Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Kamis, 11 Juli 2024 - 14:37 WIB

Antisipasi Karhutla, Kodim 0415/Jambi Lakukan Penyiapan Satuan Perbantuan Bencana

Jambi – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) merupakan salah satu ancaman serius yang kerap terjadi akibat kelalaian, kesengajaan, kecerobohan dalam bekerja, serta faktor alam. Dampaknya sangat merugikan baik dari segi personel maupun materiil, jika tidak segera diatasi. Kodim 0415/Jambi, di bawah Korem 042/Gapu, mengambil langkah proaktif untuk mengantisipasi dan mengatasi bencana ini dengan menyiapkan satuan perbantuan bencana Karhutla.

 

Kodim 0415/Jambi senantiasa berupaya menyiapkan personel untuk mengantisipasi bahaya kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya. “Bahaya Karhutla dapat menimbulkan kerugian yang besar. Oleh karena itu, diperlukan upaya cepat dan kerja keras dari seluruh jajaran Kodim 0415/Jambi untuk mengatasinya,” ujar Komandan Kodim 0415/Jambi.

 

Penyiapan satuan perbantuan ini melibatkan berbagai langkah strategis dan operasional. Personel dilatih untuk tanggap dan siap siaga dalam menghadapi situasi darurat Karhutla. Selain itu, koordinasi dengan berbagai instansi terkait juga ditingkatkan untuk memastikan penanganan yang efektif dan efisien.

BACA LAINNYA  Menuju Satu Dekade JKN: Kontribusi BPJS Kesehatan Mewujudkan Indonesia Lebih Sehat

 

Dampak Karhutla tidak hanya merusak ekosistem dan mengganggu kehidupan satwa liar, tetapi juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan bagi masyarakat sekitar akibat asap yang ditimbulkan. “Karhutla merupakan ancaman serius bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, penyiapan satuan perbantuan ini sangat penting untuk melindungi wilayah kita dari ancaman tersebut,” tambahnya.

 

Kegiatan penyiapan personel ini juga mencakup simulasi penanggulangan Karhutla, penyediaan alat pemadam kebakaran, serta pemetaan wilayah rawan kebakaran. Langkah-langkah ini diharapkan dapat memperkuat kesiapan Kodim 0415/Jambi dalam menghadapi musim kemarau yang berpotensi meningkatkan risiko Karhutla.

BACA LAINNYA  Perahu Ketek Terbalik, Warga Tanah Sepenggal Hilang di Sungai 

 

Selain itu, Kodim 0415/Jambi juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahaya Karhutla dan cara-cara pencegahannya. “Peran serta masyarakat sangat penting dalam mencegah terjadinya Karhutla. Dengan sosialisasi ini, kami berharap masyarakat lebih sadar dan ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan,” ujarnya.

 

Penyiapan satuan perbantuan ini menunjukkan komitmen Kodim 0415/Jambi dalam melindungi wilayahnya dari ancaman Karhutla. Dengan kerja sama yang baik antara TNI dan masyarakat, diharapkan wilayah Kodim 0415/Jambi dapat terhindar dari bahaya kebakaran hutan dan lahan, serta menjaga lingkungan yang sehat dan aman bagi semua.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Lapas Kelas IIA Jambi Berikan Pelayanan Wartelsuspas Wadah Telekomunikasi Bagi Warga Binaan

Berita

BNN RI Sukses Gelar The 45th of HONLAP di Pulau Bali

Berita

Babinsa Desa Tanjung Semarakkan Festival Bajolo untuk Lestarikan Budaya

Berita

Polri Kembali Gelar Hoegeng Awards, Ada Lima Ketegori

Berita

Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansah,SH,MH,Ikuti Rakor Se-Indonesia di Kemendagri.

Berita

Repatriasi Tiga Individu Orang Utan Indonesia-Thailand Tiba di Jambi

Berita

Prajurit dan PNS Korem 042/Gapu Terima Sosialisasi Operasi Gaktib Dan Yustisi Dari Denpom II/2 Jambi

Berita

Berkunjung ke Kerinci, Wakapolda Sambangi Mako Batalyon B Pelopor Satbrimob Merangin