Torehkan Prestasi Jadi Pelatih Taekwondo, Dansat Brimob Polda Jambi: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan Korps Brimob  Rumah Ketua DPW Partai Aceh (PA) Dilempar Bom Molotov  Saat Sidak Di Pasar Villa Kenali, Kapolsek Kota Baru Dapati Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun.  Gubernur Al Haris Gelar Rapat Optimalisasi Angkutan Batubara Melalui Sungai Sambut Tahun Baru 2024, Yamaha Luncurkan LEXi LX 155 “Simple but MAXi”

Home / Berita

Rabu, 3 Januari 2024 - 13:03 WIB

Pantau Genangan Air , Babinsa Kodim 0415/ Jambi ajak Warga Untuk Tetap Waspada

Jambi- Musim hujan telah tiba, dengan datangnya musim hujan ini kita dituntut untuk lebih waspada terhadap dampak yang ditimbulkannya. Beberapa dampak seperti banjir dan berbagai penyakit yang sering muncul menjadi pemandangan umum dan lazim terjadi.

 

Hujan yang mengguyur di kota Jambi membuat debit air di aliran sungai Batanghari menjadi tinggi dan kawasan serta beberapa pemukiman mengalami genangan air dan menyisakan lumpur.

 

Seperti yang terjadi di Kelurahan Legok Kec. Danau Sipin kota Jambi. Setiap turun hujan dengan intensitas tinggi, sudah bisa dipastikan beberapa kawasan tersebut akan mengalami banjir. Meski terkadang banjir terjadi hanya beberapa hari saja, namun ketakutan dan kecemasan warga sebagai dampak banjir sangat jelas terlihat.

BACA LAINNYA  Wujudkan Prajurit taat Hukum, Korem 042/Gapu Adakan Penyuluhan Hukum di Satuan Yonif 142/KJ

 

Mengatasi hal tersebut, Koramil 415-09/Telanaipura melalui Babinsanya, Serma Rudiyanto bersama aparat kelurahan Legok terus berupaya memantau situasi dan dampak yang mungkin timbul. Seperti yang dilakukannya pada Rabu (03/01/2024). Kondisi jalan menuju kampung Danau Sipin terendam air sepanjang ± 150 meter dengan ketinggian air berkisar 30 cm.

 

Upaya nyata yang dipertontonkan oleh Babinsa berupa himbauan kepada warga untuk terus waspada dengan mengamankan barang-barang berharganya, mendirikan posko bencana banjir, mendorong warga untuk melakukan penjagaan/ronda malam secara mandiri dan kesiapsiagaan membantu warga serta evakuasi jika dibutuhkan.

BACA LAINNYA  Pengurus KONI Tanjab Barat Periode 2020-2024 Resmi Dilantik

 

Menurut Rudi memantau banjir dan bencana lain menjadi kewajiban bagi seorang Babinsa untuk membantu kesulitan-kesulitan masyarakat di wilayah binaannya.

 

Dengan rasa tanggung jawab, seorang Babinsa terus memonitor keadaan serta situasi diwilayahnya, terjun kelapangan yang terdampak dengan melakukan bantuan dan evakuasi serta membantu menyelamatkan barang-barang warga, tutur Rudi.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Dak Suko Janji. Kerja Nyata Mohd. Indrawan Husairi, terbangun 13 BLK Komunitas di Jambi

Berita

12 Orang Warga Binaan Lapuanja Peroleh Pembebasan Bersyarat dan Asimilasi Dirumah

Berita

Gelar Dzikir Akhir Tahun, Gubernur Al Haris Tuai Pujian

Berita

Tim Opsnal Satresnarkoba Muaro Jambi Berhasil Mengamankan 2 Orang Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

Berita

Ramai Dihadiri Masyarakat, Anggota Ombudsman RI Tinjau Gerai Pelayanan di Festival Pelayanan Publik Tebo

Berita

Antisipasi Tindak Kejahatan Malam Hari, Sat Brimob Polda Jambi Gelar Patroli Hunting

Berita

500 Ribu Batang Rokok Ilegal Berhasil Diamankan Bea Cukai Jambi

Berita

Pimpin Upacara Sertijab Danyonif Raider 142 KJ, Ini Amanat Danrem 042 Gapu