Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Sabtu, 30 Desember 2023 - 13:49 WIB

Peringati Pertempuran Simpang Tiga Sipin, Dandim 0415/Jambi Ajak Hormati Para Pejuang

Jambi- Pemprov Jambi kembali menggelar upacara memperingati peristiwa sejarah Pertempuran Simpang Tiga Sipin yang dilaksanakan di Tugu Juang Jl. Kol. Abunjani RT. 17 Kel. Selamat Kec. Danau Sipin kota Jambi, Jum’at (29/12/2023).

 

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebagai tanda untuk mengenang jasa para pejuang yang gugur dalam pertempuran di Simpang Tiga Sipin.

 

Seperti kita ketahui bahwa peristiwa Pertempuran Simpang Tiga Sipin terjadi pada tanggal 29 Desember 1949. Pertempuran ini menewaskan banyak tentara, pejuang dan rakyat Jambi. Tugu Juang di Simpang Tiga Sipin merupakan salah satu bukti sejarah saat rakyat Jambi melawan Belanda. Secara nasional terjadi momentum peristiwa penting yang harus dikenang.

BACA LAINNYA  KaKanwil Jambi Lakukan KunKer Ke Kabupaten Bungo

 

Kegiatan upacara peringatan pertempuran Simpang Tiga Sipin dilaksanakan dengan khidmat dengan pejabat irup Gubernur Jambi yang diwakili oleh Asisten 3 bidang Pemerintahan dan SDM serta bertindak sebagai Danup Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Arm Irfan Kito.

 

Menurut Dandim Melalui Mayor irfan bahwa kegiatan upacara ini dapat dijadikan sebagai momen instropeksi diri, seberapa jauh kita berjuang untuk membuat Jambi lebih maju.

 

“Kita sebagai penerus bangsa hendaknya tidak mudah melupakan sejarah perjuangan masyarakat Jambi dalam melawan penjajah yang terjadi di Simpang Tiga Sipin ini. Kita juga harus bisa menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia dari segala bentuk ancaman sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing.” tandasnya.

BACA LAINNYA  Rumah Sakit dr. Bratanata Jambi Gelar Pelatihan ATLS Periode Ke-IV 2022

 

Saat kegiatan upacara tersebut, inspektur upacara turut meletakkan karangan bunga untuk menghormati jasa para pejuang yang gugur dalam peristiwa heroik pertempuran Simpang Tiga Sipin.

 

Ditambahkan oleh Danramil Telanaipura, masyarakat Jambi khususnya generasi muda untuk dapat mengambil pelajaran atas dilakukannya kegiatan upacara peringatan pertempuran Simpang Tiga Sipin ini. Sekali lagi, kita tidak boleh melupakan sejarah perjuangan masyarakat Jambi, kita harus mampu mencontoh semangat juang para pahlawan dan pejuang yang gugur untuk bersama-sama membangun merawat, menjaga serta membangun Jambi, imbuhnya.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Kodim 0415/Bute Lakukan Penanaman Pohon Serentak di Wilayah Kodam II/Sriwijaya

Berita

Tak Hanya Gelar Malam Silaturahmi Kemitraan Korem 042 Gapu, Brigjen TNI Supriono Turut Izin Pamit Sebagai Danrem 042 Gapu

Berita

Pantau Genangan Air , Babinsa Kodim 0415/ Jambi ajak Warga Untuk Tetap Waspada

Berita

Datangi Gereja HKBP, Irjen Pol Rusdi Hartono : Polri Siap Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru

Berita

Buka Rakor P3DN, Bupati Anwar Sadat Tekankan OPD Lakukan Percepatan

Berita

Polda Jambi Terjunkan Personil dari Dit Pol Airud, Samapta, dan Brimob Bersihkan Sampah Serentak

Berita

Al Haris Tegaskan Perusahaan Batu Bara Patuhi Aturan

Berita

Dibarengi Acara Pensi Dan Fasi, SMPN 9 Tanjab Timur Peringati HUT Ke-25