Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Selasa, 18 Oktober 2022 - 09:24 WIB

Dua Puluh Tiga Bulan Jabat Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo Kini Jabat Kapolda Sumsel

Bidik Indonesia News, JAMBI – Kepala Kepolisian Daerah Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo mendapat promosi Jabatan baru sebagai Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel).

 

Pergantian pucuk pimpinan Polda Jambi tersebut tertuang dalam Surat Telegram nomor : ST / 2223 /X/Kep/2022, Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo, dalam Surat Telegram tersebut diangkat dalam jabatan barunya sebagai Kapolda Sumatera Selatan.

 

Sedangkan penggantinya adalah Irjen Pol Rusdi Hartono yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

 

Irjen Pol A Rachmad Wibowo telah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Jambi selama 23 bulan atau dua tahun kurang 1 bulan. Berdasarkan Surat Telegram nomor ST/3222/XI/KEP/2020 tertanggal 16 November 2020, menggantikan Irjen Pol Firman Shantyabudi diangkat dalam jabatan baru sebagai Asisten Logistik (Aslog) Kapolri.

 

Adapun profil Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, S.I.K., M.I.K. (lahir April 1969) yang merupakan seorang perwira tinggi Polri lulusan Akpol 1993 yang berpengalaman dalam bidang Reserse.

 

Selama menjabat sebagai Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo telah berhasil memberantas aktivitas ilegal, diantaranya ilegal drilling, ilegal things, dan ilegal oil, penyelundupan puluhan kilogram narkoba, penanganan aktivitas angkutan batubara yang kerap menjadi kemacetan hingga mengatasi Karhutla dengan inisiator membuat skat kanal mencegah terjadinya Karhutla hingga memperkenalkan aplikasi asap digital menjadi program nasional dan memaparkan di luar negeri.

BACA LAINNYA  Jelajahi Negara Asia Tenggara Bersama Cakra Bramastra Tour and Travel, Rasakan Kenyamanan Luar Biasa

 

Adapun beberapa perkara yang berhasil diungkap selama menjadi Kapolda Jambi yaitu penyelundupan ribuan benih baby lobster, pengungkapan peredaran narkoba dari luar Negeri yang masuk dan melintas di Provinsi Jambi, memberantas judi online, serta menginisiasi penanganan Karhutla melalui skat kanal hingga penanganan kemacetan akibat angkutan truk batubara.

 

Alumni Akpol angkatan 1993 tersebut juga telah menerima penghargaan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan atas keberhasilan mengungkap penyelundupan ribuan benih baby lobster dan telah berhasil mengungkap bisnis ilegal gudang minyak yang terbakar, bahkan Pemilik gudang tersebut berhasil diamankan serta keterlibatan sang istri dalam bisnis minyak ilegal tersebut.

BACA LAINNYA  Malam Ini Dr Fikri Riza Sikumbang Dikukuhkan sebagai Ketua PKDP Kota Jambi  

 

Tidak hanya itu saja Alumni Akpol angkatan 1993 tersebut juga telah berperan aktif dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi selama kurang lebih 2 tahun, yang mana gerai vaksin hingga tingkat Desa di gencarkan mulai dari mensosialisasikan masyarakat agar mengurangi aktivitas, mengikuti prokes hingga melakukan vaksinasi dari Desa ke Desa.

 

Telah banyak yang dilakukan Irjen Pol A Rachmad Wibowo saat menjabat sebagai Kapolda Jambi dengan membangun hubungan baik bersama Forkopimda agar masyarakat Jambi bisa lebih baik dan patuh terhadap hukum.

 

Adapun Jabatan yang pernah dijabat oleh Irjen Pol A Rachmad Wibowo adalah sebagai berikut :

 

– Kanit Analis Subden Intel Densus 88/Antiteror Bareskrim Polri

– Kapolres KP3 Tanjungpriok (2009)

– Wakapolres Metro Tangerang[1] (2011)

– Kasubdit V Ditipideksus Bareskrim Polri (2013)

– Koorspripim Polri

– Dirtipid Siber Bareskrim Polri (2018)

– Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri (2020)

– Kapolda Jambi (2020)

– Kapolda Sumatera Selatan (2022).

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Operasi Terpusat Ketupat 2024 Pengamanan Idul Fitri 1445 H Dimulai, Ini Penyampaian Kapolresta Jambi 

Berita

Lapuanja Terima Penghargaan di Kegiatan Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan Jajaran Kanwil Kemenkumham Jambi 

Berita

Akhir Tahun, Kajati Jambi Peroleh Dan Setor PNBP 13 Miliar Rupiah

Berita

Ratusan Personil Polres Muaro Jambi Siap Amankan Pilkades Serentak

Berita

Ojk Dorong Penguatan Ekonomi Asean Melalui Edukasi Dan Inklusi Keuangan Digital Ke Umkm

Berita

Kunjungi Anak Yatim Dan Dhuafa, Anggota Polairud Polda Jambi Gelar Acara Buka Puasa Bersama

Berita

Waspada Anjing Liar, Beberapa Warga di Kuala Tungkal Kena Gigitan

Berita

Ketua KNPI Aceh Timur Priode 2023-2026, Silaturrahmi dan Diskusi Dengan Pemuda – Pemuda Lintas Sektor