Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Kamis, 21 Desember 2023 - 19:16 WIB

Kodim 0415/Jambi Hadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi

Jambi- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan, baru akan masuk di bulan Januari 2024 mendatang. Musim penghujan tidak sesuai dengan prediksi sebelumnya dan alami kemunduran lantaran terdampak El Nino. Masyarakat perlu mewaspadai dampak yang ditimbulkannya.

Pemerintah Provinsi Jambi bersama forkopimda dan Dinas terkait unjuk kesiapan dalam melakukan mitigasi bencana alam. Kegiatan ditunjukkan dalam apel kesiapsiagaan bencana Hidrometeorologi TA. 2023 yang dilakukan dilapangan bola Senaung Kab. Muaro Jambi, Kamis (21/12/2023).

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Kodim 0415/Jambi beserta Koramil jajaran mengikuti apel gelar pasukan sebagai upaya ikhtiar untuk ikut berperan meminimalisir bencana, korban dan kerugian.

BACA LAINNYA  Ombudsman RI : Ekopedagogik Mempersiapkan Generasi Muda Peduli Lingkungan

Seperti diungkapkan sebelumnya bencana Hidrometeorologi adalah bencana yang diakibatkan oleh aktivitas cuaca seperti siklus hidrologi, curah hujan, temperatur, angin dan kelembaban. Sementara bentuk bencana Hidrometeorologi berupa kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, longsor, angin putih, gelombang dingin hingga gelombang panas.

Komandan Kodim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono, S.H., M.I.Pol melalui Pabung Muaro Jambi Mayor Inf Beni menegaskan bahwa apel kesiapsiagaan bencana ini dapat dinilai merupakan elemen yang sangat berperan penting untuk membangun kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Ditambahkan bahwa kegiatan apel ini diharapkan dapat dijadikan momentum untuk memperkuat kerjasama penanggulangan bencana antar institusi/organisasi, dengan mengkaji kemampuan peralatan penunjang peringatan dini, evakuasi serta tanggap darurat, meningkatkan kapasitas SDM dalam melaksanakan Standar Operasional Prosedur, jelas Beni.

BACA LAINNYA  IPTU Eko Suhendro Jabat Kasat Lantas Polres Aceh Timur

“Mudah-mudahan dengan adanya apel ini, semua yang terkait penanggulangan bencana sudah siap segala sesuatunya, baik personil, peralatan dan piranti lunak agar bisa masuk kesasaran dan dapat dijadikan untuk upaya evakuasi dengan segera, jika diperlukan.” harapnya.

Apel gelar pasukan kesiapsiagaan bencana Hidrometeorologi selain diikuti oleh TNI dan Polri dalam bentuk barisan pasukan, juga diikuti BPBD, Basarnas, Dinas sosial, PMI, kwarda Pramuka, Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas PU, Dinkes dan masyarakat peduli lingkungan.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Dilepas Kades Lopak Aur, MTQ ke III Tingkat Desa Diikuti Ratusan Peserta dan Semarakkan Pawai Ta’aruf

Berita

Cek Kesiapan Satgas Satuan Organik Papua Yonif Raider 142/KJ, Ini Pesan Asops Panglima TNI

Berita

Kongres XXV PWI Dibuka Langsung Presiden Joko Widodo, Ini Pesan Terhadap Insan Pers Indonesia 

Berita

Satlantas Polresta Jambi Tilang 38 Unit Angkutan Batubara

Berita

Peredaran 1,35 Ton Sianida dan 1 Pelaku Diamankan Ditreskrimsus Polda Kalteng 

Berita

Datuk Rio DKB Bantah Dirinya Miliki Bisnis Ilegal Loging

Berita

Garda Bernas Jambi Bersama PTPN VI Berbagi Berkah

Berita

Tetap Berkilau Membesarkan Nama Universitas Jambi