Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Selasa, 31 Januari 2023 - 19:20 WIB

Ketua Ombudsman RI Serahkan Rapor Penilaian Pelayanan Publik ke Pemda se-Provinsi Jambi

JAMBI – Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih, pada Selasa, 31 Januari 2023 menghadiri langsung Penganugrahan Opini Pengawasan Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik di Provinsi Jambi. Kegiatan ini merupakan puncak dari pelaksanan Penilaian Pelayanan Publik Ombudsman 2022. Dalam kegiatan ini diberikan rapor penilaian kepada setiap Pemda se-Provinsi Jambi.

 

Kegiatan Penganugrahan Opini Pengawasan ini dilaksanakan di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi. Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Jambi, Bupati dan Walikota Jambi, Kepala Perwakilan Ombudsman Jambi dan undangan lainnya.

 

Dalam kegiatan tersebut disampaikan juga hasil rangkuman hasil penilaian dari tiap-tiap daerah.

 

Untuk Pemerintah daerah se-Provinsi Jambi secara keseluruhan hasil penilaiannya yaitu:

1. Provinsi Jambi (89.62) Zona Hijau/Kualitas Tertinggi

 

Tingkat Kota:

1. Kota Jambi (89.59) Zona Hijau/Kualitas Tertinggi

2. Kota Sungai Penuh (86.05) Zona Hijau/Kualitas Tinggi

 

Tingkat Kabupaten:

1. Kabupaten Tebo (92.50) Zona Hijau/Kualitas Tertinggi

BACA LAINNYA  Diduga Untuk Menipu, Nomor WhatsApp AKBP Fitria Mega Beredar, Kapolres Tebo : Jangan Percaya dan Itu Bukan Saya

2. Kabupaten Batanghari (92.03) Zona Hijau/Kualitas Tertinggi

3. Kabupaten Tanjung Jabung Timur (87.43) Zona Hijau/Kualitas Tinggi

4. Kabupaten Kerinci (87.31) Zona Hijau/Kualitas Tinggi

5. Kabupaten Sarolangun (84.38) Zona Hijau/Kualitas Tinggi

6. Kabupaten Muaro Jambi (82.17) Zona Hijau/Kualitas Tinggi

7. Kabupaten Bungo (80.41) Zona Hijau/Kualitas Tinggi

8. Kabupaten Tanjung Jabung Barat (79.80) Zona Hijau/Kualitas Tinggi

9. Kabupaten Merangin (73.88) Zona Kuning/Kualitas Sedang.

 

Pada kesempatan tersebut, Najih menjelaskan bahwa Ombudsman pada tahun 2022 lalu sudah menyempurnakan metode penilaian dari tahun-tahun sebelumnya. Di tahun tersebut Ombudsman sudah menggunakan empat macam dimensi yakni dimensi input, proses, output, dan pengaduan.

 

“Hasil penilaian kali ini berbeda dari sebelumnya. Tahun ini lebih komprehensif, mencakup kompetensi penyelenggara, persepsi masyarakat, dan lainnya,” jelas Najih.

 

Najih juga mengatakan bahwa Presiden RI akan menjadikan hasil penilaian ini menjadi prioritas pertimbangan dan pusat ke daerah di tahun mendatang. Untuk itu ia meminta agar Pemerintah Daerah serius dalam memyelenggarakan pelayanan publik sesuai dengan amanat perundang-undangan.

BACA LAINNYA  26 Warga Diamankan saat Aksi Pemblokiran Jalan PT FPIL Dipulangkan, Polda Jambi Himbau Jangan Mudah Terprovokasi 

 

Sebelumnya, Ketua Ombudsman juga sudah menyerahkan penghargaan kepada Provinsi Jambi dan Kabupaten Tebo yang masing-masing memperoleh peringkat tujuh dan 10 tingkat nasional di Jakarta.0q

 

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris menyebutkan bahwa pelayanan publik sangat penting bagi perkembangan Provinsi Jambi. Karena pelayanan publik yang baik akan meningkatkan kepercayaan masyarakat dan juga pebisnis.

 

“Keberadaan Ombudsman juga sudah memberikan perubahan yang semakin baik di Jambi. Hasil penilaian juga semakin terukur meskipun masih ada juga beberapa kekurangan yang mesti kita perbaiki,” ujar Haris.

 

Haris juga menyampaikan terimakasih kepada Ombudsman RI dan Ombudsman Jambi yang sudah mendorong terwujudnya pelayanan publik yang baik.(Dhea)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Kebakaran Di Mendahara Tengah Hanguskan 3 Unit Rumah Penduduk

Berita

Kodim 0415 Jambi Sukseskan Program Dapur Masuk Sekolah

Berita

Pembina Bhayangkari Daerah Jambi Tatap Muka ke Pengurus Cabang Batanghari, Ini Pesan Kapolda 

Berita

Wakapolda Jambi Terima Penghargaan Dari Gubernur Jambi

Berita

Tanpa Malu Bripka Udin Jualan Es Jagung Dipinggir Jalan

Berita

Jadikan Contoh Rehab Narkoba Di Indonesia, Lapas Narkotika Sabak Dikunjungi Unodoc, Inl Ikai Dan 9 Lapas Narkotika Percontohan

Berita

Yamaha Lexi Lx 155 Sudah Hadir Di Dealer – Dealer Jambi

Berita

Antisipasi Balap Liar, Personil Polsek Sungai Gelam Lakukan Pemantauan Jelang Buka Puasa