Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Jumat, 22 Desember 2023 - 14:45 WIB

Repatriasi Tiga Individu Orang Utan Indonesia-Thailand Tiba di Jambi

Jambi – Repatriasi atau dipulangkan kembali tiga induvidu orang utan Sumatra (pongo abelii) kerjasama pemerintah Indonesia-Thailand, pada Jumat (22/12) tiba dengan kondisi sehat di Jambi.

 

Kepala BKSDA Provinsi Jambi Donal Hutasoit, di bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi, mengatakan hari ini kita telah menerima dalam kondisi sehat tiga induvidu orangutan yang diterbangkan dari Thailand pada Kamis (21/12) dan selanjutnya akan dirawat di balai karantina sementara.

 

Ketiga induvidu orangutan itu terdiri ataa sepasang individu orangutan atas nama Nobita uisa tujuh tahun jenis kelamin jantan dan Shisuka (7 tahun, betina), serta seekor orangutan bernama Briant (4 tahun, jantan).

 

Ketiga orangutan itu dipulangkan kembali (repatriasi) ke Indonesia dari Thailand berkat kerjasama dan komitmen kedua negara dalam memerangi perdagangan ilegal satwa liar.

 

Ketiga individu orangutan tersebut merupakan hasil penegakan tindak pidana penyelundupan oleh Polisi Penanggulangan Kejahatan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (Natural Resources and Environmental Crimes Division) Thailand di Bangkok pada 2016.

 

Repatriasi 3 orangutan sitaan dari Thailand ini merupakan keberhasilan dalam penyelamatan satwa liar dilindungi dan komitmen bersama antara Pemerintah Indonesia dan Thailand dalam upaya memerangi perdagangan ilegal satwa liar.

 

BACA LAINNYA  Kapolres Tanjab Barat Pimpin Serah Terima Jabatan Kapolsek dan Kasat

Proses repatriasi ini bertepatan dengan peringatan 73 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Thailand, sekaligus dapat berkontribusi sebagai potential deliverables pada Joint Commission Meeting (JCM) Indonesia – Thailand mendatang.

 

Bekerjasama dengan Garuda Indonesia, ketiga orangutan tersebut diterbangkan menggunakan pesawat GA 867 dari Bangkok menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang dan sampai sekitar pukul 19.00 WIB setelah sebelumnya dirawat di Kho Pratubchang Wildlife Rescue Center (KPRC) di Provinsi Ratchaburi, Thailand.

 

Setelah sampai ke Indonesia, orangutan diinapkan di fasilitas transit Garuda Indonesia dengan penjagaan dokter hewan. Kemudian pada Jumat, 22 Desember 2023, ketiganya diberangkatkan ke Jambi gunakan pesawat GA 126 pukul 09.20 WIB.

 

Selanjutnya ketiga orangutan tiba di Jambi kemudian akan dirawat sementara di Tempat Tindakan Karantina Frankfurt Zoological Society (FZS) melalui pengawasan Balai KSDA Jambi.

 

Selanjutnya pasca melewati tindakan karantina, orangutan tersebut akan menjalani rehabilitasi di Pusat Rehabilitasi Orangutan Sumatera (PROS) Sungai Pengian Jambi sebelum akhirnya akan dilepasliarkan ke habitat alaminya.

 

Repatriasi orangutan ini menunjukkan kerjasama yang baik antara Pemerintah Thailand dengan Indonesia, serta antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertanian, PT Garuda Indonesia (Persero), serta mitra kerja lainnya.

BACA LAINNYA  Angin Puting Beliung Terjang Permukiman Warga di Sungai Bahar, Puluhan Rumah Porak Poranda

 

“Repatriasi orangutan ini merupakan repatriasi dari Thailand yang kelima kalinya dengan total 71 individu orangutan yang dipulangkan sejak tahun 2006,” kata Donal Hutasoit.

 

Ketiga orangutan yang direpatriasi kali ini merupakan orangutan terakhir yang berstatus sebagai barang bukti di Thailand.

 

Sedangkan khusus di Jambi repatriasi dari Thailand ini menjadi yang kedua setelah pada 2020 dua individu orangutan bernama Ung Aing dan Natalee yang saat ini telah berhasil di lepasliarkan di Taman Nasional Bukit Tigapuluh.

 

Di Taman Nasional Bukit Tigapuluh, KLHK bersama mitra kerjasama konservasi orangutan sumatera Frankfurt Zoological Society (FZS) sejak 2003 sampai 2023 telah melepasliarkan 204 individu orangutan dengan rincian 98 betina dan 106 jantan serta terpantau 21 individu telah lahir di Taman Nasional Bukit Tigapuluh.

 

Pemerintah Thailand sangat senang bisa ikut andil melakukan repatriasi satwa orangutan kali ini, setelah selama kurang lebih tujuh tahun merawat satwa tersebut sejak dilakukan penyitaan.

 

Untuk memastikan kondisi ketiga orangutan sumatera tersebut dalam keadaan sehat dan baik, Pemerintah Indonesia juga telah mengirimkan dua dokter hewan mendampingi selama perjalanan dari Bangkok sampai ke Indonesia.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Kapolri : 3 Kapolda Tidak Terlibat Kasus Ferdy Sambo

Berita

Ditreskrimsus Polda Jambi Tindak Penambangan dan Aktivitas Minyak Ilegal di Muaro Jambi 

Berita

Pimpin Upacara Bendera 17-an, Kasrem 042/Gapu Bacakan Amanat Panglima TNI

Berita

Wujudkan Sistem Penerimaan Polri Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis dan bebas KKN, Kapolda Jambi Pimpin Penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan SIPSS

Berita

Penggerebekan Bascamp Diduga Tempat Pesta Narkoba, Polisi Turut Amankan 7 Orang dan Dalami Peran Masing-masing 

Berita

Percepat Vaksinasi Polres Sarolangun Vaksin menggunakan Drive Thru

Berita

Ukur Kinerja Personelnya, Direktur Polairud Polda Jambi Lakukan Rapat Analisa Dan Evaluasi Kinerja Polairud Jambi

Berita

Rakernas Berakhir, SMSI Minta Presiden Joko Widodo Tidak Menandatangani Rancangan Perpres Publisher Right