Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Senin, 19 Desember 2022 - 19:08 WIB

Entry Meeting Pemeriksaan Interim Laporan Keuangan Tahun 2022 oleh BPK RI di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Jambi

Bidik Indonesia News, JAMBI – Entry Meeting Pemeriksaan Interim atas Laporan Keuangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Tahun 2022 oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jambi dimulai hari ini, Senin (19/12/2022).

 

Hadir secara langsung Kepala Sub Auditorat I.B1 BPK RI, Iwan Gunawan, selaku wakil penanggung jawab II beserta Tim Pemeriksa yang hadir, Inspektur Wilayah III Iwan Santoso, Para Kepala Divisi, Para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), serta tim pendamping dari Biro Keuangan, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Direktorat Jenderal Imigrasi, dan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, dan juga Para Pejabat Perbendaharaan dan Pengelola Keuangan di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Jambi.

 

Maksud dan tujuan pemeriksaan BPK RI ke Kanwil Kemenkumham Jambi yakni untuk memeriksa keuangan, memeriksa kinerja, dan juga memeriksa dengan tujuan tertentu (PDTT). Dalam hal pemeriksaan keuangan, bertujuan untuk menilai kewajaran laporan keuangan yang nantinya menghasilkan sebuah “Opini”. Opini yang dimaksud terdiri dari Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Tidak Wajar (TW), dan Tidak Memberikan Pendapat (TMP).

BACA LAINNYA  BPJN Jambi Gelar Peringatan Hari Jalan Nasional tahun 2023 Yang Dibuka Langsung Gubernur Al Haris 

 

Sedangkan dalam hal pemeriksaan kinerja bertujuan untuk menilai aspek ekonomi, efisiensi, atau efektivitas yang nantinya akan menghasilkan simpulan dan rekomendasi atas aspek kinerja yang dinilai. Terakhir, dalam hal pemeriksaan dengan tujuan tertentu bertujuan untuk memberikan simpulan akan suatu hal yang diperiksa. Simpulan yang dimaksud terdiri dari simpulan dengan kriteria, sesuai kriteria dengan pengecualian, tidak sesuai kriteria, dan tidak menyatakan kesimpulan.

 

Tholib selaku Kepala Kantor Wilayah menyampaikan bahwa pelaksanaan entry meeting saat ini merupakan langkah awal untuk menjalin suatu komunikasi yang baik, efisien, dan efektif sehingga dapat mewujudkan kesamaan persepsi terhadap pelaksanaan pemeriksaan. Ia juga berharap bahwa dengan ditunjuknya Kanwil Kemenkumham Jambi sebagai sampling pemeriksaan oleh BPK RI, Kanwil Kemenkumham Jambi mampu memberikan kontribusi yang positif dalam upaya mempertahankan opini WTP atas Laporan Keuangan Kementerian Hukum dan HAM.

BACA LAINNYA  Penerimaan CPNS dan PPPK Kemenkumham Tahun 2023 Dibuka Hari Ini

 

“Saya berharap Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi yang saat ini menjadi salah satu sampling pelaksanaan pemeriksaan interim BPK bisa memberikan kontribusi yang positif dalam upaya mempertahankan opini WTP atas Laporan Keuangan Kementerian Hukum dan HAM”, harap Tholib.

 

Pemeriksaan Interim BPK RI di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jambi akan berlangsung sampai dengan 24 Desember 2022.

 

(Red/Foto: JA/YG)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Korem 042/Gapu Ikuti Launching Peresmian 1.898 Titik Sumber Air Bersih Di Seluruh Indonesia

Berita

Launching Sertifikat Elektronik dan Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah Oleh Presiden RI Secara Virtual Diikuti Kapolda Jambi

Berita

Hari Ini Gelombang Kedua Delegasi SMSI Provinsi Jambi Menuju HPN 2023 di Medan

Berita

Reaksi Cepat Tanggap Damkar Menjinakan SiJago Merah

Berita

Timezone Luncurkan Hiburan Keluarga Taraf Internasional di Jamtos,

Berita

Kalemdiklat Polri Lantik 2176 Perwira Polri Lulusan SIP Angkatan Ke 52 Tahun 2023

Berita

Wujudkan Sistem Penerimaan Polri Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis dan bebas KKN, Kapolda Jambi Pimpin Penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan SIPSS

Berita

9 PJU Polres Batanghari Lakukan Serah Terima Jabatan