Pria di Teluk Nilau Meninggal Gantung Diri di Kamar Mandi Tragis, Kecelakaan Tunggal di Kota Jambi 4 Orang Tewas Proses Autopsi Selesai, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia : Hasil Autopsi Dapat Diketahui 4-8 Minggu Kedepan Jelang Autopsi Ulang, Malam Ini Makam Brigadir Yosua Dijaga Ketat Polda Jambi Turunkan 330 Personel, Amankan Jalannya Autopsi Ulang Brigadir J




Home / Berita

Kamis, 1 September 2022 - 20:35 WIB

Mahasiswa Posko 7 KKN Tematik UNJA 2022 Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Produk Turunan Pinang (Areca cathechu L. ) Di Kelurahan Bram Itam Kiri

Bidik Indonesia News – BRAM HITAM, Guna melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Posko 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi mengadakan sosialisasi dan pelatihan produk turunan pinang.

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 08 Agustus 2022 pukul 14.00 WIB s.d selesai secara langsung di Kantor Lurah Kelurahan Bram Itam Kiri Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Peserta yang hadir pada sosialisasi dan pelatihan tersebut terdiri dari setiap elemen masyarakat Kelurahan Bram Itam Kiri dan juga dihadiri oleh Lurah Kelurahan Bram Itam Kiri bersama jajarannya.

 

Dalam sosialisasi dan pelatihan tersebut peserta mendapatkan materi, keterampilan serta sampel hasil dari pembuatan dari produk turunan pinang yaitu berupa masker organik pinang, sirup pinang dan pupuk organik cair dari limbah pinang.

 

Adapun pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan tersebut dilaksanakan secara langsung yaitu pemaparan materi dilanjutkan dengan demonstrasi. Adapun tema dari sosialisasi dan pelatihan ini yaitu “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Peningkatan Nilai Tambah Produk Olahan Buah Pinang (Areca Cathecu L) Di Kelurahan Bram Itam Kiri Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat”.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Lurah Kelurahan Bram Itam Kiri Bapak Rudi Gunawan., S.STP.MM. Dalam sambutannya, Rudi Gunawan., S.STP.MM. menyampaikan, sosialisasi dan pelatihan produk turunan pinang ini sangat bermanfaat dan kegiatan ini merupakan kegiatan yang dapat membekali masyarakat untuk dapat berinovasi dalam pertanian terutama mengolah serta memanfaatkan pinang menjadi produk yang berkualitas sehingga memiliki nilai tambah dan harga jual yang relatif tinggi, selain itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kelurahan Bram Itam Kiri.

 

Dan dengan adanya pelatihan pembuatan pupuk organik cair dari limbah pinang ini memberikan harapan baru bagi petani di Kelurahan Bram Itam Kiri. Semoga dengan pembuatan pupuk organik cair dari limbah pinang nantinya dapat membantu mengurangi penggunaan pupuk kimia dan dapat memberikan hasil panen yang lebih baik, baik secara kualitas maupun kuantitas.

BACA LAINNYA  Parkir Didepan Rumah, Motor Raib dibawa Kabur Pencuri 

Lurah Kelurahan Bram Itam Kiri sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang telah dilaksanakan oleh Mahasiswa Posko 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi. Beliau berharap, output yang didapatkan dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan produk turunan pinang dapat terus berkelanjutan dan konsisten dilaksanakan oleh masyarakat Kelurahan Bram Itam Kiri.

 

Turut hadir membersamai dalam kegiatan tersebut Sekretaris Lurah Kelurahan Bram Itam Kiri, Ketua Rt. 01 s.d Ketua Rt.15, dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kelurahan Bram Itam Kiri.

Ketua Posko 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi, Mikha Oktarina Simanjuntak menjelaskan tujuan dari sosialisasi dan pelatihan produk turunan pinang ini yaitu untuk memberi edukasi kepada masyarakat dalam meningkatkan nilai tambah produk buah pinang yang rendah dikarenakan masyarakat setempat langsung menjual pinang itu ke tengkulak, dan untuk memanfaatkan limbah pinang yang banyak ditemui disepanjang jalan kelurahan bram itam kiri. ” Harapannya melalui sosialisasi ini masyarakat bisa membuat produk turunan buah pinang dan memanfaatkan limbah pinang untuk meningkatkan pendapatannya”. jelasnya.

 

Saat sosilisasi berlangsung, penyuluh pertanian Bram Itam Kiri bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) bersemangat untuk melanjutkan program produk turunan pinang ini. Tak hanya melakukan sosialisasi dan demonstrasi, mahasiswa posko 7 KKN tematik unja juga meninggalkan inventaris berupa mesin penepung, bahan kimia untuk pembuatan masker organik, EM 4, dsbnya untuk kelurahan Bram Itam kiri. Dengan adanya inventaris tersebut, harapannya masyarakat setempat dapat terus melanjutkan program kerja produk turunan pinang secara berkelanjutan.

 

Selain program utama yang telah dilaksanakan, Mahasiswa Posko 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi juga melaksanakan kegiatan sosialisasi kesetaraan gender yang di gelar di MTS Nurussa’adah dengan tema “Edukasi Dan Sosialisasi Sejak Dini Mengenai Kesetaraan Gender Untuk Mempersiapkan Peran Generasi Muda Dalam Keberagaman Organisasi Dan Profesi”. Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa dan siswi MTS Nurussa’adah mengenai pentingnya kesetaraan gender demi menjunjung persamaan hak sebagai manusia antara perempuan dan laki-laki untuk mempersiapkan peran generasi muda dalam keberagaman organisasi dan profesi.

BACA LAINNYA  1 Tahun Kapolri: Setapak Perubahan Wujudkan Pelayanan Masyarakat yang Terbaik 

Tak hanya itu, Mahasiswa Posko 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi juga melaksanakan kegiatan perlombaan bubur Asyura dalam rangka memperingati 10 muharram yang diikuti oleh seluruh masyarakat Kelurahan Bram Itam Kiri.

Dengan semangat dan sinergi yang tinggi untuk negeri, Mahasiswa Posko 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi menggelar perlombaan 17 Agustus dalam rangka memperingati HUT RI Ke-77. Sebagai bentuk pengamalan demokrasi, adapun kegiatan yang dilombakan yaitu diantaranya lomba tarik tambang panjat pinang, balap karung, balap lelereng, joget balon, joget rebut kursi, makan kerupuk, dan roti roma.

 

Kegiatan ini diikuti dengan sangat antusias oleh seluruh masyarakat setelah vakum selama 2 tahun yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang berhasil mendapatkan perhatian penuh dari masyarakat Kelurahan Bram Itam Kiri, karena sebelumnya belum pernah ada kegiatan yang seperti ini ditingkat kelurahan. Biasanya perlombaan diadakan di masing-masing RT.” Ujar salah satu warga.

Dan dilihat dari euforia esport yang meningkat tiga hingga empat tahun belakangan ini di Indonesia hanya dapat dirasakan oleh segelintir orang, Mahasiswa Posko 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi pun mengadakan turnamen mobile legends di kelurahan Bram Itam kiri untuk pertama kali nya. Turnamen ini berhasil menarik perhatian pemuda setempat dan menjadi ajang mempererat kekompakan antar sesama pemuda.

Dari berbagai program kerja dan kegiatan yang telah dilakukan oleh Mahasiswa Posko 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi, harapannya dapat membantu masyarakat setempat untuk meningkatkan nilai tambah produk turunan pinang, mengurangi limbah pinang dan mengolahnya menjadi pupuk organik cair, mengerti dan memahami tentang adanya kesetaraan gender, serta meningkatkan kekompakan antar warga dari berbagai elemen masyarakat yang ada di Kelurahan Bram Itam Kiri. (Dhea)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

Berita

Meski Lulus Sarjana Kedokteran, Safira Mampu Berkarya di Musik dan Keluarkan Single Lagu I Wanna Be Loved 

Peristiwa

Speak Jambi Minta Gubernur Jambi Tinjau Ulang Pj Bupati Yang Diajukan

Berita

Ketua DPRD Muaro Jambi Ikuti Raker Evaluasi Program Strategis Pemerintah Daerah Secara Zoom Meeting

Berita

Kanit Reskrim Polsek Kumpeh Ulu pimpin Ops Pekat II Siginjai 2021 

Berita

Polri Terapkan Restorative Justice dalam Kasus Dugaan Pencurian 40 Petani di Mukomuko

Berita

Ombudsman RI: Subsidi BBM untuk Seluruh Golongan Masyarakat Berpotensi Maladministrasi

Berita

Usai Tinjau Pelabuhan Roro Jagoh, Wabup Lingga Langsung Lakukan Sidak

Berita

Tindak Lanjut Pemeriksaan Program KOTAKU, Cabjari Tanjab Timur Panggil Lurah Nipah Panjang