Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Kamis, 14 Desember 2023 - 00:22 WIB

Diklat Dan Forum Group Diskusi Media Polisi Nasional (MPN) Menjadi Jurnalis Profesional Diera Digital 

Bandung-Diklat Dan Forum Group Diskusi Media Polisi Nasional (MPN) Menjadi jurnalis profesional di era Digital,Acara digelar di Jln. bukit raya indah Ciumbuleuit Bandung pada rabu (13/12/2023) acara di mulai pada pukul 13:00 Wib, dan selesai pada pukul 17:00 Wib, kemudian ditutup dengan do’a oleh Ustad Hari Mukti (Hari Petir).

 

“Seorang wartawan/jurnalis itu kurang lebih seperti Nabi,sebagai penyampai kebaikan, kebenaran dan keadilan dalam membuat karya tulis jurnalistiknya, jangan sampai menyesatkan dan mempengaruhi publik terhadap informasi atau berita-berita bohong (hoax). Yang membedakan, jika Nabi, menyampaikan wahyu yang langsung dari Tuhan untuk kembali di sampaikan kepada umat manusia,dan wartawan/jurnalis menyampaikan kebenaran yang datang nya dari manusia,pihak masyarakat,atau Pemerintahan,merekam pada tiap kejadian yang terjadi di tengah-tengah nya.

 

 

Acara diklat dan forum diskusi ini menghadirkan 4 (empat) orang narasumber ;

 

1. Sofyan Sugondo S.Ikom. Pemimpin Redaksi Media Nuansa Sinar (MNS).

 

2. Mulyana Rachman S.E. Pemimpin Redaksi Media Info Jawara.

BACA LAINNYA  Jumat Curhat, Polsek Jelutung Tampung Aspirasi Warga Kebun Handil

 

3. Ustad Hari Mukti (Hari petir) Praktisi Hukum juga youtuber.

 

4. Yusman Andrian Pemimpin Redaksi Media Polisi Nasional.

 

Diklat dan forum diskusi seperti ini adalah penting diadakan selain sebagai ajang silaturahim sesama wartawan juga sebagai stimulus pengisi energi, saling berbagi melengkapi pengetahuan serta wawasan dalam dunia kewartawanan/kejurnalistikan khususnya,umumnya tentu untuk segala lapisan masyarakat yang lebih luas apalagi di era Digital seperti sekarang,dimana segala jenis aktivitas informasi dimasyarakat mampu diakses secepat kilat. Acara dihadiri juga kaperwil dari daerah Jambi,dan daerah lainnya di Indonesia.

 

Keadaan seperti demikian era Digital, jika saja kita tidak bijak dan pandai menyaringnya, bukan tidak mungkin malah banyak yang terjebak dan terjerembab kedalam lumpur informasi yang menyesatkan dan menjerumuskan. Karena era Digital berarti segala sesuatunya sudah online, dalam menghadapi tantangan kedepannya, siap tidak siap,kita semua harus siap!.

 

Seperti yang di sampaikan oleh salah satu Nara Sumber yaitu ‘Sofyan Sugondo S.Ikom, Pemimpin Redaksi Media Nuansa Sinar (MNS) Beliau menyampaikan; “Bahwa di era digitalisasi seperti saat ini seorang wartawan/jurnalis diusahakan untuk tidak gagap tekhnologi (gaptek) karena itu salah satu hal yang menunjang agar wartawan tidak ketinggalan perkembangan informasi dan sudah bisa langsung konek dengan dunia internet terhadap segala fasilitas teknologi yang sudah sedemikian canggih.

BACA LAINNYA  Gelar Apel Pergeseran Pasukan Dalam Rangka Pengamanan TPS Pemilu Tahun 2024, Ini Penekanan Kapolda Jambi

 

Maka dengan canggihnya tekhnologi,sudah tentu sebagai wartawan harus menguasainya dan tidak lupa setelah menguasainya, jangan terlenakan malah jadi pemalas,tidak kreatif,justru harus lebih meningkat kreativitas dan produktifitasnya agar bisa lebih unggul. Namun harus tetap memiliki dasar yang pokok yaitu kaidah-kaidah jurnalistiknya jangan sampai ditinggalkan. Karena dengan adanya (UU ITE) seorang wartawan, kecil kemungkinannya bisa terjerat, jika kaidah-kaidah jurnalistiknya di pergunakan.” Pungkas nya

 

Selanjutnya Pemred Media Jurnal Polri ‘Bram Kuswadi, S.Psi.juga menyampaikan,Wartawan/jurnalis juga sebagai Kontrol Sosial ditengah masyarakat sesuai undang-undang nomor 40 tahun 1999.”

 

(***)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Polda Jambi Siap Amankan Malam Pergantian Tahun dan Berikan Rasa Aman ke Masyarakat

Berita

Program Unggulan Pangdam II Sriwijaya Turut Diikuti Danrem 042 Gapu

Berita

Satlantas Polresta Jambi Sampaikan Himbauan Safety Riding ke Siswa SMP Negeri 16

Berita

Cegah Terjadinya Karhutla, Kapolres Tanjab Timur Pimpin Rapat Bersama Jajaran 

Berita

Kapolri Salurkan 264,7 Ton Beras dan 1.500 Sembako untuk Warga Papua yang Terdampak Kekeringan 

Berita

BREAKING NEWS : Terlibat Lakalantas di Mendalo Darat Seorang IRT Warga Kampung Nelayan Tewas di Tempat

Berita

Kapolres Merangin Pimpin Sertijab Kapolsek Muara Siau

Berita

Dikbud Tanjab Barat Musnahkan 190 Sisa Blangko Ijazah Paket 2018-2022