Kembali Terjadi Tongkang Tabrak Jembatan di Batanghari, Ditpolairud Polda Jambi Panggil Pemilik Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai

Home / Berita

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:49 WIB

Koramil 415-01/Suak Kandis Gelar Latihan Bimtek dan Sosialisasi Penanganan Karhutla Bersama Tim Penanggulangan.

Jambi– Dalam upaya mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sejak dini, Koramil 415-01/Suak Kandis bersama tim penanggulangan Karhutla menggelar latihan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan sosialisasi penanganan Karhutla. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Pulau Mentaro, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Jum’at (05/07/2024) dengan melibatkan Tim Posko dari empat desa (Desa Pulmen, Seponjen, Londerang, Rantau Panjang, dan Sungai Aur), Daops Kota Jambi, serta Pokja BRGM Jambi.

Langkah ini diambil sebagai respons terhadap potensi Karhutla yang meningkat memasuki musim kemarau di Kabupaten Muaro Jambi. Simulasi Bimtek dan sosialisasi ini merupakan bentuk komitmen bersama dalam mencegah terjadinya Karhutla.

BACA LAINNYA  Kasiops Kasrem 042/Gapu Uji Coba Kapal Rigid Inflatable Boat

Danramil 415-01/Suak Kandis, Kapten Inf Kusnaidi, menekankan pentingnya langkah antisipatif dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan.

“Langkah antisipatif ini sangat diperlukan dalam mencegah terjadinya Karhutla. Oleh karena itu, kami bersama Polsek, Tim Manggala, dan Pokja BRGM melakukan latihan gabungan simulasi Bimtek dan sosialisasi pencegahan penanggulangan dini Karhutla di Desa Pulau Mentaro,” ujar Kapten Inf Kusnaidi.

Latihan yang dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Desa Pulau Mentaro ini juga melibatkan tim tanggap darurat yang dilengkapi dengan berbagai peralatan pemadam kebakaran. Selain itu, tim juga menjalin komunikasi intensif dengan pihak terkait, termasuk kepolisian, untuk memastikan koordinasi yang efektif saat penanganan Karhutla.

BACA LAINNYA  PT Winner Prima Sekata akan Laporkan ke Disnaker, Ini Sebabnya

“Melalui simulasi ini, masyarakat diharapkan lebih memahami cara memadamkan api ketika terjadi Karhutla, baik menggunakan air, alat pemadam api ringan (APAR), maupun tangki air atau selang air,” kata Danramil.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi potensi Karhutla, sehingga dapat meminimalisir risiko dan dampak yang ditimbulkan.

Share :

Baca Juga

Berita

Kapolda Jambi Terima Kunjungan Silaturahmi Sekretaris Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI

Berita

Peduli Lingkungan, Personel Ditpolairud Marnit Agso Duo Bersih Sampah di Penyebrangan Ancol Kota Jambi

Berita

Danrem 042/Gapu Pimpin Sertijab Kasrem, Kasilog dan Dandim 0416/Bute

Berita

Tak Terima Diselingkuhi, Pelaku Sebar VCS saat Bersama Sang Pacar, Pelaku Ditangkap di Madina

Berita

Besok Pelantikan Pengurus SMSI Muaro Jambi, Berikut Struktur organisasi

Berita

Hari Ketiga PKPA, UPA dan Brevet AB Peradi Nusantara, Peserta Puas dengan Pemateri Handal

Berita

Jaga Situasi Kamtibmas, Kapolres Tanjab Timur: Perlunya Sinergi Polri, Ulama dan Masyarakat

Berita

Yamaha Riders Club Jambi Ramaikan Sunmory Gabungan Dalam Rangkaian Hut Provonsi Jambi Ke 66