Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Saham

Rabu, 16 November 2022 - 18:55 WIB

Pembudidaya Ikan Arawana Jambi Butuh Batuan Modal Usaha

Bidik Indonesia News, Pembudidaya ikan arawana (scleropages formosus) khas Jambi atau yang dikenal arawana silver Jambi untuk mengembangkan usahanya lebih besar agar bisa bersaing di pasar internasional membutuhkan bantuan modal usaha.

Mahyudin (66) seorang pembudidaya ikan arawana Jambi yang dikenal arawana silver, di lokasi budiayanya dikawasan Kota Baru, Jambi Rabu mengatakan, dirinya sejak 1998 sudah memulai usaha ini namun untuk mengembangkannya masih terkendala dengan modal usage yang nilainya bisa mencapai raturant juta rupiah.

“Saat ini saya hanya melakukan budidaya ikan arawana silver khas Jambi dan gold dan super red asal Kalimantan, dalam jumlah kecil atau terbatas dikarenakan kurangnya modal usaha untuk mengembanhkannya,” katanya.

Dia menambahkan untel mengembangkan usaha saat ini perlu biaya atau modal yang besar karena untuk membeli indukannya satu ekor ikan arawana senilai jutaan rupiah dan untuk satu kolam ikan diperlukan minimal jumlah indukannya sebanyak 50 ekor.

Untuk saat ini dibeberapa kolam milik Mahyudin ada sebanyak 45 ekor indukan ikan arawana campur terdiri atas arawana silver Jambi, super red dan gold asal Kalimantan yang baru didatangkannya.

“Yang sudah berproduksi atau menghasilkan anak selama ini adalah arawana Jambi atau silver generasi pertama dan pernah menghasilkan 800 ekor anakan dan semuanya habis terjual dan dipesan di Jambi atau lokal dengen harga jual saat itu Rp100 ribu hingga Rp150 ribu per ekornya,” kata Mahyudin.

BACA LAINNYA  Wajah Emiten Penghuni Papan Akselerasi

Untuk generasi kedua ini, arawana silver Jambi baru mencoba berproduksi dengan jumlah yang lebih kecil atau satu ekor indukan hanya bisa menghasilkan anakan sekitar 35 ekor karena usai ikan mesih muda.

Sedangkan untuk arawana jenis super red dan gold asal Kalimantan yang masih berusia empat tahun, saat ini dalam proses pembesaran indukan dan diperkirakan dua tahun mendatang baru bisa berkembang biak atau dibudidayakan.

Terakhir Mahyudin beberapa waktu lalu atau pada Oktober lalu telah menjual ikan arawana silverJambi ukuran 3 inch sebanyak puluhan ke pedagang ikan has di Jambi dan puluhan anakannya dibesarkan untuk menjadi indukan.

Kedepan Mahyudin mencoba membersarkan ikan arawana Kalimantan dan Jambi untuk menjadi indukan dan berharap ada bantuan modal untuk bisa berproduksi dan berkembang lebih besar lagi dan bisa bersaing di pasar internasional.

Kemudian Mahyudin juga berhadap ada dukungan dari berbagai pihak terkait seperti Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (PBSPL) Padang Wilayah kerja (Walker) Pelayanan Jambi memberikan kemudahan dalam urusan Surat Izin Pemanfaatan Jenis Ikan (Sipji) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, sehingga usaha budidaya arawana Jambi dapat legal atau resmi bisa bersaing dipasar nasional dan international.

BACA LAINNYA  Tingkatkan Rasa Kebanggaan, Inklusivitas Serta Kemajuan, CMSE 2023: Aku Investor Saham,

Saat ini sumber atau potensi ikan arawana Jambi yang masih didapati atau hidup di alam liar ada di beberapa daerah sungai seperti di aliran sungai Bengkal, di taman nasional Berbak, di aliran sungai Dam Cermin Alam Sarolangun, sungai Batang Tebo dan Bungo.

Namun belakangan ini ikan arawana Jambi dari alam sudah mulai sudah didapatkan karena sudah langka akibat pencarian dalam jumlah besar dimana mulai dari anakan hingga indukannya di ambil, yang semestinya indukan harus dilepasliarkan lagi untuk bisa tetap berkembang biak dan anaknya bisa diperjual belikan dan bisa tetap lestari.

Ikan arawana silver khas Jambi yang dijual dipasaran dengan harga cukup terjangkau untuk ukuran 3 inch dihargai Rp150 ribu dan yang ukuran besarnya diatas 35 cm bisa mencapai jutant rupiah dan hidupnya juga tida sulit untuk dipelihara di aquarium oleh pencinta ikan hias.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Ojk Terbitkan Peraturan Tentang Penerbitan Dan Persyaratan Efek Bersifat Utang Dan Sukuk Berlandaskan Keberlanjutan

Saham

Wajah Emiten Penghuni Papan Akselerasi

Saham

Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2024 dibuka Langsung Oleh Wakil Presiden RI

Daerah

Tingkatkan Rasa Kebanggaan, Inklusivitas Serta Kemajuan, CMSE 2023: Aku Investor Saham,