Pria di Teluk Nilau Meninggal Gantung Diri di Kamar Mandi Tragis, Kecelakaan Tunggal di Kota Jambi 4 Orang Tewas Proses Autopsi Selesai, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia : Hasil Autopsi Dapat Diketahui 4-8 Minggu Kedepan Jelang Autopsi Ulang, Malam Ini Makam Brigadir Yosua Dijaga Ketat Polda Jambi Turunkan 330 Personel, Amankan Jalannya Autopsi Ulang Brigadir J




Home / Berita / Merangin

Minggu, 21 Agustus 2022 - 10:13 WIB

Ketua DPRD Merangin Minta Semua Pihak Sinergi Sikapi Masalah Peti

Bidik Indonesia News, MERANGIN – Ketua DPRD Merangin Herman Effendi mengajak semua pihak mulai dari Pemerintah Daerah, Eksekutif, Legislatif dan Penegak Hukum serta peran masyarakat dari semua elemen untuk bersama-sama bersinergi dan bekerja sama dalam menangani permasalahan penambangan emas tanpa izin (PETI) di Kabupaten Merangin.

 

PETI banyak menimbulkan dampak negatif, di antaranya berkaitan dengan kehidupan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Dari sisi lingkungan, PETI akan menimbulkan kerusakan lingkungan hidup, merusak hutan apabila berada di dalam kawasan hutan, dapat menimbulkan bencana lingkungan, mengganggu produktivitas lahan pertanian dan perkebunan, serta dapat menimbulkan kekeruhan air sungai dan pencemaran air.

BACA LAINNYA  Kapolda Jambi Hadiri Rakor Lanjutan Angkutan Batubara dan CPO

 

Terbukti di beberapa titik aktifitas PETI telah mengakibatkan adanya tanah longsor, abrasi wilayah daratan yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) telah merubah alur aliran sungai sehingga berdampak bagi topografi di wilayah tersebut serta kecelakaan kerja mengakibatkan korban jiwa.

 

Herman mengatakan, upaya dan kerja sama yang baik, penertiban dan pembinaan terhadap pelaku PETI sangat mungkin dan bisa dilakukan. Penindakan terhadap pelaku PETI sangat penting dilakukan sebagai efek jera, guna bersama-sama bergerak menyelamatkan “Bumi Tali Undang Tambang Teliti” Kabupaten Merangin dari PETI.

 

“Saya sangat berharap, penyelesian aktivitas PETI tersebut harus dengan solusi yang tepat dan terbaik, tanpa adanya konflik dan gesekan dari semua pihak yang terlibat,” ucap Herman, di Gedung DPRD Merangin.

BACA LAINNYA  Danrem 042/Gapu Pimpin Sertijab Kasrem, Kasilog dan Dandim 0416/Bute

 

Herman menambahkan, segala bentuk rancangan kegiatan yang akan dilakukan apabila melibatkan pihak legislatif tentu akan diberikan dukungan yang positif kepada pihak eksekutif dalam hal ini Bupati dan jajarannya.

 

“Dukungan ini saya utarakan kepada pihak eksekutif yakni Bupati Merangin dan Jajaran untuk menyelesaikan PETI di Kabupaten Merangin, tentunya solusi yang di ambil dapat menyelesaikan masalah “Win Win Solution” saling menguntungkan seluruh pihak baik warga masyarakat dan pemerintah setempat,” pungkas Herman. (Dhea)

Share :

Baca Juga

Berita

Mendagri Tito Karnavian dan Jaksa Agung ST Burhanudin Menerima Gelar Adat Melayu Jambi

Berita

Kapolres Pimpin Pembaretan Tradisi Penyambutan Bintara Baru 23 Personil.

Berita

­Satu Honda Revo Ditemukan di Sungai Desa Bandang, Dugaan Sementara Terlibat Ini

Berita

Kapolda Sulut Berikan Arahan Wawasan Kebangsaan

Berita

Pengembangan Kreativitas Ibu & Anak

Berita

Sukseskan GDPRR, Kapolri Siapkan Skenario Pengamanan Hingga Genjot Vaksin Booster di Bali 

Berita

Bupati Pelepasan, Kontingen POPDA (Pekan Olahraga Pelajar Daerah) Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2022

Berita

Upaya Penyelundupan Ganja di Lapas Kelas IIA Pekanbaru Digagalkan Petugas