Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Jumat, 16 Juni 2023 - 18:46 WIB

Program Quick Wins Kapolri, Kapolresta Jambi Luncurkan Polisi RW

JAMBI – Kepala Kepolisian Resort (Kapolresta) Jambi Kombes Pol Eko Wahyudi luncurkan Polisi RW, Jumat (16/6).

Polisi RW merupakan program Baharkam Polri ini, dinilai cukup efektif meningkatkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Polisi RW, kata Eko, merupakan program Quick Wins Kapolri yaitu petugas polisi dari pangkat Brigpol hingga AKP dari berbagai fungsi yang bertugas merangkap ditempatkan di wilayah Rukun Warga sebagai polisi RW.

Polisi RW bertujuan menciptakan, mendekatkan anggota polri dengan masyarakat.

Selain itu, memperkuat data kepolisian tentang potensi ancaman keamanan tingkat bawah dan indikasi keberhasilan berkurangnya tingkat pidana dan pelanggaran di tingkat RW.

Konsep Polisi RW, disampaikan Eko, memungkinkan terjadinya interaksi dalam memecahkan masalah secara bersama dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, para pemuda, Babinsa dan unsur pemerintahan tingkat RW saling mengembangkan sifat yang positif memberikan kesempatan untuk saling memahami membuka peluang untuk saling bekerja sama.

BACA LAINNYA  Perahu Ketek Terbalik, Warga Tanah Sepenggal Hilang di Sungai 

Terutama, kerjasama dalam mengendalikan masalah yang dihadapi, dengan menerapkan prinsip Community Policing dan sistematis Restoratis Justice (RJ) serta akuntabilitas.

“Saya harap laksanakan tugas dengan ikhlas seperti bertanggungjawab, yang utama jaga prestasi yakni presisi, kehormatan, siaga dan sinergi,” sebutnya.

Agar dalam melaksanakan amanat tugas, pesan Eko, untuk utamakan keselamatan dan kesehatan. Tidak kalah penting menjaga disiplin dan etika bermasyarakat.

Lebih lanjut, tugas pokok Polisi RW yakni agar memulai interaksi yang konsisten dengan masyarakat untuk membangun kepercayaan terhadap polri. Mendengarkan, menerima dan berempati terhadap keluh kesah, keresahan, keinginan dan serta harapan permasalahan RW.

BACA LAINNYA  Polres Tanjabbar Gelar Doa Dan Shalat Ghaib Untuk Korban Gempa Cianjur

Kemudian, melaksanakan scanning terhadap kerawanan wilayah masing-masing. Hadir memperkenalkan diri, tukar menukar nomor Handphone dan gabung WhatsApp di RT/RW setempat.

Lalu, bertugas minimal 1 minggu sekali turun ke RW/RT dan melaporkan hasil kegiatan di grup Polisi RW Polresta Jambi.

Terakhir, aktifkan peran pos kamling dan linmas sebagai ujung tombak di lingkungan RW/RT. Agar setiap permasalahan cepat dan dapat segera diantisipasi serta pecahkan masalah dengan problem solving atau mediasi.

“Saya harap, agar Polisi RW dapat segera beradaptasi dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, guna terciptanya Kamtibmas yang aman dan kondusif di Kota Jambi serta polri yang dicintai masyarakat,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Mohammad Yasin Kosasih: Menghormati Tamu dan Menghargai Komandan

Berita

322 Siswa SPN Dilantik, Ini Pesan Kapolda Jambi

Berita

Nelayan Tanjab Barat Curhat, AKBP Padli : Kami Akan Tindaklanjuti dan Koordinasi dengan Instansi Terkait

Berita

Pimpin Apel Pagi Gabungan, Kapolda Jambi : Perwira Harus Jadi Contoh Yang Baik

Berita

Kurang dari 30 Jam, Polres Sarolangun Tangkap Pelaku Penembakan di Perkebunan PT PAM

Berita

Kasrem 042/Gapu Hadiri Syukuran HUT Bhayangkara Ke 77

Berita

Dipimpin Kapolri, Rakernis Gabungan Divisi Polri Turut Diikuti Kapolda Jambi secara Zoom 

Berita

Kapolres Sarolangun Temui Puluhan Sopir Truk Batubara Yang Menutup Akses Jalan Utama di Desa Rengkiling