Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Minggu, 8 Oktober 2023 - 20:35 WIB

TNI dan Polri Kawal Kelancaraan KTT AIS Forum di Bali

Nusa Dua Bali, 8 Oktober 2023 – Kepolisian RI (Polri) mengerahkan Satuan Tugas (Satgas) Tindak dalam Operasi Tribrata Agung untuk mengantisipasi kejadian kontijensi saat pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States (AIS) yang akan digelar di Bali, 10-11 Oktober 2023.

 

Kasatgas Tindak Operasi Tribrata Agung 2023 Brigjen Pol Waris Agono di Jakarta, Minggu (8/10/2023), mengatakan Satgas Tindak bahkan telah melakukan persiapan pengamanan seminggu sebelum penyelenggaraan KTT AIS Forum.

 

“Kami sudah melakukan persiapan pengamanan ini dari jauh hari, bahkan kami sudah satu minggu lalu sudah melakukan pergeseran sarana prasarana ke sini (Bali) untuk melakukan persiapan,” kata Waris.

 

Satgas Tindak bertugas mengantisipasi, menangani dan menindak apabila terjadi peristiwa yang bersifat kontinjensi selama pergelaran KTT AIS Forum 2023.

 

“Seperti konflik sosial, terorisme, atau kejahatan yang menggunakan senjata api, bahan peledak, bom dan drone yang tidak terdaftar dalam forum antidrone yang sudah disepakati,” ujarnya.

 

Dalam operasi ini, Polri mengerahkan 842 personel Brimob yang disebar di lima klaster, ditempatkan di titik yang sudah ditentukan.

 

“Personel di lapangan dilengkapi peralatan yang kami siapkan ada setiap objek. Ada kendaraan trail, ada kendaraan rantis, sampai ada tabel cara bertindak sehingga anggota mengerti,” kata Waris.

 

Personel juga dibekali dengan aplikasi yang berguna melaporkan situasi di lapangan. Nantinya, jika personel tersebut membutuhkan bantuan tinggal melaporkan ke command center. lalu dari command center akan menggerakkan personel lain yang terdekat untuk membantu.

 

Beberapa titik yang menjadi perhatian pengamanan yakni bandara, jalur perjalanan para delegasi hingga venue KTT AIS Forum 2023 berlangsung.

 

“Kemudian ada juga tempat wisata manakala di sela-sela waktu ada delegasi yang melakukan kunjungan ke tempat wisata dan tempat belanja itu kita sterilisasi dan dilakukan pengamanan,” katanya.

BACA LAINNYA  Nekat Lompat Saat ditangkap BNN, Satu Pelaku Diduga Bandar Ditemukan Meninggal Karena Tenggelam

 

Selain Satgas Tindak, Operasi Tribrata Agung 2023 juga mengerahkan sejumlah satgas, yakni Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Walrolakir, Satgas Gakkum, Satgas Antiteror, Satgas Humas, dan Satgas Banops.

 

*Sinergitas TNI Polri*

 

Sebelumnya bersama dengan TNI, Polri juga menggelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT Archipelagic Island States (AIS) Forum 2023 dalam rangka pengecekan kesiapan, materil maupun sarana prasarana yang akan digunakan saat pengamanan kegiatan.

 

Apel tersebut juga merupakan wujud komitmen pengamanan maksimal bagi para pimpinan dan kepala negara negara-negara pulau dan kepulauan tersebut.

 

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II Marsdya TNI Andyawan Martono Putra dan Kabaharkam Polri Komjen Polisi Mohammad Fadil Imran, bertindak sebagai Irup pada Apel Gelar Pasukan Pengamanan (Pam) KTT AIS Forum Tahun 2023, bertempat di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar Bali, Sabtu (7/10/2023).

 

Mabes TNI dalam hal ini Kogabpadpam VVIP KTT AIS, mengerahkan 13.290 prajurit TNI yang terdiri dari gabungan tiga matra. Sedangkan Polri melibatkan 4.286 personelnya untuk mengamankan jalannya KTT AIS.

 

Apel Gelar Pasukan yang diikuti oleh ribuan prajurit TNI Polri ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dan materil yang akan melaksanakan tugas pengamanan para Kepala Negara dan delegasi peserta KTT AIS Forum.

 

Kesuksesan penyelenggaraan KTT AIS Forum tidak hanya akan berdampak terhadap reputasi pasukan pengamanan, akan tetapi juga akan berdampak bagi reputasi dan nama baik bangsa Indonesia di kancah Internasional.

 

Peserta apel terdiri dari berbagai personel Satuan Tugas yang meliputi Satgas Intelijen, Satgas Pengamanan Wilayah (Pamwil), Satgas VVIP, Satgas Passus (Pasukan Khusus), Satgasla (Satuan Tugas Laut), Satgasud (Satuan Tugas Udara), Satgas Bandara/Pelabuhan/Instalasi, Satgas Medis, Satgas Komlek (Komunikasi Elektronik), Satgas Pen (Penerangan), Satgas Evakuasi, Satgas VIP, dan 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi) Korps Musik (Korsik).

BACA LAINNYA  Sambut Ramadhan, Iryani Launching Lagu Religi ‘Berilah Jalan’

 

Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) untuk pengamanan VVIP, di antaranya yaitu kendaraan Jammer, Mobil Chamber, kendaraan Ops Basarnas, Smart Hunter Satgasud, J- Force Passus, Jihandak Paspampres, Baracuda Polri, kendaraan Satwa Paspampres, kendaraan taktis Anoa Paspampres, kendaraan Air Patrol, Dump Truck, Becho Louder, Inkas Passus, Baracuda Polri, Nubika Paspampres, Bushmaster Passus, Mobil Komob Satgasud, Mobil Chamber Satgasla, Sea Raider Satgasla, Mobil Kawal, Ambulance Medis, Demax Ladder Passus, Mobil BPBD, Sepeda Motor Listrik, Mobil Listrik, Water Cannon, LC Armor Passus, D Max Ladder, dan Atav Passus. (Laily Rahmawaty Ant/TR/Elvira Inda Sari)

***

 

_*Tentang AIS Forum:*_

_Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagai platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global._

 

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

*Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong (0816785320).*

 

Dapatkan siaran pers, narasi, foto, dan video terkait KTT AIS Forum 2023 di https://s.id/aispedia

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Akan Dipekerjakan Secara Ilegal di Malaysia, Tim Satgas Polda Jambi Tangkap Pelaku TPPO di Kerinci

Berita

OJK Terbitkan Peraturan Perkuat Penerapan Tata Kelola Bank Umum

Berita

Dir Lantas Polda Jambi Lepas Langsung Kontingen Bola Volly Polda Jambi Ajang Kapolri Cup 2023

Berita

Dirpolairud Polda Jambi Pimpin Apel Pembinaan Tradisi 26 Personel Bintara

Berita

Ini Agenda Pertemuan Tingkat Menteri AIS FORUM

Berita

HPN 2024 di Jakarta

Berita

Besok, Ribuan Sopir Batubara Unjuk Rasadi Rumah Dinas Gubernur

Berita

Ketua BK DPRD Muaro Jambi Adakan Reses di RT 20 Kelurahan Sengeti