Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Minggu, 21 Agustus 2022 - 10:13 WIB

Ketua DPRD Merangin Minta Semua Pihak Sinergi Sikapi Masalah Peti

Bidik Indonesia News, MERANGIN – Ketua DPRD Merangin Herman Effendi mengajak semua pihak mulai dari Pemerintah Daerah, Eksekutif, Legislatif dan Penegak Hukum serta peran masyarakat dari semua elemen untuk bersama-sama bersinergi dan bekerja sama dalam menangani permasalahan penambangan emas tanpa izin (PETI) di Kabupaten Merangin.

 

PETI banyak menimbulkan dampak negatif, di antaranya berkaitan dengan kehidupan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Dari sisi lingkungan, PETI akan menimbulkan kerusakan lingkungan hidup, merusak hutan apabila berada di dalam kawasan hutan, dapat menimbulkan bencana lingkungan, mengganggu produktivitas lahan pertanian dan perkebunan, serta dapat menimbulkan kekeruhan air sungai dan pencemaran air.

BACA LAINNYA  Dalam Bulan Agustus Ditresnarkoba Polda Jambi Berhasil Amankan 1,15 KG Narkotika Jenis Sabu

 

Terbukti di beberapa titik aktifitas PETI telah mengakibatkan adanya tanah longsor, abrasi wilayah daratan yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) telah merubah alur aliran sungai sehingga berdampak bagi topografi di wilayah tersebut serta kecelakaan kerja mengakibatkan korban jiwa.

 

Herman mengatakan, upaya dan kerja sama yang baik, penertiban dan pembinaan terhadap pelaku PETI sangat mungkin dan bisa dilakukan. Penindakan terhadap pelaku PETI sangat penting dilakukan sebagai efek jera, guna bersama-sama bergerak menyelamatkan “Bumi Tali Undang Tambang Teliti” Kabupaten Merangin dari PETI.

 

“Saya sangat berharap, penyelesian aktivitas PETI tersebut harus dengan solusi yang tepat dan terbaik, tanpa adanya konflik dan gesekan dari semua pihak yang terlibat,” ucap Herman, di Gedung DPRD Merangin.

BACA LAINNYA  Danramil 09/Telanaipura, Dampingi Dandim 0415/Jambi Gaungkan Gerakan Ayo Menanam

 

Herman menambahkan, segala bentuk rancangan kegiatan yang akan dilakukan apabila melibatkan pihak legislatif tentu akan diberikan dukungan yang positif kepada pihak eksekutif dalam hal ini Bupati dan jajarannya.

 

“Dukungan ini saya utarakan kepada pihak eksekutif yakni Bupati Merangin dan Jajaran untuk menyelesaikan PETI di Kabupaten Merangin, tentunya solusi yang di ambil dapat menyelesaikan masalah “Win Win Solution” saling menguntungkan seluruh pihak baik warga masyarakat dan pemerintah setempat,” pungkas Herman. (Dhea)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Laporkan Dugaan Korupsi Di Desa Tantan, Macab LMPP Muaro Jambi Datangi Kejari Muaro Jambi

Berita

Sambut HUT ke 77, Sat Brimob Polda Jambi Gelar Ziarah Rombongan ke Makam Pahlawan Satria Bhakti

Berita

Wujudkan Pelayanan Prima, Lapas Kelas IIA Jambi laksanakan Layanan Kunjungan dan Layanan Titipan Makanan

Berita

Danrem 042/Gapu Pimpin Laporan Korps Perwira dan Kenaikan Pangkat Bintara/Tamtama Periode 1 Oktober 2022.

Berita

Provinsi Jambi Salurkan Bantuan Pangan dari Pemerintah Pusat, Gubernur Al Haris : Ini Membantu Masyarakat

Berita

Lakukan Kunker ke Kodim 0416/Bute, Pangdam II/Sriwijaya Ingatkan Prajurit Jangan Terlibat Narkoba

Berita

Kapenrem 042/Gapu Hadiri Launching Studio Monitoring, Call Center dan Website KPID

Berita

33 Tahun Mengabdi Untuk Negeri, Alumni AKABRI 90 Bakti Sosial di Polres Aceh Timur