Pria di Teluk Nilau Meninggal Gantung Diri di Kamar Mandi Tragis, Kecelakaan Tunggal di Kota Jambi 4 Orang Tewas Proses Autopsi Selesai, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia : Hasil Autopsi Dapat Diketahui 4-8 Minggu Kedepan Jelang Autopsi Ulang, Malam Ini Makam Brigadir Yosua Dijaga Ketat Polda Jambi Turunkan 330 Personel, Amankan Jalannya Autopsi Ulang Brigadir J




Home / Berita / Hukrim

Minggu, 31 Juli 2022 - 20:33 WIB

Diduga Papan Informasi Proyek Rabat Beton Di Kelurahan Sungai Bengkal Air Panas, Beda Tempat dan Lokasi

Bidik Indonesia News , TEBO ILIR – Terkait keberadaan pekerjaan Tim PUPR dinas pekerjaan umum dan perubahan rakyat kabupaten Tebo, untuk proyek Jalan Rabat Beton yang sebelumnya diduga ‘Siluman’ karena tak ada kejelasan informasi, kini setelah ada papan informasi proyek tersebut dipertanyakan pula soal keberadaannya yang disinyalir bukan untuk lokasi tersebut.

 

Proyek jalan Rabat Beton yang terletak di kelurahan sungai bengkal air panas Kecamatan Tebo Ilir, Panggarangan terpasang papan informasi proyek itu dengan lokasi Nama pekerjaan pemeliharaan jalan nasional tanbun arang kecamatan Tebo tengah, pemeliharaan jalan nasional lubuk madrasah kecamatan tengah Ilir, nomor kontrak : 620/284/sp/Pemel – Jln/ BM-DPUPR/2022, Tanggal kontrak :02 Juni 2022,

Nilai kontrak : Rp.2.361.000.000,00 (dua miliyar Tiga ratus enam puluh satu juta rupiah). Masa pelaksanaan : 150- seratus lima puluh hari kalender. Kontraktor pelaksana CV. Paye more Rawang, konsultan pengawas : CV. Cakra Trihanda Konsultan.

 

Informasi yang terdengar, bahwa pengerjaan jalan rabat beton itu merupakan pemindahan anggaran proyek. Hal ini pun dipertanyakan oleh sejumlah warga berkaitan mekanisme dan prosedurnya.

BACA LAINNYA  Pengurus PIK-R Desa Lopak Aur Priode 2022 - 2023 Resmi Dilantik

 

“Kami cuma pertanyakan dan minta penjelasan, itu proyek di jalan rabat beton di kelurahan sungai bengkal air panas, tapi papan informasi lokasi proyek di Tebo tengah dan tengah ilir. Jika benar ada pemindahan anggaran, bisakah? bagaimana mekanismenya?,” ujar warga yang enggan namanya dituliskan awak media, Minggu (31/7/22).

 

Hal yang sama dilontarkan oleh warga sebut saja namanya bujang, kepada awak media yang menyebut bahwa jika konversi pekerjaan proyek itu berbenturan antara tempat dan lokasi Katanya.

 

“Kalau saya lihat ini adalah pekerjaan perlu dipertanyakan kejelasannya kalau sperti ini masyarakat bingung dengan keberadaan proyek ini. Dan papan informasi nya ini semua harus jelas Ujarnya.

 

Terpisah Menurut Arian Arifin ketua DPW Puspa RI Provinsi Jambi mengatakan, pada Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah apakah Kontrak Pengadaan Barang/Jasa termasuk sebagai Perjanjian.

BACA LAINNYA  Tim Resmob Polda Jambi Ringkus Komplotan Pelaku Penculikan Dan Pemerasan

 

“Jadi bolehkah misalnya paket A dipindahkan ke lokasi lain? Dalam hal ini perubahan kontrak dimungkinkan diubah sebagaimana Pasal 54 Perpres 16/2018 jo. Perpres 12/2021, a. menambah atau mengurangi volume yang tercantum dalam Kontrak; b. menambah dan/atau mengurangi jenis kegiatan; c. mengubah spesifikasi teknis sesuai dengan kondisi lapangan; dan atau mengubah jadwal pelaksanaan. Kondisi Lapangan di sini bukan berarti Lapangan tempatnya yang diganti. Dengan demikian ketika mengganti spesifikasi pekerjaan untuk menghasilkan perubahan kontrak akan menjadikan kontrak tidak dapat dilakukan,” papar Arian Arifin.

 

Sehingga ini pun menjadi pertanyaan banyak pihak, karena pengerjaan jalan rabat beton sudah mulai dilaksanakan, dan lantai dasarnyapun sudah selesai, sehingga diduga semakin melabrak aturan terangnya kepada tim investigasi.

 

Agar berita ini akurat dan berimbang, awak media sudah mencoba mencari No hp pihak terkait, belum berhasil Hingga berita ini ditulis, awak media belum berhasil mendapat keterangan resmi dari pihak terkait proyek tersebut. (M halik)

Share :

Baca Juga

Berita

Kapolri Bicara Wujudkan SDM Unggul di Acara Bantuan Pendidikan Putra-Putri Polri

Berita

Kapolres Pimpin Pembaretan Tradisi Penyambutan Bintara Baru 23 Personil.

Berita

GEMAPSI : Ucapkan Selamat & Sukses Atas Pelantikan PC 10.22 GM KB FKPPI Kota Depok

Berita

Kasubsektor Taman Rajo Beserta Tim Door To Door Gelar Vaksinasi Massal

Berita

4 Pasangan Berhasil Diamankan, Tim Gabungan Polda Jambi Saat Laksanakan Patroli PEKAT

Berita

500 Ribu Batang Rokok Ilegal Berhasil Diamankan Bea Cukai Jambi

Berita

Ditreskrimsus Polda Jambi Ungkap Kasus Investasi Bodong CV JMI

Berita

Viral Dimedsos, Anggota Brimob Polda Jambi Berbagi Disela Tugas Pamrahwan Papua