.A.R. Sutan Adil Hendra, M.M dengan gelar BANDAR MULIO UTAMO
3. H. A. Bakri HM, S.E dengan gelar BANDAR SUKO NEGERI
4. H. M. Syukur, S.H., M.H dengan gelar DEPATI SATRIO BUDAYO NEGERI
5. Dra. Hj. Elviana, M.Si diberikan Penganugerahan Karang Setio
6. Irjen Pol. Drs. Rusdi Hartono, M.Si dengan gelar DUBALANG SAKTI UTAMO
7. Irjen Pol. Drs. Armed Wijaya, M.H dengan gelar DUBALANG SETIO RAJO
8. Letjen TNI. H. Hilman Hadi, S.IP., M.Han dengan gelar HULUBALANG JAYO DILAGO
9. Letjen TNI. Dr. H. Sudirman, S.H., M.H., M.M dengan gelar HULUBALANG SETIO ALAM
10.Mayjen TNI. Muhammad Zamroni, S.IP dengan gelar HULUNALANG PASTI NEGERI
11. Mayjen TNI. Muhammad Zulkifli, S.IP, M.M dengan gelar HULUBALANG BETUAH NEGERI
12. Laksamana Muda TNI. Dr. H. Zali Limpo, S.H., M.H., CHARMP, M.Tr.Opsla dengan gelar DEPATI PANGLIMO CENDIKIO NEGORO
13. Mayor Jenderal TNI Supriono, S.I.P., M.M. dengan Gelar HULUBALANG SUKO NEGERI. (Waaly Arizona/Foto : Agus Supriyanto/Video : Ardi.S)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Berkunjung Ke Makorem 042/Gapu, Pangdam II/Sriwijaya Berikan Tali Asih Untuk Anak Yatim dan Stunting

Berita

Hasian Marbun : Kita Sangat Mendukung Kebijakan Pemerintah , Tapi Jangan Sampai Hak-hak Masyarakat Diambil

Berita

Polda Jambi Gelar Pisah Sambut Kapolda Dengan Forkopimda di Auditorium Rumah Dinas Gubernur

Berita

Surat Kementerian ESDM Tak Goyahkan Keputusan Gubernur Al Haris, Angkutan Batubara Sementara Tetap Lewat Sungai

Berita

Amelia Salon Berikan Pelatihan Tata Rias Kecantikan Di Kelurahan Beringin Kota Jambi 

Berita

Polres Kerinci Kembali Lakukan Aksi Perduli Di Bulan Ramadhan 

Berita

Irwasda Polda Jambi Pimpin Sidang Kelulusan Akhir Penerimaan Tantama Polri Gelombang II, 79 Orang Dinyatakan Lulus Terpilih

Berita

Kapolres Bungo Bersama Dandim Pimpin Patroli Skala Besar TNI-Polri Dan Satpol PP