Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Peristiwa

Selasa, 2 Januari 2024 - 08:28 WIB

Kodim 0415/Jambi aktif Pantau Wilayah dan Pemukiman Rawan Banjir

Jambi- Memasuki musim penghujan, masyarakat dihimbau supaya meningkatkan kewaspadaan akan potensi bencana yang bisa terjadi. Disamping itu dibutuhkan peran dan penguatan lembaga terkait untuk melakukan mitigasi dini, agar masyarakat dapat terhindar dari risiko akibat bencana tersebut.

Bencana alam merupakan suatu hal yang tidak terduga dan yang tidak kita inginkan terjadi. Kejadiannya memang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi, sehingga kewaspadaan perlu ditumbuhkan dengan segera. Sementara perhatian pemerintah terhadap penanggulangan bencana alam sudah sangatlah besar.

Dalam rangka mengantisipasi dan meminimalisir dampak kerugian yang bisa ditimbulkan akibat bencana alam, Kodim 0415/Jambi melalui para Danramil jajaran beserta Babinsanya terus melakukan upaya pemantauan terhadap lingkungan dan pemukiman dari terjadinya bencana alam, terutama banjir.

BACA LAINNYA  Nahkoda Kapal Tug Boat Makmur Selatan di Tetapkan Sebagai Tersangka

Selain upaya pemantauan tersebut, upaya pencegahan dan mitigasi bencana sangat efektif untuk mengurangi serta menanggulangi risiko bencana. Rangkaian upaya yang dilakukan dapat berupa perbaikan dan modifikasi lingkungan fisik maupun penyadaran serta peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Dandim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono menegaskan dan memerintahkan kepada para Danramil jajaran beserta para Babinsanya agar sering-sering turun ke wilayah binaannya untuk memantau penanggulangan bencana dan tanah longsor (Gulbencal) di masing-masing wilayah binaannya.

BACA LAINNYA  Banjir Di Kerinci dan Kota Sungai Penuh, Polda Jambi Kembali Kirim Personel Bantu Evakuasi dan Dirikan Dapur Umum

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 415-06/Pijoan terus memantau lingkungan dan pemukiman dari banjir di Ds. Pematang Jering Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi akibat hujan yang hampir sering turun setiap hari, Senin (01/01/2024).

Menurut Dandim, menjadikan masyarakat yang tangguh menghadapi bencana dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan cara mengubah paradigma, meningkatkan pengetahuan dan sikap, termasuk membuat masyarakat peduli terhadap lingkungannya, ujarnya.

Pentingnya pemahaman mengenai manajemen penanggulangan bencana akan menjadi dasar dalam mengembangkan pengurangan risiko bencana dalam penanggulangan bencana, imbuhnya.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Ketua PD FSPTI Angkat Bicara Terkait Pernyataan PJ Bupati Tebo

Hukrim

Kanit Resmob Polda Jambi Ditikam Pelaku DPO Curas & Curat Dengan Tombak

Daerah

Tekan Terjadi Nya Lakalantas, Polres Jajaran Polda Jambi Lakukan Upaya dan Inovasi Pada Ops Ketupat 2022

Peristiwa

Mobil Bus Hino Family Raya VS Mobil Carry Pickup, 3 Orang Tewas Ditempat

Berita

Mobil Toyota Vs Mobil Suzuki Carry Pick up, 1 Orang Meninggal Dunia

Peristiwa

Tim Satreskrim Polres Muaro Jambi Temukan Seorang Peria Tewas diterkam Harimau

Peristiwa

Dirlantas Polda Jambi : Penumpang Yang Datang Pada Arus Mudik Lebih Besar Dari Penumpang Yang Berangkat

Peristiwa

Tabrakan Avanza vs Truk di Lintas Timur, Begini Kondisi Penumpangnya