Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Kamis, 9 November 2023 - 19:59 WIB

Wagub Sani Hadiri Peringatan HUT Ke-65 Kabupaten Kerinci

Kerinci – Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kerinci dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-65 Kabupaten Kerinci Tahun 2023, bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Kerinci, Kamis (09/11/2023).

Peringatan ini turut dihadiri pula Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi H. Hesnidar Haris, Pj. Bupati Kerinci beserta isteri, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kerinci, para unsur Forkopimda Kabupaten Kerinci serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan dan arahannya Wagub Sani atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-65 Kabupaten Kerinci. “Selamat Ulang Tahun ke-65 Kabupaten Kerinci Tahun 2023, diiringi doa harapan agar perekonomian Kabupaten Kerinci semakin tumbuh secara berkeadilan dan berkesinambungan, dan Kabupaten Kerinci semakin maju, yang bermuara pada peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kerinci,” ujar Wagub Sani.

Dalam kesempatan tersebut Wagub Sani juga menyampaikan salam dari Gubernur Jambi H. Al Haris yang berhalangan hadir karena diwaktu yang sama ada tugas lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Dikatakan Wagub Sani, perlu disyukuri atas pembangunan Kabupaten Kerinci yang saat ini berusia 65 tahun. Dalam perjalanan pembangunan Kabupaten Kerinci, banyak upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci dan semua pemangku kepentingan. “Namun demikian, kita harus menyadari bahwa selain ikhtiar yang kita lakukan, Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang menolong dan menuntun kita dalam melaksanakan pembangunan tersebut. Bersyukur atas pertambahan usia Kabupaten Kerinci ini merupakan hal yang sangat penting dalam memaknai HUT Kabupaten Kerinci, serta untuk melanjutkan pembangunan,” kata Wagub Sani.

Menurut Wagub Sani, Pemerintah Kabupaten Kerinci telah bersinergi dengan baik dengan semua stakeholder (pemangku kepentingan), baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jambi, swasta, badan usaha, komunitas, akademisi dan masyarakat. “Kedepan, sinergi dan kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan harus ditingkatkan, sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pembangunan,” ucap Wagub Sani.

“Melalui peringatan ulang tahun ini, kita mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para pendiri Kabupaten Kerinci dan para pimpinan daerah Kabupaten Kerinci yang terdahulu, atas segala jasa dan dedikasi dalam pembangunan Kabupaten Kerinci. Selanjutnya kita berharap agar upaya, perjuangan dan dedikasi mereka bisa dilanjutkan dengan baik oleh generasi saat ini dan generasi selanjutnya,” sambung Wagub Sani.

BACA LAINNYA  Hari Pertama Dinas Sebagai Kapolres Kerinci, AKBP M Mujib Silaturahmi Bersama Awak Media 

Wagub Sani menambahkan bahwa dirinya juga sangat mengapresiasi berbagai capaian dalam pembangunan Kabupaten Kerinci yang merupakan hasil kerja bersama pemerintah daerah, Forkopimda, pihak swasta dan masyarakat Kabupaten Kerinci. “Besar harapan saya agar capaian-capaian tersebut bisa terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Namun, seiring dengan dinamika masyarakat, akan selalu muncul tantangan dan permasalahan dalam pembangunan Kabupaten Kerinci. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kerinci dan kita semua dituntut bisa menghadirkan solusi terhadap berbagai permasalahan di tengah masyarakat,” harap Wagub Sani.

Dijelaskan Wagub Sani, Kabupaten Kerinci merupakan salah satu daerah penghasil beras dan lumbung pangan di Provinsi Jambi. Untuk itu diharapkan Kabupaten Kerinci bisa terus mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas dan produktivitas beras dan pangan. “Apalagi akhir-akhir ini dunia menghadapi krisis pangan dan energi, maka sangat penting bagi kita untuk mengamankan dan membangun ketahanan pangan,” jelas Wagub Sani.

Wagub Sani juga menambahkan, pariwisata alam sebagai andalan dalam perekonomian Kabupaten Kerinci yang merupakan kawasan strategis pariwisata nasional, dengan alam dan keanekaragaman hayati yang sangat indah dan merupakan anugerah besar bagi Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi bahkan Indonesia. “Oleh karena itu, menjaga dan melestarikan alam Kerinci merupakan keharusan bagi kita, karena alam Kerinci sebagai penopang utama bagi wisata dan pertanian Kerinci. Hal yang tak kalah pentingnya dalam pengembangan wisata Kerinci ialah keramahtamahan, bukan hanya untuk pelaku usaha wisata, tetapi juga bagi seluruh masyarakat. Dengan demikian, program literasi wisata dan kesadaran wisata bagi masyarakat penting untuk dikembangkan,” tutur Wagub Sani.

“Pemerintah Provinsi Jambi mendukung pembangunan dan mendorong kemajuan seluruh kabupaten kota se-Provinsi Jambi, baik melalui pembangunan fisik maupun pembangunan non fisik, yakni melalui program Dumisake dan program-program lainnya. Program pembangunan Provinsi Jambi yang dialokasikan di Kabupaten Kerinci pada tahun 2023 ini diantaranya Lanjutan Pembangunan Jembatan Kelok Sago, penanganan Longsoran Jalan Keliling Danau kerinci dan Lanjutan Peningkatan SPAM Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci,” sambung Wagub Sani.

BACA LAINNYA  Ombudsman Sampaikan Hasil Kajian Sistemik, Cegah Maladministrasi Sektor Pertambangan

Diakhir sambutannya Wagub Sani juga mengigatkan bahwa kenaikan harga-harga barang dan jasa (inflasi) harus dikendalikan terutama inflasi pangan, karena pangan merupakan kebutuhan paling dasar yang dibutuhkan tiap hari. “Saya mengajak pemerintah kabupaten/kota dan semua pemangku kepentingan di Provinsi Jambi untuk terus mengendalikan inflasi terutama inflasi pangan yang merupakan upaya kita untuk membantu masyarakat. Apalagi dengan kondisi cuaca kemarau panjang dan perubahan iklim yang melanda seluruh dunia, maka upaya untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan antisipasi inflasi pangan harus lebih intens kita lakukan,” ajak Wagub Sani.

“Kita juga harus bekerja keras menurunkan stunting (pertumbuhan kerdil atau tengkes pada balita). Pemerintah telah menetapkan stunting sebagai isu prioritas nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, dengan target penurunan yang signifikan, dari 24,4 persen pada tahun 2021 menjadi 14 persen pada tahun 2024 tingkat nasional. Berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia tahun 2022, Provinsi Jambi mengalami penurunan stunting 4,4 persen dari tahun 2021, dari 22,4 persen pada tahun 2021 menjadi 18 persen pada tahun 2022,” lanjut Wagub Sani.

“Besar harapan saya agar dengan bertambahnya usia Kabupaten Kerinci, ada terobosan dan inovasi-inovasi dalam pembangunan Kabupaten Kerinci, untuk mendorong dan mempercepat terwujudnya tujuan dan sasaran pembangunan. Selanjutnya saya mengajak Pemerintah Kabupaten Kerinci, Forkopimda Kabupaten Kerinci beserta seluruh komponen masyarakat Kabupaten Kerinci, mari kita tingkatkan sinergi dan kolaborasi dalam pembangunan Kabupaten Kerinci, demi meningkatkan kemajuan Kabupaten Kerinci,” pungkas Wagub Sani.

Pada peringatan HUT Ke- 65 Kabupaten Kerinci tahun 2023 ini, Wagub Sani juga memberikan bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi Jambi kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci berupa hibah uang untuk kategori rumah ibadah sebesar Rp. 2.185.000.000 (Dua Miliar Seratus Delapan Puluh Lima Juta Rupiah) yang diterima oleh Pj. Bupati Kerinci Asraf, S.Pt.,M.Si. (DZM/Foto : Sobirin, Video : Reno Setiawan)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Tegas, Irjen Pol Rusdi Hartono Pastikan Kamtibmas di Provinsi Jambi Kondusif

Berita

Salah Satu Peserta Seleksi Calon Sekdes Kecewa Dengan Keputusan Ketua Panitia Diduga Ada Bermain Mata

Berita

Kurang dari Tiga Jam, Pelaku Pembunuhan di Desa Sungai Abang Berhasil Dibekuk Polres Sarolangun

Berita

Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik, M. Adnan Sampaikan Rasa Bangga Pada Tim Kanwil Kemenkumham Jambi

Berita

Kalapas Kuala Tungkal Raih Dua Penghargaan Dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator 2023

Berita

Terkait Pelaksanaan Rakernas APDESI Tahun 2023, Polda Jambi Siap Amankan Rangkaian Kegiatan

Berita

Suami Anggota DPRD Batanghari Fraksi Nasdem Dibekuk Ditresnarkoba Polda Jambi Akibat Jual Narkoba

Berita

Silaturahmi Bersama Tokoh Lintas Agama, Kapolda Jambi Sebut Situasi Kamtibmas Kondusif