Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Kamis, 11 Juli 2024 - 15:13 WIB

Lomba Buka Gembok, Lapas Kuala Tungkal Latih Kesigapan Petugas.

Kuala Tungkal – Pengamanan merupakan salah satu tugas pokok setiap petugas Lapas maupun Rutan, oleh karena itu setiap petugas Lapas wajib menjaga dan melatih fisiknya agar selalu tampil prima dalam menjalankan tugas.

Kalapas I Gusti Lanang ACP yang didampingi oleh Kepala KPLP dan Kasi Administrasi Kamtib mengadakan lomba buka gembok kamar di blok hunian Lapas Kuala Tungkal antar regu jaga. Kamis (11/07/2024).

Lomba Buka Gembok Kamar di Blok Hunian ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan, kerjasama, ketelitian dan fisik dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sehari-hari. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh regu jaga yang diawasi secara langsung oleh para pejabat struktural yang hadir.

Sebelum memulai kegiatan, Kalapas I Gusti Lanang ACP kembali mengulas terkait tugas dan fungsi pengamanan di Lapas kepada jajarannya.

BACA LAINNYA  Bekali Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa SMAN Titian Teras Jambi, Pangdam II/Sriwijaya : Menuju Indonesia Emas Generasi Muda Harus Kokohkan Persatuan

“Sebagai petugas Lapas, utamanya kita semua ini adalah pengamanan walaupun sebagian dari kita adalah pejabat dan staf yang mengurus administrasi perkantoran. Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan jasmani sehingga tubuh tetap prima dalam menjalankan tugas kapanpun dibutuhkan, salah satunya yaitu dengan latihan fisik secara rutin”, ujar Gusti.

Gusti juga mengungkapkan bahwa Lomba ini semata-mata bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan sebagai petugas Lapas.

“Jika terjadi bencana kebakaran atau bencana yang disebabkan oleh alam di Lapas, kita harus bisa memitigasinya serta mengambil keputusan secara tepat dan cepat sehingga mampu menyelamatkan banyak jiwa.

Namun jika membuka gembok kamar blok hunian saja kita masih lambat, lalu bagaimana kita bisa menyelamatkan banyak jiwa? Warga binaan kan juga manusia, kita harus menyelamatkan mereka jika terjadi bencana” lanjut Gusti sembari menceritakan pengalamannya dalam bertugas diberbagai Lapas dan Rutan.

BACA LAINNYA  Jalin Silaturahmi, Kapolda Jambi Kunjungi Kantor BNNP Jambi

Dalam Lomba, setiap regu jaga dilengkapi oleh kunci gembok kamar yang sebelumnya sudah diacak. Mereka dituntut agar bisa sesegera mungkin membuka gembok pada kamar di blok hunian yang sudah ditentukan. Dengan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing anggota regu jaga, mereka mampu membuka setiap gembok kamar hunian secara cepat. Lomba dimulai dengan ditandai suara lonceng yang dipukul oleh panitia lomba.

Keseruan Lomba ini pun dirasakan oleh peserta dan pengawas lomba yang hadir. Kalapas I Gusti Lanang ACP menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta lomba yang sudah berupaya mengikuti perlombaan ini dengan baik. (doc. Humas).

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Turunkan Anjing Pelacak, Satresnarkoba Ringkus Pelaku dan Amankan 11 Paket Shabu

Berita

Ketua DPW Puspa RI Minta Inspektorat Audit Dana Puskesmas Sungai Bengkal 

Berita

Kapolres Tanjab Timur Pimpin Langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh 2023

Berita

Gubernur Al Haris Bangga Semua Atlet Jambi Raih Medali di SEA Games 2023

Berita

Komitmen Mewujudkan Lapas Yang Bersih Dari Halinar, Lapas Kelas IIA Jambi Kembali Lakukan Razia

Berita

Cegah Gangguan Kamtibmas Jelang Tahapan Pemilu, Subdit Politik Dit Intelkam Polda Jambi Kumpulkan Relawan Calon Presiden 

Berita

Kapolda Jambi Kembali Terima Penghargaan Kompolnas Awards Polda Terbaik Kelompok B

Berita

Nikah di Dalam Lapas Kelas IIB Idi, Warga Binaan Diberi Kesempatan Jadi Wali Nikah Anaknya