Hari Donor Darah Sedunia, Kodim 0419/Tanjab Sumbangkan 55 Kantong Darah 4 PJU Polda Jambi Dimutasi, Kombes Pol Kaswandi Irwan Jabat Dirreskrimsus Polda Kalteng Ribuan Truk Batubara Ditilang dan Ratusan Pelanggaran Ditindak Ditlantas Polda Jambi  Kapolda Jambi Pimpin Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Siginjai Sakti Wira Bhakti Diduga Hendak Melakukan Aksi Tawuran, Tim Resmob Polda Jambi Amankan 3 Remaja Bawa Samurai

Home / Berita

Minggu, 27 Februari 2022 - 20:22 WIB

Ubah Daun Talas Beneng Menjadi Tembakau, Ivan Wirata Apresiasikan Petani Sumber Agung

Bidik Indonesia News – Muaro Jambi, Rokok Yang biasa Terbuat dari tembakau dan mengandung nikotin kali ini tampak berbeda dari biasanya. Salah satu nya yaitu hasil olahan pertanian warga sumber agung kecamatan sei gelam kabupaten muaro jambi .

 

 

Rokok Herbal tersebut berasal dari Talas Beneng yang diolah daun-daunya menjadi bahan pengganti daun tembakau.

 

Talas Beneng, salah satu kekayaan sumberdaya nabati lokal Banten yang memiliki potensi untuk dimanfaatkan dalam penguatan ketahan pangan melalui strategi diversifikasi pangan. Istilah Beneng merupakan singkatan besar dan koneng (kuning).

BACA LAINNYA  Reaksi Cepat Tanggap Damkar Menjinakan SiJago Merah

 

 

Ivan Wirata menyebutkan ” Warga Sumber agung kecamatan sei gelam tersebut menanam/membudidayakan talas beneng yang daun-daunya diolah menjadi bahan pengganti tembakau dan menjadi rokok herbal, rokok non nikotin, ” ujar anggota DPRD yang Aktif di channel Youtube nya tersebut.

 

Lanjut Ivan ” Tetapi warga tersebut Agak kesulitan dalam pengembangan usaha tembakaunya untuk dijadikan sebuah rokok herbal” Tutur nya

 

” Ada 5 syarat izin Yang harus dipenuhi dan yang harus di siapkan. Untuk sementara warga tersebut belum berani mejadikan sebuah produksi rokok tersebut sebelum adanya 5 izin tersebut”

BACA LAINNYA  Tandatangani MoU dengan Kementan, Kapolri Siap Kawal Ketahanan Pangan Rakyat Indonesia

 

Ivan menambahkan ” Saya selaku DPRD sangat tertarik jika budidaya talas beneng tersebut bisa dapat berkembang dan bisa di olah secara produksi, karena hal ini tentu dapat membantu masyarakat apalagi tujuannya dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

 

Insyaallah jika warga tersebut sudah siap sedia akan memproduksinya secara serius kita akan memberi pendampingan untuk mengurus 5 izin tersebut” tutup Ivan Wirata . (Dhea)

 

Sumber : https://youtube.com/c/IVANWIRATACHANNEL

Share :

Baca Juga

Berita

Pelaku Penggelapan Sepeda Motor Teman Diringkus Polsek Betara

Berita

Bikin Film Edukasi Narkoba, Bripka Andi Sabet Penghargaan Dari Pejabat Kalsel

Berita

Usai Dilantik, Ivan Wirata : Seluruh Pengurus DPD Partai Golkar Muaro Jambi Siap Menangkan Airlangga Hartarto Sebagai Calon Presiden

Berita

Ini 9 Poin Penting dalam Surat Edaran Gubernur Jambi Terbaru Tentang Angkutan Jalan

Berita

Penuhi Janji, Kapolri Jenguk Sinta Aulia Anak yang Sakit Tumor Kaki

Berita

Polda Jambi Berikan Penghargaan Personil Ditlantas Polda Jambi dan Personil Polresta Jambi Yang Berhasil Gagalkan Pengiriman Paket Sabu

Berita

Dalam Rangka Operasi Zebra Candi, Polres Pekalongan Salurkan Bantuan Sosial Untuk Korban Tanah Bergerak Di Desa Bodas

Berita

Personel Intel Jajaran Korem 042/Gapu Ikuti Binkom Apintel/Pam TNI di Balai Prajurit